Burung Parkit Bisa Bicara dan Ngomong Bahasa Jawa

Burungnya.com – Sebagian orang penasaran, apakah burung Parkit bisa bicara? Ada yang bilang, hanya Parkit Holland yang bisa bicara, ternyata Parkit lokal juga bisa ngomong, bahkan ngomong Bahasa Jawa.

Hal ini diketahui setelah melihat video-video di channel YouTube Mudiono Dion. Pada tahun 2017 kemarin, dia sempat mengunggah video Parkit lokal warna hijau kekuningan.

Sekilas seperti Parkit biasa, tapi ternyata dia bisa ngomong. Walau suaranya kurang terdengar jelas, tapi dari lirik yang dicantumkan di video, semua yang menonton jadi tahu apa yang dikatakan burung tersebut.

Parkit Bisa Bicara

Ternyata burung Parkit memang bisa bicara. Ini dibuktikan dari video Mudiono Dion. Burung Parkit lokal miliknya dapat bicara seperti manusia. Bahkan, burung ini berbicara dalam Bahasa Jawa.

Kosa kata yang sering keluar sepertinya memang dari kata-kata yang biasa dia dengar. Kemungkinan pemilik burung memang sering sekali mengajaknya ngobrol. Sehingga wajar bila Parkit ini bisa menirukan suara manusia dengan sangat mudah.

Baca juga: 35 Jenis Parkit Warna Langka, Populer, dan Paling Dicari

Cara Membuat Parkit Bicara atau Ngomong

Burung Parkit ini bisa bicara layaknya manusia. Namun, pemilik burung kurang spesifik dalam menjelaskan bagaimana cara melatih Parkit bicara.

Dia hanya menjelaskan bahwa burung harus seseringkan mungkin diajak bicara. Artinya, burung harus berada di dalam rumah dan sering bertemu dengan manusia.

Kemungkinan burung diletakkan di ruang keluarga. Dengan begitu, dia akan sering berinteraksi dengan manusia. Kalau pun tidak diajak ngomong, dia pasti mendengar pembicaraan para penghuni di rumah.

Cara Melatih Parkit Bicara (youtube.com)
Cara Melatih Parkit Bicara (youtube.com)

Waktu Melatih Parkit

Jadi, untuk latihan pastinya kami juga belum tahu. Rata-rata burung Parkit bisa dilatih mulai usia 2 minggu. Burung Parkit yang pintar dan mudah menirukan suara adalah Parkit jantan.

Lalu ada yang bertanya apakah Parkit ini dirawat sejak lolohan? Ternyata jawab Mudiono Dion adalah iya betul. Berarti wajar kalau Parkit ini bisa bicara karena perawatannya sejak masih anakan.

Makanan Burung Parkit

Untuk makanan burung ini masih sama dengan burung Parkit pada umumnya, yaitu milet putih dan kangkung. Jika ada sayur lain, Anda juga bisa memberikan sayur-sayuran tersebut.

Burung Parkit hampir sama dengan burung Lovebird. Kedua makanan burung ini sama dan bisa dipelihara bersamaan. Jadi, kalau Anda mempunyai milet putih saja, Anda bisa membaginya untuk Lovebird dan Parkit.

Baca juga: 20 Makanan Burung Parkit Terbaik untuk Pemula

Di video kedua, burung Parkit bisa ngomong lebih jelas lagi. Cuma jeda sebulan, burung ini sudah mengalami perkembangan pesat.

Loading...

Kata yang Bisa Diucapkan Parkit

  • Hello Toto
  • Ambong sek ah muah
  • Pinter pinter
  • Siji loro
  • Muah pinter
  • I love you
  • Kok iso pinter ngene
  • Toto pinter
  • Hey Toto
  • Toto sayang rene to
  • Gek opo kowe to?
  • Toto sayang I love you
  • Sisot meneh
  • Gek opo kowe?
  • Iki sopo?
  • Rene sayang
  • Ojo dipangan
  • Cep cep cep muah
  • Pak rendi pak rendi

Ternyata banyak juga kata dan kalimat yang bisa ditirukan oleh burung Parkit. Selain indah bulunya, ternyata burung Parkit juga pintar ngomong.

Kalau Anda ingin mempunyai Parkit yang seperti tadi, Anda bisa merawatnya sejak masih anakan. Kemudian setiap hari ajak saja dia ngomong terus.

Burung Parkit Bisa Bicara (youtube.com)
Burung Parkit Bisa Bicara (youtube.com)

Tutorial Melatih Burung Bicara

  1. Pertama kenalkan satu kata.
  2. Satu kata harus bisa dulu baru kata yang lain.
  3. Parkit yang mudah dilatih biasanya jantan.
  4. Satu kata sudah bisa ditirukan, berarti ditambah menjadi dua kata.
  5. Latihan terus menerus setiap jam dan setiap hari.
  6. Anggap burung sebagai keluarga, sehingga selalu diajak ngobrol.
  7. Tidak perlu masteran suara MP3, cukup diajak ngobrol saja.
  8. Syaratnya harus rutin, konsisten, dan sabar.
  9. Perawatan dimulai sejak anakan atau lolohan, jadi prosesnya lama.
  10. Burung yang dirawat sejak kecil lebih mudah dilatih daripada burung dewasa.

Baca juga: 16 Cara Melatih Jalak Kebo Bisa Ngomong Seperti Manusia

Kesimpulan

Demikian bukti bahwa burung Parkit bisa bicara. Jadi, tidak hanya kakatua atau nuri yang bisa bicara. Ada banyak burung paruh bengkok yang pintar bicara. Bahkan, ada juga burung Lovebird yang bisa ngomong dan mengucap nama panggilannya sendiri.

Kami melihat video milik channel Pus Pito, Lovebird bernama Ciprut bisa ngomong Ciprut. Kemudian pemiliknya melatih dan membujuk agar dia ngomong Pito. Ternyata setelah ditunggu lama, dia bisa ngomong Pito.

Pada dasarnya burung paruh bengkok bisa bicara, tinggal pelatihan saja yang harus ditingkatkan. Jika burung Parkit bisa, tentu burung Lovebird juga bisa.

Oh iya, burung Jalak juga bisa bicara. Walau termasuk burung ocehan, dia bisa bicara layaknya manusia.

Baca juga: Video 5 Jenis Burung Jalak yang Bisa Bicara Seperti Manusia

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!