Cara Aman Terapi Mandi Air Es untuk Lovebird

Cara Aman Terapi Mandi Air Es untuk Lovebird

Burungnya.com – Salah satu setingan Lovebird di malam hari adalah terapi mandi air es. Sebagian besar kicau mania pasti melakukan perawatan Lovebird di pagi hari sampai sore hari. Namun, malamnya Lovebird dibiarkan istirahat. Padahal, malam hari dalam diterapkan terapi mandi air es untuk Lovebird.

Manfaat Terapi Mandi Air Es untuk Lovebird

Apa manfaat terapi mandi malam dengan air es? Ternyata tujuan dari terapi ini untuk menstabilkan birahi Lovebird, menurunkan over birahi Lovebird, dan memperkuat stamina Lovebird. Perlu diketahui setingan mandi air es ini harus dilakukan saat Lovebird dalam keadaan sehat.

Pasalnya, jika Lovebird sedang sakit dan dipaksa melakukan latihan terapi mandi air es, pasti penyakit Lovebird tersebut malam bertambah parah. Oleh karenanya, jika Lovebird sakit, maka sembuhkan dulu baru diterapi dengan air es.

Baca juga: 12 Setingan Lovebird Malam untuk Lomba Malam Hari

Prosedur terapi mandi malam dan terapi mandi air es untuk Lovebird sebenarnya berbeda. Mengapa bisa demikian? Sebab, air untuk mandi malam biasanya air biasa, bisa air PDAM atau air sumur. Namun, terapi mandi air es harus menggunakan air dingin dari kulkas atau air yang direndam balok es.

Terapi Mandi Air Es untuk Lovebird

Lantas, bagaimana cara terapi mandi air es yang aman untuk Lovebird? Takaran untuk mandi air es, yakni air biasa 3 liter dan es batu dalam plastik ukuran 1 liter. Masukkan es batu dalam air dan biarkan es batu mencair.

Kemudian Lovebird dimandikan dengan air dingin memalui teknik penyemprotan halus atau setingan embun. Semprot tubuh Lovebird dengan air es sampai basah kuyup.

Oh iya, Anda harus menyemprot burung Lovebird saat berada di atas tangkringan. Kalau burung turun ke bawah, maka hentikan penyemprotan. Tujuannya melatih Lovebird nagen satu titik di atas tangkringan.

Loading...

Baca juga: Terapi Lovebird Mandi Kering Untuk Dongkrak Stamina dan Napas Panjang

Jika burung Lovebird terbiasa dilatih mandi air es di atas tangkringan, maka saat lomba Lovebird akan nagen di satu titik. Terapi mandi Lovebird ini dapat dilakukan setiap hari untuk Lovebird yang gesit atau belum jinak. Namun, kalau burung Lovebird sudah jenis, bisa dilakukan terapi mandi es 3 hari sekali.

Waktu Terapi Mandi Air Es Lovebird

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan terapi mandi air es? Ternyata terapi ini dapat dilakukan kapan saja. Meski begitu, alangkah baiknya terapi mandi air dingin dilakukan malam hari pukul 19.00 setelah Solat Isya.

Alasannya, udara malam pada jam-jam tersebut masih belum terlalu dingin sehingga aman untuk Lovebird. Apabila dilakukan terapi tengah malam, maka Lovebird berpotensi kedinginan karena udara malam sudah dingin ditambah air es yang sangat dingin.

Takutnya burung Lovebird malah masuk angin atau jatuh sakit karena kedinginan. Tubuh yang tersiram air dingin saja cukup menyakitkan apalagi jika burung Lovebird disiram air es di malam hari, tentu rasa sakitnya akan berkali-kali lipat.

Baca juga: 2 Cara Lovebird Kusumo Mandi Beda dengan Burung Lain

Oleh karena itu, lebih baik Lovebird disemprot sedikit saja sampai basah, kemudian biarkan bulunya mengering. Terapi mandi ini cukup dilakukan sekali dalam sehari. Anda dapat mengulanginya esok hari atau 3 hari sekali tergantung kondisi burung.

Demikian aturan dan tata cara terapi mandi es untuk Lovebird. Kami ingatkan kembali, terapi ini khusus untuk Lovebird sehat dan fit. Jika burung Lovebird sedang sakit, tidak disarankan menjalani terapi mandi air es.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • manfaat mandi air es untuk lovebird
  • lb mandi air es
  • apakah boleh burung lovebird dimandikan dengan air dingin ?
  • manfaat air es untuk burung
  • manpaat mandi air es untuk burung lakbet
  • manfaat mandi air es buwat lb
  • mandiin lovebird yang bagus pake air pam atau air sumur
  • terapi mandi air es untuk lovebird
  • mandi air es untuk lovebird
  • Air yang bagus untuk memandukan burung lovobird lomba

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!