Cara Kucing Pulang Sendiri ke Rumah Saat Tersesat

Burungnya.com – Bisakah kucing peliharaan pulang sendiri? Pertanyaan ini muncul ketika membandingkan anjing dan kucing.

Kucing dianggap tidak memiliki indera penciuman yang kuat seperti anjing, sehingga patut dipertanyakan apakah kucing bisa menemukan jalan pulang ketika tersesat.

Meskipun anjing memiliki indera penciuman yang lebih kuat, jangan salah, kucing adalah hewan dengan naluri teritorial atau insting domestik yang kuat.

Setelah kucing mengenali suatu tempat sebagai rumahnya, ia akan menandai daerah itu sebagai wilayahnya dan ia dapat kembali ke rumah.

Baca juga:

Cara Kucing Mencari Jalan Pulang

Kucing dapat menemukan jalan pulang. Setelah kucing menandai sebuah rumah sebagai rumahnya. Dia akan melakukan yang terbaik untuk kembali ke wilayah yang sudah dikenalnya itu.

Menurut PetMD, semua hewan menghafal rute menggunakan indera mereka.

Lumba-lumba dan burung menggunakan matanya, merpati menggunakan telinganya untuk mendengar gelombang suara, salmon menggunakan indra penciumannya, dan rusa kutub menemukan jalan pulang dengan mencium aroma hujan.

Cara Kucing Menemukan Jalan Pulang ke Rumah
Cara Kucing Menemukan Jalan Pulang ke Rumah

Bagaimana dengan kucing?

Kucing menemukan jalan pulang dengan semua indera mereka. Terutama indera untuk mencium bau dan penglihatan.

Kucing menandai rumahnya dengan menyemprotkan air seni, serta menggosok tubuhnya untuk meninggalkan bau hormonal tertentu. Nah, wewangian ini, akan membawa kucing pulang.

Indera penciuman kucing

Namun penjelasan tentang bagaimana seekor kucing dapat kembali ke rumah lamanya, yang jaraknya puluhan kilometer, tetap menjadi misteri.

Karena pada jarak seperti itu, dipastikan tidak mungkin mencium bau urin dan hormon kucing melalui hidung kucing.

Sebuah studi oleh Frances Herrick pada tahun 1922 melihat induk kucing yang dipisahkan dari anak-anaknya dan mampu melakukan perjalanan sekitar 5-7 km untuk menemukan anak-anaknya.

Penjelasan ilmiah dari pertanyaan ini tetap tidak terjawab. Hanya ada satu teori berupa dugaan, bahwa kucing masih bisa mengendus jejaknya meski berada puluhan mil jauhnya.

Meskipun ada banyak kasus di mana kucing mungkin telah kembali ke rumah ketika hilang, masih ada kasus di mana kucing tersesat dan tidak pernah bisa kembali ke pelukan pemiliknya lagi.

Karena itu, Anda harus memberi kucing Anda kalung dengan nomor telepon yang tercetak di atasnya.

Ketika seekor kucing hilang, siapa pun yang menemukannya dapat segera menghubungi Anda.

Penting juga untuk menyuruh kucing di rumah baru untuk sementara waktu agar kucing mengenali rumah barunya tersebut. Dengan begitu, kucing tidak akan tergoda untuk melakukan perjalanan jauh saat pulang.

Kesimpulan

Demikian alasan mengapa kucing bisa pulang sendiri ke rumah. Jadi, jangan pernah takut kucing Anda tidak bisa pulang saat sedang main ke luar rumah.

Kucing tidak bisa pulang, bila dia dibuang dalam keadaan dimasukkan di karung goni. Alasannya, indera penglihatan tidak berfungsi dan dia tidak bisa meninggalkan jejak untuk mengenali jalan pulang.

Terlebih bila membuang kucing di sungai, tentu dia tidak akan bisa pulang karena terbawa arus sungai yang jauh. Penciuman kucing dan penglihatannya tidak berfungsi sama sekali.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.