Cara Menjodohkan Murai Batu jantan dan Murai Batu betina (youtube.com)

10 Cara Cepat Menjodohkan Murai Batu Jantan dan Betina dalam 2 Jam

Burungnya.com – Usaha ternak burung Murai Batu semakin hari semakin diminati kicau mania. Sebab, hasilnya sangat memuaskan bila dibandingkan jenis ternakan burung lain. Namun, bagaimana cara menjodohkan burung Murai Batu jantan dan betina yang cepat?

Kalau mau melakukan penjodohan burung Murai Batu secara cepat, Anda harus mengetahui ilmunya. Burung jantan dan betina yang asal dimasukkan ke dalam satu kandang bisa bertengkar dan saling menyakiti. Oleh karena itu, tahapan dalam menjodohkan burung tersebut harus benar.

Ada berbagai cara dalam mengawinkan burung Murai Batu. Namun, cara yang satu ini bisa dikatakan cepat karena membutuhkan waktu kurang lebih selama 2 jam. Dari awal sampai akhir proses penjodohan memakan waktu 2 jam dan kebanyakan berhasil.

Cara Cepat Menjodohkan Murai Batu Jantan dan Betina (youtube.com)
Cara Cepat Menjodohkan Murai Batu Jantan dan Betina (youtube.com)

Cara Menjodohkan Murai Batu Jantan dan Betina

Tingkat keberhasilan cara ini akan semakin tinggi apabila burung Murai Batu jantan dalam keadaan drop. Jadi, indukan burung pejantan harus terlihat lemas dan lesu. Saat bertemu Murai Batu betina, maka burung jantan akan langsung naik birahi sehingga terjadi perjodohan atau perkawinan.

1. Menyiapkan Sangkar Besar dengan Keramba Mandi

Pertama siapkan keramba untuk mandi Murai Batu betina dan jantan. Berikan air yang bersih dan penuh agar Murai Batu cepat mandi.

2. Murai Batu Jantan Dibuat Drop atau Lemas

Ambil burung Murai Batu jantan dan letakkan di samping keramba mandi. Kondisi burung jantan dalam keadaan drop dengan cara tidak diberi extra fooding selama 2-3 hari. Intinya burung dibuat drop fisik atau mental sampai terlihat lemas.

3. Murai Batu Betina Dimasukkan ke Keramba Mandi

Kemudian burung Murai Batu betina dimasukkan ke kandang keramba mandi. Kalau Murai Batu jantan masih terlihat gacor dan birahi, maka jangan dimasukkan dulu. Burung jantan harus terlihat biasa saat melihat betina.

4. Burung Murai Batu Jantan Dijadikan Satu dengan Betina

Murai Batu betina disemprot halus sampai tubuhnya basah. Kalau tubuhnya sudah basah, lalu masukkan Murai Batu jantan ke keramba Murai Batu betina.

5. Melihat Reaksi Kedua Burung dari Jarak Jauh

Anda jangan terlalu dekat dalam memantau. Sebaiknya Anda melihatnya dari jarak jauh. Lihat reaksi kedua burung sampai kondisi burung jantan dan betina diam serta tenang.

6. Pisahkan Kedua Burung saat Bertengkar

Apabila burung jantan dan betina justru bertengkar, maka segera pisahkan dulu. Jangan sampai keduanya saling melukai satu sama lain. Kemungkinan, burung jantan belum drop sehingga saat bertemu betina justru dianggap musuh. Ulangi proses dari awal sampai burung terlihat tenang.

Loading...

7. Kedua Burung Disemprot Halus

Selanjutnya, burung Murai Batu jantan dan betina disemprot halus sampai basah kuyup.

8. Masukkan Kedua Burung ke Kandang Bulat

Setelah itu, kedua burung dimasukkan ke kandang bulat. Angin-anginkan burung tersebut di bawah. Kalau dianginkan di atas, maka kedua burung kemungkinan besar akan bertengkar lagi.

9. Murai Batu Dimasukkan ke Kandang Penangkaran

Apabila Murai Batu jantan dan betina sudah kelihatan tenang atau tertarik satu sama lain, segera masukkan ke kandang penangkaran.

10. Proses Penjodohan Sekitar 2 Jam

Awal mula proses penjodohan di kandang keramba sampai dimasukkan ke kandang ternak memakan waktu sekitar 2 jam. Prosesnya tergolong cepat, tapi berhasil. Silakan dicoba.

Kesimpulan

Demikian cara paling cepat menjodohkan Murai Batu jantan dan betina dalam 2 jam. Burung yang tidak berjodoh dalam waktu singkat kemungkinan kondisi burung Murai Batu jantan belum drop.

Anda harus benar-benar membuat burung Murai jantan drop dulu. Cara yang bisa Anda lakukan adalah tidak memberi pakan extra fooding selama 2-3 hari, buat burung drop mental, dan buat burung lelah sampai lemas.

Baca juga:

Setelah itu, baru pertemukan keduanya di kandang yang ada keramba mandinya. Lihat reaksi keduanya, kemungkinan besar burung jantan tidak akan menyerang burung betina dan dalam beberapa menit keduanya akan terlihat tenang lalu berjodoh.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • tips agar murai batu cepat kawin
  • murai betina menyerang jantan
  • cara menjodohkan burung murai
  • ciri ciri murai batu berjodoh
  • ciri murai sudah kawin
  • Fooding untk penjodohan murai
  • Murai batu di jodohkan jantan dengan betina umar
  • cara menjodohkan burung murai batu yang benar
  • murai jantan menyerang betina
  • Tehnik menjodohkan murai betina di penanglaran

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!