12 Cara Grooming Kucing di Rumah dan Alat-alatnya

Burungnya.com – Apakah Anda tahu bahwa kucing bisa melakukan grooming sendiri? Jawabannya sudah pasti bisa, tapi tidak bisa maksimal karena keterbatasan fisik. Untuk itu, pemiliknya membantu dengan cara grooming kucing sendiri atau dibawa ke pet shop.

Bagi yang belum tahu, grooming adalah merawat atau membersihkan tubuh kucing. Mulai dari ujung bulu kepala, telinga, kuku, sampai ekor. Alat apa saja yang diperlukan untuk merawat kucing?

Alat-alat Grooming Kucing

Sebelum melakukan grooming kucing, Anda harus menyiapkan beberapa peralatan, seperti berikut:

  • Sisir kucing.
  • Shampo kucing.
  • Pembersih telinga.
  • Handuk untuk kucing.
  • Hair Dryer atau Blower.
  • Pemotong Kuku.
  • Wadah Bak Mandi.

Kalau Anda ingin melakukan grooming kucing di rumah, sebaiknya siapkan peralatan tersebut. Sebab, alat dasar untuk grooming kucing memang cuma itu saja.

Baca juga: 15 Perlengkapan Wajib untuk Memelihara Kucing

Manfaat Grooming Kucing

Mengapa kucing harus melakukan grooming? Tentu saja ini berkaitan dengan kesehatan dan kebersihan. Kucing yang jarang dibersihkan pasti akan mudah sakit, kotor, dan bau tak sedap.

Ada juga manfaat dan tujuan lain dari grooming kucing, di antaranya sebagai berikut:

  • Menjadikan bulu kucing sehat dan tidak rontok.
  • Menghilangkan jamur, virus, dan bakteri pada bulu serta kulit kucing.
  • Kucing sehat, fit, bersih, dan lucu.
  • Saat cuaca panas, kondisi tubuh kucing akan tetap nyaman.
  • Bulu kucing tidak mudah rontok, sehingga bulu kucing tidak akan tertelan saat dijilati.
  • Hubungan kucing dan pemiliknya akan semakin dekat.

Baca juga: 7 Cara Melatih Kucing Rumahan Jadi Penurut

Cara Grooming Kucing (lovetoknow.com)
Cara Grooming Kucing (lovetoknow.com)

Cara Grooming Kucing di Rumah

Sebelum melakukan grooming, pastikan dulu usia kucing berapa. Kemudian persiapkan alat-alatnya. Kondisikan rumah senyaman mungkin supaya kucing tidak ketakutan.

Agar lebih jelas, mari membahasnya mulai dari awal ya.

1. Usia Kucing

Agar aman, pastikan usia kucing minimal 3 bulan. Kucing yang terlalu muda tidak baik melakukan perawatan tambahan karena fisiknya masih lemah.

Sebaiknya lakukan perawatan pada kucing dengan usia lebih dari 3 bulan. Ini usia yang aman dan tepat agar kucing bisa lebih terkendali.

2. Kucing Sehat

Jangan asal melakukan grooming pada kucing. Kalau dia sedang sakit, lebih baik tunda dulu proses grooming sampai dia sembuh. Namun, kalau kucing sudah sehat, baru Anda boleh melakukan grooming.

Kucing sakit bisa tambah sakit bila Anda memaksanya grooming. Tunggu saja dia sampai sembuh atau dirawat dengan baik baru kalau kucing sudah ceria, dia bisa diberi perawatan grooming.

3. Cuaca Cerah

Cuaca bisa mempengaruhi psikis kucing. Kalau cuaca sedang dingin dan turun hujan deras, sebaiknya tunda dulu proses grooming. Sebab, udara akan menjadi sangat dingin, dan hal ini bisa menyakiti tubuh kucing.

Berbeda kalau cuaca cerah, udara cenderung normal sehingga kucing tidak akan kedinginan. Kalau nanti kedinginan, tubuhnya bisa dihangatkan di bawah sinar matahari.

