5 Burung Terbaik Untuk Dipelihara di Apartemen

Burungnya.com – Tinggal di apartemen biasanya ada aturan memelihara hewan. Tapi burung terbaik untuk dipelihara di apartemen apa aja?

Tenang saja, tidak semua pengelola apartemen melarang pengguna untuk memelihara hewan.

Mereka juga memperboleh pengguna untuk merawat hewan asalkan tidak mengganggu tetangga kamar atau warga lainnya.

Untuk burung yang cocok dipelihara di apartemen, kami ada beberapa rekomendasi. Yang jelas, kami akan merekomendasikan beberapa jenis burung yang suaranya tidak berisik dan mudah dipelihara.

Baca juga: 5 Burung yang Mudah Dipelihara Untuk Pemula

Tips Memilih Burung yang Cocok Dipelihara di Apartemen

Jenis Burung Terbaik Untuk Dipelihara di Apartemen (wallpaperflarecom)
Jenis Burung Terbaik Untuk Dipelihara di Apartemen (wallpaperflarecom)

Tapi burung seperti apa yang boleh dirawat di apartemen?

Kami pilihkan burung-burung kecil, tidak galak, dan tidak berisik. Alasan kami melandasi pemilihan burung dari tidak hal di atas untuk mempermudah kamu merawat burung.

1. Burung Harus Berukuran Kecil

Mengapa burung yang dipelihara harus yang kecil? Kalau burung kecil kan sudah pasti sangkarnya kecil sehingga mudah diletakkan di dalam ruangan dan tidak makan tempat.

Kemudian burung kecil suaranya tidak terlalu keras, jadi aman dan tidak akan mengganggu tetangga.

Kotoran burung kecil-kecil juga tidak terlalu banyak. Bahkan, sebagian burung kecil kotorannya tidak terlalu bau.

2. Burung Tidak Galak

Burung yang tidak galak cocok dipelihara di apartemen karena lebih aman dan tidak akan melukai pemiliknya.

Bayangkan bila kamu pelihara burung elang di apartemen, tentu kamu akan tersiksa mengingat burung seperti itu tidak suka ditempatkan di dalam ruangan.

Beberapa burung galak contohnya burung yang makan daging, burung hasil tangkapan alam, burung paruh bengkok berukuran besar, dan burung yang gampang stres.

Hindari burung-burung tadi karena pasti merepotkan dan cukup sulit dipelihara di rumah.

3. Burung Tidak Berisik

Pilih burung yang tidak berisik kalau mau aman dan tidak ditegur tetangga apartemen. Burung tidak berisik dalam artian suaranya tidak terlalu keras.

Kalaupun dia bunyi, suaranya menentramkan seperti berada di alam. Jadi, bukan suara burung yang suaranya keras seperti kepodang, jalak, murai batu, kakatua, dan lain-lain.

Namun, kalau kamu bisa menyiasati ruangan yang kedap suara, tidak masalah sebenarnya memelihara burung yang suaranya agak keras atau gacor.

4. Kotoran Burung Tidak Berbau Menyengat

Selanjutnya cari burung terbaik yang kotorannya tidak berbau menyengat. Ini penting karena bau yang dikeluarkan burung bisa saja mengganggu tetangga apartemen.

Jadi pilih burung yang ukurannya kecil-kecil karena kotoran mereka tidak terlalu bau. Ada lagi yang kotorannya tidak bau yaitu burung perkutut.

Tapi kembali lagi kepada selera kalian. Apabila kamu tertarik dengan burung perkutut, tentu dia burung yang cocok dipelihara di apartemen.

Untuk anak-anak muda mungkin tidak terlalu suka dengan burung perkutut. Jadi, kami sarankan burung kenari atau pleci, tapi kotorannya harus dibersihkan setiap pagi.

Burung Terbaik Dipelihara Untuk di Apartemen

Setelah mengetahui bagaimana memilih burung yang cocok dipelihara di apartemen, sekarang kami rekomendasikan jenis burungnya.

1. Burung Pleci

Setingan Pleci Lomba Gacor (tribunnews.com)
Setingan Pleci Lomba Gacor (tribunnews.com)

Mungkin kamu jarang mendengar burung pleci, tapi ciri-cirinya burung ini memiliki kacamata dan sebagian besar tubuhnya berwarna hijau.

