7 Cara Bikin Kucing Jadi Gembul Selain dari Makanan

Burungnya.com – Tahukah Anda, untuk membuat kucing jadi gembul atau gemuk, tidak hanya dari sektor makanan saja. Ada beberapa faktor yang bisa membuat kucing jadi gendut. Apa saja kira-kira faktor pembuat kucing jadi gembul ginuk-ginuk?

Di sini kami telah menemukan jawabannya melalui channel YouTube Kucing Om Wepe. Dia sedang berbagi tips cara bikin kucing jadi gembul. Menurutnya gembul di sini bukan karena kebanyakan makan saja, sehingga hasilnya jadi kurang sehat.

Gembul yang dimaksud Om Wepe adalah gembul yang masih aktif dan sehat. Apa saja rahasia kucing gemuk dan gembul? Ternyata rahasianya kucing-kucing Om Wepe tidak pernah stres.

Baca juga: 18 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulu Lebat dan Gemuk

Jadi, kucing bisa gemuk bila dia sehat dan tidak stres. Kemudian kucing harus sudah vaksin dan steril biar sehat. Lalu ada lagi yaitu obat-obatan rutin. Dua obat yang harus diberikan rutin adalah obat cacing dan obat kutu kucing.

Cara Membuat Kucing Gemuk (zastavki.com)
Cara Membuat Kucing Gemuk (zastavki.com)

Lebih jelasnya akan kami buatkan daftarnya melalui poin-poin per pembahasannya.

  • Bebas stres
  • Vaksin dan steril
  • Rutin obat cacing & obat kutu
  • Harus diajak main
  • Nutrisi yang baik
  • Snack
  • Vitamin

Cara Bikin Kucing Jadi Gembul

1. Kucing Tidak Boleh Stres

Semua kucing bisa gembul dan gemuk apabila dia bebas dari stres. Jadi, bagaimana cara membuat kucing stres? Tentu yang harus dilakukan adalah membuatnya bahagia.

Sebagai contoh, makanan kucing enak bergizi, selalu diajak main, dan tidak stres karena birahi, sehingga kucing harus disteril.

2. Kucing Vaksin dan Steril

Dalam memelihara kucing di masa pandemi atau di luar pandemi, yang pertama harus diperhatikan adalah kesehatan. Anda bisa meningkatkan kesehatan kucing dengan memberikan vaksin.

Konsultasikan vaksin yang tepat dengan dokter hewan. Sehingga Anda bisa mengetahui takarannya seberapa, dan kapan harus divaksin. Kucing yang selesai vaksin pasti akan sehat dan jarang terkena penyakit. Setelah vaksin, biasanya kucing juga sering stres karena birahi tinggi. Oleh karena itu, lebih baik kucing disteril.

Baca juga: Alasan Kucing Jantan dan Betina Wajib Disteril atau Dikebiri

3. Obat-obatan Kucing

Ada dua obat kucing yang wajib diberikan yaitu obat cacing dan obat kutu. Obat cacing bisa diberi drontal. Pemberian obat cacing 1 tablet (kucing 4 kg) per 3 bulan.

Kalau obat kutu bisa diberi Revolution atau Detick. Pemberian obat kutu ini bisa 1 bulan sekali untuk kucing kutuan. Kalau pencegahan kutu, Anda bisa memberikan 3 bulan sekali.

Loading...

4. Ajak Kucing Bermain

Beli mainan kucing yang bentuk ikan-ikanan atau bulu. Nanti pasti kucing suka sekali. Berikan waktu untuk kucing bebas main di luar kandang.

Jangan lupa berikan tempat main yang tinggi dan tempat sembunyi agar kucing bahagia. Dengan begitu, kucing tidak akan stres dan cepat gemuk.

Sempatkan waktu bermain setiap hari. Jangan sampai kucing cuma berada di dalam kandang saja, nanti dia bisa stres.

Baca juga: 10 Jenis Mainan Kucing Terbaik Sesuai dengan Usia

Cara Membuat Kucing Jadi Gemuk (wallpaperbetter.com)
Cara Membuat Kucing Jadi Gemuk (wallpaperbetter.com)

5. Nutrisi Kucing

Banyak nutrisi untuk kucing, biasanya kucing suka nutrisi wet food dari Whiskas yang sachetan. Kalau wet food kalengan biasanya kucing tidak terlalu suka.

6. Snack Camilan Kucing

  • Mera Finest Fit Snack
  • Vitakraft

Jadi cemilan ini bukan makanan utama kucing. Anda harus berhati-hati karena kebanyakan makan cemilan, nanti kucing tidak mau makan makanan utama.

Jangan pernah menggantikan snack kucing menjadi makanan utama kucing. Biasanya snack kalorinya tinggi sehingga kucing jadi tidak suka makan makanan utama harian. Maksimal pemberian snack adalah 4 butir per hari.

7. Vitamin Kucing

  • Minyak ikan omega3
  • Transfer Factor Kucing
  • Nutri Plus Gel

Dari semua vitamin kucing tadi yang paling super adalah Nutri Plus Gel. Harganya relatif mahal di kisaran Rp 100 ribuan.

Vitamin tersebut untuk perkembangan tubuh dan recovery bila kucing sakit. Suplemen multivitamin ini bisa diberikan setiap hari agar kucing sehat.

Baca juga: 10 Cara Membuat Kucing Cepat Gemuk

Kesimpulan

Demikian beberapa cara bikin kucing jadi gembul atau gemuk. Ternyata memang tidak hanya dari makanan saja yang bisa membuat kucing jadi gemuk.

Banyak faktor yang membuat kucing cepat gembul. Namun, yang terpenting tetap kucing harus sehat dan tidak stres. Bila kucing sudah merasa bahagia dan tidak stres, maka dia akan cepat gembul.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!