Skip to content

Cara Buat Lovebird Gacor dan Ngekek Panjang dengan Terapi Hujan

Cara Membuat Lovebird Gacor dan Ngekek Panjang

Burungnya.com – Selama musim hujan, bukan berarti perawatan Lovebird menjadi terhambat. Justru Anda bisa membuat Lovebird gacor dan ngekek panjang dengan terapi hujan.

Namun, perlu diketahui bahwa terapi mandi air hujan untuk Lovebird harus dilakukan secara hati-hati. Pasalnya, tidak semua tipe hujan bisa dipakai untuk terapi Lovebird.

Contoh Hujan yang Bagus untuk Terapi Lovebird

Hujan yang baik untuk terapi Lovebird yaitu hujan rintik-rintik atau gerimis. Bulu Lovebird tidak akan langsung basah kuyup dan tidak menyakiti Lovebird.

Burung Lovebird akan merasa segar bugar karena terkena air hujan rintik-rintik. Berbeda bila Anda memandikan burung di bawah air hujan yang deras, maka Lovebird akan kesakitan dan bisa mati.

Baca juga: 

Waktu Terapi Lovebird Hujan

Cara Terapi Lovebird Mandi Hujan (alphacoders.com)

Cara Terapi Lovebird Mandi Hujan (alphacoders.com)

Biasanya waktu terapi hujan yang bagus untuk burung Lovebird adalah pagi. Hujan di pagi hari tentu saja baik untuk Lovebird karena airnya belum tercemar polusi udara.

Jadi, apabila pagi hari sudah hujan, Anda bisa mulai terapi Lovebird. Tujuannya supaya Lovebird lebih rileks, santai, dan tidak stres. Birahi Lovebird juga stabil karena tubuhnya sejuk.

Berapa Lama Waktu Terapi Hujan

Manusia terkena hujan di kepala saja bisa pusing bila durasinya lama. Sehingga burung juga tidak boleh lama-lama terkena hujan.

Maksimal burung boleh terkena hujan selama 15 menit saja. Lebih dari itu, burung bisa jatuh sakit dan berisiko mati. Selain itu, pastikan airnya menyebar ke tubuh, tidak satu titik ke bagian kepala.

Pasalnya, air setetes yang mengenai kepala secara terus menerus (pada satu titik) bisa menyebabkan manusia gila. Apalagi bila hal tersebut terjadi pada burung.

Tidak hanya 15 menit, Anda juga disarankan melakukan terapi mandi air hujan setiap 3 hari sekali atau 7 hari sekali. Intinya, cari hujan di pagi hari, tapi tidak setiap hari ya terapinya.

Burung Lovebird juga harus dalam keadaan sehat. Kalau burung sakit atau terlihat mekrok bulunya, lebih baik tunda sampai dia sehat dulu.

Makanan Burung Lovebird

Makanan Lovebird (birdeden.com)

Makanan Lovebird (birdeden.com)

Untuk makanan Lovebird, Anda bisa memberikan pakan standar sehari-hari. Biasanya makanan Lovebird berupa biji-bijian dan sayuran.

Kemudian untuk menaikkan birahi, Lovebird bisa diberi kangkung, jagung muda, hingga kecambah.

Kalau mau menurunkan birahi, Lovebird bisa diberi mentimun dan disatukan dengan untulan atau pasangannya.

Perawatan Lovebird Lainnya

Agar Lovebird gacor dan ngekek panjang, kita harus cari tahu dulu indukannya. Dia berasal dari indukan ngekek panjang atau tidak.

Setelah itu, tinggal perawatan rutin saja, seperti mandi jemur, pemasteran, umbaran, dan lain-lain.

  • Pagi sebelum matahari terbit, Lovebird diembunkan.
  • Setelah matahari terbit, Lovebird dimandikan dengan cara semprot sampai basah kuyup.
  • Tunggu sampai bulu tidak terlalu basah, baru Lovebird dijemur.
  • Setelah jemur, biarkan Lovebird istirahat sambil dimaster.
  • Nanti, sore Lovebird dikeluarkan untuk diangin-anginkan.
  • Menjelang solat Isya, Lovebird dimandikan malam, semprot biasa saja.
  • Setelah itu, Lovebird diangin-anginkan sebentar, baru dikerodong sampai pagi.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membuat Lovebird gacor dan ngekek panjang dengan terapi hujan. Lovebird butuh terapi hujan karena di alam, dia juga menikmati hujan secara langsung.

Manfaat terapi hujan untuk Lovebird, di antaranya rajin bunyi, tenang, birahi turun, dan jadi ngekek panjang. Banyak faktor untuk menjadikan Lovebird ngekek panjang, salah satunya dengan terapi mandi air hujan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.