Burung Tercepat di Dunia (howitworksdaily.com)

5 Burung Tercepat di Dunia, Kecepatan Maksimal 625 Km per Jam

Burungnya.com – Tidak hanya mobil dan pesawat yang mempunyai kecepatan tinggi, ternyata ada juga burung tercepat di dunia. Dikatakan tercepat karena dari hasil perhitungan diketahui bahwa kecepatan burung tersebut mencapai 625 km per jam.

Luar biasa, mobil tercepat saja (Hennessey Venom) kecepatan maksimalnya 484 km/jam. Berarti mobil tersebut masih kalah cepat dengan burung Peregrine Falcon yang mempunyai kecepatan antara 400 km/jam sampai 625 km/jam.

Mobil Tercepat di Dunia (venomgt.com)
Mobil Tercepat di Dunia (venomgt.com)

Ya, dalam buku Ornithologia Britannica, Marmaduke Tunstall pada tahun 1771 pernah melakukan studi bahwa secara teori burung Peregrine Falcon dapat terbang dengan kecepatan maksimal 400 km/jam saat terbang rendah dan saat terbang tinggi bisa mencapai kecepatan 625 km/jam.

Baca juga: 15 Jenis Burung Terkecil di Dunia Lengkap dengan Gambarnya

Itu tadi salah satu burung tercepat di dunia yang mampu mengalahkan kecepatan mobil tercepat. Bagaimana dengan burung yang lain?

Daftar Burung Tercepat di Dunia

1. Peregrine Falcon

Burung Peregrine Falcon (nationalgeographic.com)
Burung Peregrine Falcon (nationalgeographic.com)

Saat diteliti oleh Ken Franklin pada tahun 2005, rekor kecepatan terbang yang pernah dicatat oleh burung Peregrine Falcon mencapai 389 km/jam.

Dalam keadaan berburu mangsa, burung Peregrine Falcon terbang dengan kecepatan 320 km/jam. Hal ini menjadikannya salah satu hewan atau burung tercepat di dunia.

Namun, secara teori burung Peregrine Falcon dapat terbang dengan kecepatan maksimal 625 km/jam.

2. Golden Eagle

Burung Golden Eagle (hbw.com)
Burung Golden Eagle (hbw.com)

Burung Golden Eagle atau Elang Emas mempunyai panjang sayap 75-92 cm dan lebar sayap 210-240 cm. Dari sayap tersebut, burung Golden Eagle dapat terbang dengan kecepatan 320 km/jam.

Loading...

3. Gyrfalcon

Burung Gyrfalcon (pinterest.com)
Burung Gyrfalcon (pinterest.com)

Jenis burung Elang Gyrfalcon dapat terbang dengan kecepatan 209 km/jam. Burung Gyrfalcon hidup di tebing-tebing batu pinggir pantai.

Saat berburu, burung Gyrfalcon mengandalkan kecepatan dan tubuh yang besar, sehingga Gyrfalcon bisa berburu jenis burung besar yang lain.

4. Spine Tailed Swift

Burung Spine Tailed Swift (audubon.org)
Burung Spine Tailed Swift (audubon.org)

Burung Spine-tailed swift (Hirundapus caudacutus) bisa terbang dengan kecepatan 171 km/jam. Uniknya, burung ini memiliki kaki yang sangat pendek untuk menempel di permukaan vertikal.

5. Eurasian Hobby

"<yoastmark

Burung Eurasian Hobby atau Hobi Eurasia merupakan anggota kecil dari keluarga burung Elang. Jenis burung ini sering ditemukan di hutan terbuka, sungai, dan hutan di seluruh Afrika, Eropa dan Asia.

Hobi Eurasia sendiri merupakan burung migran yang jauh. Burung Elang mini ini bermigrasi ke Afrika Tengah dan Asia Selatan selama musim dingin.

Burung Eurasian Hobby bisa terbang dengan kecepatan maksimal 161 km/jam. Selain itu, burung ini juga terkenal karena jadi penerbang yang cepat dan akrobatik.

Baca juga: Burung Terbesar di Dunia Tingginya Mencapai 3 Meter

Demikian burung tercepat di dunia yang dapat mengalahkan kecepatan mobil Hennessey Venom. Kalau di lapangan terbuka atau di sirkuit, ada kemungkinan burung Peregrine Falcon kalah karena kecepatannya yang pernah tercatat mencapai 389 km/jam, sementara kecepatan mobil tersebut 484 km/jam.

Semoga saja ada pihak yang mempertemukan mereka berdua dalam satu lintasan drag yang lurus. Sehingga dapat diketahui siapa yang tercepat, mobil atau burung?

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung tercepat di dunia
  • burung tercepat
  • kecepatan gyrfalcon
  • Burung terce
  • burung terbang tercepat di dunia
  • kecepatan maksimal elang emas
  • burung tercepat di indonesia
  • burung tercepat didunia
  • burung tercepat yang ada di dunia
  • daftar burung tercepat

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!