Burung Terbesar di Dunia Sulit Terbang karena Sayap 7 Meter

Burung Terbesar di Dunia Sulit Terbang karena Sayap 7 Meter

Burungnya.com – Jika burung terbesar di dunia ini masih hidup sampai sekarang, mungkin kehidupan manusia akan terasa sangat mencekam. Bagaimana tidak, burung ini memiliki lebar sayap 7 meter dan berat 70 Kg. Bila disandingkan dengan pesawat, burung ini hampir sama dengan pesawat ringan Cessna 152.

Coba Anda bayangkan, setiap hari Anda melihat burung tersebut melintas di atas rumah, kantor, atau sekolah. Mungkin Anda akan takut keluar rumah karena burung Predator ini siap memangsa siapa saja. Sekarang mari berkenalan dengan burung terbesar di bumi.

Ukuran Tubuh dan Sayap Burung Terbesar di Dunia (dinoanimals.pl)
Ukuran Tubuh dan Sayap Burung Terbesar di Dunia (dinoanimals.pl)

Nama Burung Terbesar di Dunia

Burung super besar ini bernama Argentavis magnificens yang artinya burung Argentina luar biasa. Burung ini dulunya memang hidup di Argentina dan Amerika Selatan. Sehingga tak heran banyak orang memanggilnya Argentavis.

Seperti yang disadur dari Sciencedaily.com, lebar sayap burung Argentavis mencapai dua kali lipat ukuran burung Royal Albatros. Burung Albatros termasuk burung terbesar yang masih hidup hingga sekarang. Sementara, beratnya 16 kali lipat dari burung Elang Botak.

Burung Argentavis magnificens Sulit Terbang

Menurut pengamatan para ilmuwan, burung Argentavis sulit terbang. Ini dikarenakan sayapnya yang terlalu lebar dan tubuhnya yang cukup berat. Ilmuwan menduga burung ini terbang seperti dinosaurus Pterodactyl. Jadi, pertama dia akan merentangkan sayapnya, menunggu datangnya angin, dan terbang setelah arus angin kuat mampu menerbangkan tubuhnya.

Sankar Chatterjee dari Museum Texas Tech University juga menjelaskan bahwa burung Argentavis tidak bisa terbang tanpa bantuan angin. Burung Argentavis seperti sugar glider malas yang bergantung kepada pada arus udara naik di kondisi termal lingkungan berumput atau pegunungan Andes.

Meski begitu, setelah berhasil take off, maka burung ini akan terbang dengan mudah. Dia hanya kesulitan cara memulai untuk terbang. Apabila udara sekitar cukup kencang, maka burung Argentavis dapat terbang dengan mudah.

Burung Terbesar dengan Sayap 7 Meter (dinoanimals.com)
Burung Terbesar dengan Sayap 7 Meter (dinoanimals.com)

Burung Bisa Berusia 100 Tahun

Tahukah Anda, burung ini bisa berusia sekitar 100 tahun. Ini termasuk burung yang panjang umur sama seperti burung Unta yang bisa hidup hingga 50-70 tahun dan burung Beo yang hidup sampai 80-120 tahun.

Telur Burung Argentavis

Sayangnya, burung ini hanya bertelur 1-2 butir saja setiap dua tahun sekali. Jadi, tingkat perkembangannya sangat rendah. Tak heran, burung Argentavis magnificens mudah sekali punah. Oh iya, bobot telur burung Argentavis mencapai 1 Kg.

Loading...

Burung Argentavis Sudah Punah

Tulang Kerangka Burung Argentavis magnificens (yearofcleanwater.org)
Tulang Kerangka Burung Argentavis magnificens (yearofcleanwater.org)

Saat ini burung Argentavis magnificens sudah punah, bahkan punahnya sudah 10.000 tahun yang lalu. Namun, belum diketahui pasti apa yang menyebabkan burung tersebut punah. Kemungkinan, punahnya burung ini karena penyakit, kecelakaan, atau penuaan usia.

Bisa juga burung ini dimangsa hewan-hewan lain dalam jumlah banyak. Sebab, kita tahu bahwa burung Argentavis magnificens sulit take off. Mungkin saja, saat akan terbang dia dikejar hewan-hewan lain yang ganas dan kelaparan kemudian memakan burung raksasa tersebut.

Kesimpulan

Demikian sejarah burung terbesar di dunia atau di bumi. Namun, burung ini kesulitan terbang karena sayapnya terlalu lebar yaitu 7 meter dan beratnya 70 Kg. Jika tidak dibantu oleh angin, maka burung ini tidak akan bisa terbang.

Burung Argentavis magnificens merupakan pemakan daging dan sebenarnya mempunyai tingkat kematian yang rendah. Namun, entah kenapa burung tersebut bisa punah. Mungkin sudah takdir, walau tubuh besar dan perkasa, kalau sudah saatnya mati, siapa saja akan mati termasuk burung Argentavis.

Baca juga:

Sebelumnya, juga ada burung terbesar di dunia yang tingginya mencapai 3 meter. Burung tersebut bernama Vorombe Titan. Dulu burung tertinggi dunia dipegang oleh burung Aepyornis Maximus, tetapi setelah para ilmuwan menemukan burung setinggi 3 meter, maka gelar burung terbesar dan tertinggi di dunia diberikan kepada Vorombe Titan. Selain tinggi, burung ini memiliki berat badan 680-800 Kg.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung terbesar di dunia
  • burung terbesar di dunia yang masih hidup
  • Burung terbesar yang masih hidup

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!