Baca juga: 12 Jenis Pleci di Indonesia yang Paling Populer

Burung pleci kami rekomendasikan dipelihara di apartemen karena ukuran tubuhnya sangat kecil, kandang kecil, dan suaranya cit cit cuit merdu banget.

Desain sangkar pleci juga unik dan bagus-bagus. Jadi, pasti menarik kalau kamu pelihara burung pleci di apartemen.

2. Burung Kolibri

Fakta Burung Kolibri Lebah
Fakta Burung Kolibri Lebah

Jenis burung kecil dan mini salah satunya adalah burung kolibri. Burung ini sangat kecil dan warna bulunya bagus seperti pelangi yang menyala saat terkena cahaya.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Burung Kolibri yang Mengagumkan

Burung kolibri pemakan nektar atau minuman yang manis-manis. Sehingga cukup mudah memelihara burung kolibri. Suara burung kolibri juga cukup bagus, biasanya nyecret dan nembak suaranya.

3. Burung Madu Sriganti atau Sogon Sogok Ontong

Burung Madu Sumba (hbw.com)
Burung Madu Sumba (hbw.com)

Burung madu sriganti mirip sekali dengan burung kolibri. Burungnya suka sekali makan nektar dan madu. Burung ini punya ciri warna leher yang indah dan menyala saat terkena cahaya.

Baca juga: 3 Jenis Burung Kecil Suara Merdu Untuk Burung Rumahan

Burung sogon memiliki suara merdu dan mirip dengan kolibri. Burung-burung kecil seperti ini lebih mudah dipelihara di apartemen.

4. Burung Emprit atau Pipit

Ciri-ciri burung Pipit Pelangi atau Gould Amadin (sadiegozoo.org)
Ciri-ciri burung Pipit Pelangi atau Gould Amadin (sadiegozoo.org)

Walau termasuk burung sawah, tapi burung emprit atau pipit pelangi yang warna-warni harganya mahal. Burung ini cocok juga dipelihara di apartemen karena tidak berisik dan ukuran tubuhnya kecil.

Baca juga: Cara Menghitung Usaha Ternak Burung Pipit Pelangi

Burung seperti ini tentunya tidak akan mengganggu warga lain di apartemen. Sehingga kamu bisa leluasa dan mudah merawatnya.

5. Burung Perkutut

Cara Menjinakkan Perkutut Lokal (youtube.com)
Cara Menjinakkan Perkutut Lokal (youtubecom)

Apabila kamu memiliki kakek atau ayah yang sudah berusia senja, biasanya paling suka pelihara burung perkutut. Burung ini mempunyai suara anggungan yang mengalun merdu.

Konon katanya suara burung perkutut bisa mengurangi stres. Burung ini juga panjang umur sehingga bisa menjadi teman kamu sampai lanjut usia.

Baca juga: Perkutut Tua Usia Lebih dari 81 Tahun, Begini Kondisinya

Perawatan burung perkutut sangat mudah dan kotorannya tidak bau. Sehingga aman kalau kamu tinggal di apartemen karena tetangga tidak akan terganggu.

Kesimpulan

Demikian beberapa burung terbaik untuk dipelihara di apartemen. Burung-burung ini sengaja kami pilihkan yang ukuran tubuhnya kecil, suara tidak keras biar tidak berisik, dan kotoran tidak terlalu bau.

Kami sadar ruangan di apartemen mungkin terbatas dan tidak memiliki halaman atau taman. Jadi, saat memelihara burung di apartemen, usahakan burung tersebut tetap bisa merasakan terik sinar matahari pagi.

Kamu mungkin bisa buka jendela atau burung dibawa keluar kalau tidak merepotkan dan lain-lain. Yang jelas, burung butuh asupan sinar matahari untuk menambah energi dan biar tidak gampang sakit.

Baca juga: 6 Alternatif Menjemur Burung di Musim Hujan

Penjemuran burung bisa dilakukan setiap hari sampai maksimal jam 09.00 pagi. Jika lebih dari itu, sinar matahari sudah terlalu panas dan tidak baik untuk tubuh burung.

Selebihnya, persyaratan lain hanya memberikan pakan minum secara rutin dan membersihkan kotorannya.

Terima kasih telah membaca artikel Burungnya.com. Jangan lupa follow Instagram @burungnyadotcom dan Google News.


Leave a Comment