10 Cara Alami Tambah Durasi Ngekek Lovebird Tanpa Vitamin

10 Cara Alami Tambah Durasi Ngekek Lovebird Tanpa Vitamin

Burungnya.com – Kalau ada cara alami tambah durasi ngekek, mengapa harus menggunakan suplemen atau vitamin yang kemungkinan berbahaya. Sekarang, semua orang mencari perawatan yang instan, simpel, dan mudah dengan pemberian vitamin atau suplemen, tapi jangan pernah melupakan bahwa sejatinya perawatan Lovebird harus alami yang tidak memiliki efek samping.

Namun, perawatan alami membutuhkan waktu luang lebih banyak dan kesabaran tingkat tinggi. Sebab, mulai pagi-pagi buta atau ba’da Solat Subuh, burung Lovebird sudah mulai menjalani perawatan. Kemudian perawatan biasanya baru berakhir malam hari. Hal ini tergantung dari kondisi birahi Lovebird.

Perawatan Alami untuk Menambah Durasi Ngekek Lovebird

Tak perlu berlama-lama, mari menyimak perawatan alami Febrian LP29 Malang saat menambah durasi ngekek Lovebird Maisaroh. Burung Lovebird ini dibeli saat usianya 7-8 bulan. Maisaroh saat itu sudah memiliki durasi ngekek sekitar 25-30 detik.

Lovebird ini dipilih karena di gantangan Bedali PBI tidak ada yang mengalahkan. Kemudian burung Lovebird Maisaroh dibeli dan dipanjangkan durasinya. Cara memanjangkan durasi ngekek Lovebird Maisaroh dengan umbaran dan embun pagi.

Lovebird Maisaroh (youtube.com)
Lovebird Maisaroh (youtube.com)

Setingan Harian Lovebird

  1. Lovebird betina ini dikeluarkan jam 05.00 pagi atau setelah Solat Subuh.
  2. Kemudian Lovebird dimandikan jam 06.30 dengan cara disemprot atau mandi sendiri.
  3. Terkadang Lovebird mandi sendiri saat birahi tinggi.
  4. Penjemuran Lovebird selama 30 menit, tapi saat birahi tinggi tidak dijemur.
  5. Setelah jemur, Lovebird full kerodong.
  6. Pakan milet putih polos.
  7. Untuk menambah durasi, Lovebird diumbar seminggu 2 kali di kandang umbaran kotak 2 x 1 meter.

Setingan Lomba Lovebird

  1. Kalau mau lomba Lovebird tidak perlu dimandikan.
  2. Lovebird full kerodong selama 2 hari sebelum lomba.
  3. Saat lomba Lovebird diberi canary seed dan jagung.

Menurut Febrian, tujuan umbaran seminggu 2 kali agar burung Lovebird napas lega dan lendirnya keluar. Selain itu, Lovebird Maisaroh tidak pernah diberi vitamin, suplemen, atau obat-obatan. Burung ini dirawat secara alami tanpa tambahan doping apapun.

Zaman sekarang, mungkin sudah jarang ditemui burung Lovebird dengan perawatan alami. Pasalnya, vitamin dan suplemen sudah banyak dijual di Instagram dan website jual beli online. Harga vitamin Lovebird relatif terjangkau, sehingga kicau mania memilih beli vitamin daripada harus memberikan setingan yang ribet.

Loading...

Burung yang diberi vitamin biasanya dalam hitungan sudah memperlihatkan hasil. Misalnya, Lovebird yang tadinya diam saja, bisa langsung bunyi dan rajin ngekek. Tak jarang, saat Lovebird digantangkan kebanyakan meraih juara. Tentu hasil seperti ini membuat kicau mania semakin bahagia. Sehingga mereka akan membeli vitamin lagi dan lagi.

Kesimpulan

Demikian setingan Lovebird alami untuk menambah durasi ngekek. Dengan melihat setingan Lovebird Maisaroh, semua pasti jadi tahu bahwa durasi ngekek Lovebird dapat ditambah tanpa vitamin atau suplemen. Yang terpenting, Anda rajin main embun pagi dan umbaran 2 kali seminggu.

Burung Lovebird yang merasakan kasih sayang pemiliknya akan membalas budi dengan memberikan kemenangan juara di lomba. Hal tersebut sudah menjadi hukum alam, siapa yang menanam kebaikan pasti akan menuai kebaikan pula.

Baca juga:

Jadi, Anda tak perlu khawatir dan terburu-buru membuat Lovebird konslet atau fighter. Burung Lovebird sudah mempunyai usia tertentu untuk mengeluarkan kemampuan ngekeknya. Ada yang suara ngekeknya keluar lebih lebih awal, tapi ada juga yang keluarnya sedikit terlambat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!