8 Cara Ganti Sangkar Burung Agar Tidak Macet Bunyi

Burungnya.com – Mengapa proses ganti sangkar burung itu penting? Sebab, cuma ganti sangkar saja burung Anda bisa stres dan macet bunyi. Ini karena sangkar merupakan rumah bagi burung. Sehingga kalau ganti sangkar seenaknya saja, burung akan stres.

Daripada burung stres, lebih baik Anda melakukan pergantian sangkar secara benar. Ganti sangkar burung memang tidak boleh sembarangan.

Baca juga:

Bagaimana ganti sangkar burung yang benar?

1. Sangkar Baru Mirip

Anda bisa ganti sangkar burung yang mirip dengan yang lama. Mungkin saja, sangkar lama sudah rusak atau tidak layak pakai, sehingga ganti dengan sangkar yang baru.

Namun, kalau memang Anda ingin ganti sangkar yang baru warna dan modelnya, berarti pergantian sangkar harus hati-hati. Banyak burung macet bunyi karena salah ganti sangkar.

2. Ganti Sangkar Malam Hari

Kalau mau ganti sangkar burung lebih baik dilakukan di malam hari yang gelap. Burung tidak akan menyadari bahwa dia sudah berpindah ke sangkar baru karena terjadi di kondisi yang gelap.

Anda juga bisa menggantinya di dalam ruangan gelap. Jadi proses gantinya tidak harus malam hari. Solusi lainnya, Anda bisa menggunakan kerodong di kedua sangkar sekaligus.

Cara Ganti Sangkar Burung Agar Tidak Macet Bunyi
Cara Ganti Sangkar Burung Agar Tidak Macet Bunyi

3. Warna Sangkar Sama

Kalau bisa bentuk dan warna sangkar sama. Tidak ada aroma cat atau plituran. Sehingga sangkar benar-benar bersih tanpa bau apapun.

Jika Anda bosan dengan bentuk sangkar yang lama, maka ganti dengan sangkar baru, tapi bentuknya masih mirip dengan sangkar lama.

4. Bahan Material Sama

Apabila Anda sebelumnya menggunakan sangkar bambu maka sangkar baru juga harus berbahan bambu. Jika sangkar lama dari besi, maka yang baru juga harus material besi.

Loading...

Intinya burung jangan diganti ke sangkar baru tapi material berbeda dari sangkar yang lama. Ini penting karena burung bisa macet bunyi kalau material sangkarnya berbeda dari yang lama.

5. Wadah Pakan Tangkringan

Untuk wadah pakan, minum, dan tangkringan, sebaiknya masih pakai dari sangkar yang lama. Soalnya, burung sudah beradaptasi lama dengan perlengkapan sangkar yang lama.

Jika Anda tiba-tiba ganti semua wadah pakan dan tangkringan, takutnya burung menjadi tampak asing di kandang barunya. Sehingga dia butuh adaptasi dan mungkin saja enggan untuk makan lagi.

Cara Melindungi Sangkar dari Semut (cakrawala.co)
Cara Melindungi Sangkar dari Semut (cakrawala.co)

6. Proses Memindahkan Burung

Cara memindahkan burung dari sangkar lama ke sangkar baru, cukup dengan mendekatkan kedua sangkar. Jadi pintu sangkar dibuat saling berhadapan.

Kemudian, masing-masing pintu sangkar dibuka. Biarkan burung pindah sendiri ke sangkar yang baru. Jika dia mau pindah, berarti dia merasa aman di kandang yang baru.

7. Disemprot Dulu

Apabila burung tidak mau pindah sendiri ke kandang baru, Anda bisa menyemprotnya dulu. Basahi bulu burung agar tubuhnya lebih sejuk. Dengan begitu, burung bisa ditangkap dan lebih tenang.

Apabila burung tidak dibasahi dulu, nanti dia akan kerabyakan. Sehingga bulu burung bisa rusak. Anda tidak mau bukan, beli burung baru, tapi bulunya langsung rusak?

Setelah bulu basah, Anda bisa memagang burung dan dipindah ke sangkar baru. Namun, lakukan hal ini pada malam hari agar burung tidak terlalu aktif dan penglihatannya menurun.

8. Ukuran Sangkar Lebih Besar

Ganti sangkar baru, seharusnya lebih besar dari sangkar yang lama. Jadi, nanti burung merasa cepat lebih nyaman dengan sangkar baru, karena ukurannya luas dan besar.

Apabila ukuran sangkar baru justru jadi lebih kecil, tentunya pergerakan burung lebih terbatas dan burung bisa stres karena tak nyaman. Oleh karena itu, ganti sangkar harus yang lebih besar atau minimal ukurannya sama dengan yang lama.

Kesimpulan

Demikian cara ganti sangkar burung agar tidak macet bunyi dan stres. Kalau pergantian sangkar ini karena baru beli burung. Sebaiknya, Anda minta tangkringan yang lama pada pemiliknya.

Dengan begitu, burung akan lebih mudah beradaptasi karena cengkeraman kakinya masih di tangkringan lama. Bila semuanya diganti baru, nanti burung bisa stres.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!