Baca juga: 18 Cara Menjinakkan Kucing Biar Dipanggil Datang

Loading...

4. Air Hangat

Pernah memandikan bayi? Jika pernah gunakan air hangat yang suhunya sama dengan air mandi bayi atau hangat-hangat kuku.

Kucing akan merasa nyaman bila air yang buat mandi memakai air hangat. Jangan menggunakan air panas, takutnya kucing malah kepanasan dan lari ketakutan.

Air hangat bagus untuk kucing, terutama dalam hal membasmi kutu dan jamur. Sehingga pilihan yang tepat bila Anda memandikan kucing dengan air hangat.

5. Shampo Kucing

Setelah air siap, basahi tubuh kucing secara perlahan. Pastikan kucing merasa nyaman dulu. Minta bantuan teman atau saudara untuk memegangi kucing Anda, sementara Anda yang bagian memberikan shampo dan membilasnya.

Grooming Kucing Sendiri (catcare.com)
Grooming Kucing Sendiri (catcare.com)

6. Masukkan Kucing dalam Bak

Kucing bisa dimandikan dalam bak mandi plastik bila sudah menjalani proses pembersihan bulu dengan shampo. Bilas kucing dengan cara dimasukkan bak air bersih atau disiram manual dengan gayung atau shower air hangat.

7. Keringkan Bulu Kucing

Selesai mandi, kucing bisa dikeringkan dengan handuk tebal atau hair dryer. Sebaiknya, keringkan dulu dengan handuk baru hair dryer.

Pastikan seluruh bulu kucing kering agar kucing merasa nyaman. Kalau bulu kucing masih basah, nanti debu akan mudah menempel kembali.

Baca juga: 10 Makanan Kucing Terbaik Untuk Mengatasi Bulu Rontok

8. Pijat Tubuh Kucing

Sambil mengeringkan bulu kucing, Anda bisa mulai memijat tubuh kucing. Pijat bagian tubuh yang sehat saja. Apabila tubuh kucing ada yang terluka, memar, atau benjol, sebaiknya lewati saja.

Pemijatan pada kucing bisa dilakukan selama 10-15 menit, tergantung dari tingkat kenyamanannya aja. Kalau kucing nyaman dipijat, lakukan pemijatan lebih lama tidak masalah.

9. Sisir Bulu Kucing

Setelah dipijat, bulu kucing disisir sampai rapi. Tujuan menyisir bulu kucing supaya bulunya rapi dan tungau, jamur, serta kutu berjatuhan. Ingat pakai sisir khusus kucing biar dia nyaman.

10. Potong Kuku Kucing

Selanjutnya Anda bisa memotong kuku kucing yang bagian ujungnya saja. Di bagian pangkal kuku ada saraf sensitif. Kalau itu Anda potong sekalian, nanti kucing bisa kesakitan.

Lebih baik potong bagian ujung kuku sedikit saja. Tujuannya biar kuku tadi tidak digunakan untuk melukai manusia atau merusak perabotan rumah.

Baca juga: 15 Makanan Kucing Terbaik Sehat Bergizi Dilengkapi Merek

11. Bersihkan Telinga Kucing

Anda bisa membersihkan telinga kucing dengan cotton bud dan baby oil. Pertama tetesi telinga kucing dengan baby oil sedikit saja. Kedua bersihkan telinga kucing dengan cotton bud.

12. Potong Rambut Kucing

Apabila ada bulu atau rambut yang tidak rapi, Anda bisa memotongnya. Pakai gunting yang tajam supaya proses potong memotong rambut lebih cepat.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara grooming kucing di rumah dan alat-alatnya. Kami sebagai pecinta kucing Anda sudah mempersiapkan alat sendiri sebelum melakukan grooming.

Kalau belum punya, beli aja alat grooming kucing satu persatu setiap bulannya. Nanti pasti terkumpul semua alatnya. Pengeluaran untuk membeli peralatan grooming lebih hemat daripada biaya grooming di pet shop (dalam jangka panjang).

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!