Burung Tertua di Dunia Punya Anak Usia 70 Tahun

Burungnya.com – Menurut Anda burung tertua di dunia usianya berapa? Anda mungkin mengira burung tertua bisa sampai usia 30 tahun atau 50 tahun. Sebenarnya ada burung yang lebih tua dan masih produktif mempunyai anak, bahkan di usia 70 tahun.

Ya, seekor burung Albatros dapat predikat burung tertua di dunia yang memiliki anak di usia 70 tahun. Mungkin di dunia ini ada beberapa burung tua yang usianya puluhan tahun, tapi yang masih melahirkan anak ya cuma dia.

Tanggal Lahir 1 Februari 2021

Nama burung ini Wisdom. Dia baru beberapa hari yang lalu menyambut anaknya. Sang anak menyapa dunia di tanggal 1 Februari 2021 di Atol Midway, Pasifik Utara.

Seorang pakar biologi di pulau karang dekat Hawaii mengaku memperhatikan telur tersebut di tanggal 29 Januari 2021. Sementara burung Albatros itu sendiri sudah dipantau peneliti sejak tahun 1956.

Dari postingan USFWS Pacific Region atau @USFWSPacific di Twitter, mereka mengumumkan bahwa ada bayi lucu anak burung Albatros yang baru lahir.

“Pengumuman ada bayi lucu! Bayi Wisdom yang baru sudah lahir!” kata Badan Perikanan dan Alam Liar AS (USFWS) di Twitter.

“Setidaknya dia sudah berusia 70 tahun. Kami yakin Wisdom mempunyai pasangan lain,” kata pakar biologi USFWS, Dr Beth Flint.

Pasangan Lain

Kata Dr Flint, Albatros biasanya berpasangan seumur hidup. Namun, ada juga burung yang mencari pasangan lain, apabila pasangannya sudah mati.

Jadi, sangat tidak mungkin bila pasangan sejak awal tapi baru mempunyai anak sekarang. Kemungkinan terbesar, pasangan pertamanya telah wafat, mungkin karena terlalu tua.

Lalu, Wisdom mencari pasangan lain dan akhirnya mempunyai keturunan di usia 70 tahun. Ini hanya dugaan kami saja.

Anak Albatros

Perlu Anda ketahui lagi bahwa burung Albatros biasanya bertelur hanya beberapa tahun sekali. Bila anaknya yang ini terlahir normal, berarti itu suatu keajaiban.

Saat ini pakar yang bertugas di Pasifik meyakini bahwa Wisdom sudah punya sekitar 30-36 ekor anak selama masa hidupnya.

Loading...

Hal ini tak mengherankan karena habitat di kawasan Midway Atoll National Wildlife Refuge pesisir Hawaii merupakan rumah koloni terbesar burung Albatros di dunia.

Sehingga wajar saja, kalau burung Albatros yang bernama Wisdom bisa berusia 70 tahun dan masih mampu mempunyai anak.

Baca juga:

Kesimpulan

Kasih ibu sepanjang masa, walau sudah berusia tua, burung Albatros akan terus merawat anaknya. Diyakini anak barunya ini kemungkinan merupakan anak yang ke-37.

Namun, hal tersebut belum diketahui pasti karena masih sebatas dugaan. Meski begitu kalau dipikir-pikir usia 70 tahun dengan proses reproduksi normal, tentunya masih bisa menghasilkan anakan sampai hampir 40 ekor anak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!