Burung Terbesar di Dunia Tingginya Mencapai 3 Meter

Burungnya.com – Ternyata ada burung terbesar di dunia yang berhasil mengalahkan ukuran tubuh burung Unta, yaitu burung Vorombe titan. Ini termasuk burung gajah yang dulu pernah hidup di Madagaskar.

Tinggi dan Berat Burung Terbesar di Dunia

Sebelumnya, julukan burung terbesar di dunia sempat dipegang oleh burung Aepyornis maximus. Namun, berdasarkan penelitian terbaru, para ilmuwan berhasil menemukan burung terbesar yang mempunyai tinggi 3 meter dan berat rata-rata 680-800 Kg.

Berat burung Vorombe titan sama dengan dinosaurus berleher panjang, Europasaurus atau sauropoda kecil. Sementara tingginya yang mencapai 3 meter, ternyata cuma berbeda 20 cm ketimbang burung Unta. Meski begitu, keduanya sama-sama tidak bisa terbang.

Burung Terbesar di Dunia (centradailytimes.org)
Burung Terbesar di Dunia (centradailytimes.org)

“Ini benar-benar mengejutkan. Saya pikir burung terbesar adalah Aepyornis maximus dan V.titan hanyalah contoh yang lebih besar dari spesies yang sama,” kata James Hansford, peneliti di Zoological Society of London Institute of Zoology, dikutip dari Kompas.com (26/9/2018).

Baca juga: Burung Terkecil di Dunia Punya Berat 1,6 gram dan Panjang 5 cm

Vorombe titan diketahui jadi burung terbesar di dunia setelah peneliti melakukan serangkaian analisis ratusan tulang burung gajah yang disimpan di museum di seluruh dunia.

Walau ada beberapa tulang yang tidak utuh, tapi berkat adanya teknologi komputer, Hansford mampu membuat bagian tulang yang tak utuh menjadi utuh kembali.

Tulang Burung Terbesar di Dunia (wikipedia.org)
Tulang Burung Terbesar di Dunia (wikipedia.org)

Setelah melakukan pemrograman di komputer, Hansford menyadari jika tulang-tulang yang dia analisis tidak memiliki kecocokan dengan genus burung gajah yang selama ini diketahui. Keluarga burung gajah (Aepyornithidae) dibagi dalam dua genus, Aepyornis dan Mullerornis.

Loading...

“Setelah melihat lebih dekat, Vorombe titan benar-benar berbeda. Baik itu dalam hal ukuran serta bentuk sehingga harus dibuat genus yang terpisah,” Saya memilih nama Vorombe, yang berarti burung besar di Malagasi,” imbuhnya.

Makanan Burung Terbesar di Dunia

Jika tingginya mencapai 3 meter, kira-kira apa saja makanan burung tersebut? Ternyata makanan burung Vorombe titan sama seperti burung modern, yaitu tumbuhan, buah-buahan, biji, dan daun. Sesekali burung ini juga memakan serangga.

Tak heran, burung Vorombe titan juga berperan dalam penyebaran biji tanaman. Biji atau buah-buahan yang dimakan terbawa ke tempat lain kemudian dijatuhkan dan akhirnya tumbuh menjadi tanaman baru.

Burung Terbesar di Dunia Punah

Perbandingan Ukuran Burung dengan Manusia (beritagar.id)
Perbandingan Ukuran Burung dengan Manusia (beritagar.id)

Burung-burung terbesar ini dinyatakan punah sekitar 1000-1200 tahun yang lalu. Namun, belum diketahui pasti apa penyebab punahnya burung-burung tersebut. Ada dugaan yang disampaikan Hansford bahwa burung terbesar di dunia punah karena ulah manusia.

Baca juga: Burung Hantu Terbesar Ini Dipercaya Punya Ilmu Gaib yang Positif

Kemungkinan zaman dulu, burung ini banyak diburu untuk diambil dagingnya, bulunya, hingga tulangnya sampai tak tersisa sama sekali. Dugaan lain, burung ini membahayakan manusia, sehingga diburu habis-habisan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain melalui media sosial. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar