10 Burung Kicau dengan Suara Paling Merdu

Burungnya.com – Suara burung bisa menghilangkan stres. Burung kicau dikenal memiliki suara yang merdu. Walau tidak semuanya bagus, tapi ada beberapa jenis burung dengan suara paling merdu.

Burung-burung ini tidak semuanya ada di Indonesia, tapi kami menyadurnya secara global. Jadi, nanti mungkin Anda akan menemukan nama burung baru dan belum pernah Anda dengar sebelumnya.

Setelah kami akan memberikan tautan video salah satu burung yang paling merdu. Sehingga Anda nanti akan tahu seberapa bagus kicauan burung-burung tersebut.

Jenis Burung Suara Merdu

1. Burung Common Nightingale

Sudah tidak dipungkiri lagi, bahwa burung Common Nightingale masuk dalam daftar burung paling merdu di dunia. Bagaimana tidak, suaranya tidak hanya monoton saja, tetapi bervariasi.

Bahkan, suara burung ini sangat keras, sampai terdengar di jarak yang cukup jauh. Mereka akan berkicau gacor saat musim kawin. Tujuannya sudah pasti untuk menarik perhatian lawan jenis.

Saking bagusnya suara burung Nightingale, para ilmuwan pernah melakukan penelitian dan diketahui burung tersebut bisa melantunkan hingga 250 variasi lagu.

2. Burung Kenari

Nah, burung yang hampir mirip Common Nightingale adalah Kenari. Di Indonesia, burung Kenari sudah lama populer. Namun, seiring waktu banyak kicau mania tertarik dengan burung lain, seperti Murai Batu, Kacer, hingga Lovebird.

Burung ini mempunyai suara merdu. Bahkan Raja Inggris pernah memelihara burung Kenari di abad ke-17.

Variasi suara burung Kenari cukup banyak. Dia juga bisa menirukan suara burung lain dengan karakter yang sejenis.

Baca juga: Cara Download Suara Burung Masteran MP3 Mudah dan Gratis

3. Burung American Robin

Selanjutnya ada burung American Robin. Burung ini terbiasa berkicau di pagi hari. Suaranya mirip peluit yang diulang 3-4 kali dengan nada yang berbeda.

Burung American Robin berkicau untuk menyambut pagi dan saat mereka sedang terancam. Walau begitu, burung ini sepertinya jarang dipelihara oleh masyarakat Indonesia.

4. Burung Rose-breasted Grosbeak

Biasanya hanya burung jantan yang mempunyai suara merdu. Tapi untuk jenis ini jantan dan betina suaranya merdu semua.

Sisi menarik lainnya, burung ini cukup romantis tapi tenggang rasanya masih kurang. Bagaimana tidak, ketika burung betina membangun sarang, burung jantan akan menyemangati dengan cara berkicau merdu.

Nah, bukankah tugas berat itu seharusnya diberikan pada suami, tapi kenapa justru istri yang bangun rumah. Sementara suami cuma nyanyi-nyanyi aja.

Loading...
Suara Burung Paling Merdu (hdqwalls.com)
Suara Burung Paling Merdu (hdqwalls.com)

5. Burung Jam Thrush

Satu lagi burung yang memiliki suara merdu, yaitu Jam Thrush. Burung ini tidak berkicau sendiri, tetapi berkelompok dengan teman-temannya. Sehingga suaranya seperti paduan suara.

Nada yang dinyanyikan burung ini juga tidak sama. Kurang lebih ada 3-4 nada suara sekaligus dalam suatu kelompok bernyanyi.

6. Burung Murai Batu

Kalau di Indonesia, burung Murai Batu sudah pasti memiliki suara yang merdu. Dia bisa menyanyikan berbagai suara kicauan. Selain itu, dia juga mempunyai gaya bertarung yang bagus.

Burung Murai tidak hanya pandai berkicau. Ekornya yang sangat panjang membuatnya terlihat menawan di antara burung kicau lainnya.

Rata-rata burung Murai yang jago berkicau memiliki panjang ekor yang standar. Untuk burung ekor panjang, biasanya dia akan mudah kelelahan sehingga kualitas suaranya tidak terlalu bagus.

Baca juga: Suara Burung Ini Paling Keras di Dunia 125 Desibel

7. Burung Kacer

Salah satu burung fighter yang bersuara merdu adalah Kacer. Burung ini mirip burung teritorial yang tidak mau kalah dengan burung sekitar.

Jadi, apabila ada burung yang berkicau bagus, dia pasti akan melawannya. Tak jarang burung Kacer juga akan menirukan suara lawannya.

8. Burung Kepodang

Jarang ada orang yang memelihara burung Kepodang. Sebab, suara burung ini sangat keras dan kemungkinan bisa mengganggu ketenangan tetangga.

Suara burung ini bervariasi dan nyaring. Pokoknya kalau mau pelihara burung ini, Anda harus bersiap-siap mendapat teguran dari tetangga.

9. Burung Jalak

Nah, karakter suara burung Jalak tak berbeda jauh dengan burung Kepodang. Suara burung Jalak sangat merdu dan keras.

Bahkan, burung Jalak juga ada yang bisa menirukan suara manusia, terutama Jalak Kebo. Burung ini pintar dan jinak. Sehingga sangat asyik bisa dijadikan teman bermain di rumah.

Baca juga: 12 Harga Burung Murah tapi Suara Bagus

10. Burung Cucak Ijo

Bagi pecinta Cucak Ijo, Anda mungkin sudah tak asing dengan suara merdunya. Namun, burung yang dilindungi ini sudah tak sebanyak dulu jumlahnya.

Sehingga Anda yang ingin memelihara burung Cucak Hijau harus mengantongi izin dari BKSDA. Jika pelihara tanpa surat izin, Anda akan dianggap melanggar hukum.

Burung dengan merdu ini juga memiliki gaya ngentrok yang khas. Gayanya dengan memekarkan bulu kepala kemudian mengocoknya ke atas dan ke bawah.

Kesimpulan

Demikian beberapa burung kicau yang suaranya merdu. Burung-burung ini kami masukkan dalam daftar burung suara merdu tanpa adanya kriteria tertentu.

Jadi mereka murni pilihan kami. Suara burung mereka kami anggap paling merdu. Kalau ada suara burung lain yang lebih merdu, silakan cantumkan dalam komentar.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • suara burung apa aja
  • Bunyi burung paling merdu
  • Burung berkicau merdu
  • burungsuara merdu
  • cara mengatasi kepodang stres
  • nama burung yang suara nya merdu

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!