2 Cara Lovebird Kusumo Mandi Beda dengan Burung Lain

Burungnya.com – Setiap burung mempunyai karakter dan kebiasaan masing-masing. Dalam hal pemandian, Lovebird Kusumo ternyata mempunyai kebiasaan mandi yang unik. Bagaimana cara Lovebird Kusumo mandi?

Lovebird fenomenal yang baru meninggal ini selalu mandi sendiri sambil dijemur. Bila biasanya Lovebird dimandikan dulu baru dijemur, tapi Lovebird Kusumo dimandikan dan dijemur secara bersamaan.

Setelah selesai mandi, sangkar Lovebird Kusumo digeser sedikit ke tempat yang setengah panas setengah dingin. Jadi, penjemuran Lovebird Kusumo setengah di tempat panas, setengah di tempat teduh.

Lovebird Kusumo mandi ini mungkin menjadi rutinitas mandi yang terakhir bersama Om Sigit WMP sebelum meninggal dunia. Dalam video siaran langsung Om Sigit WMP terlihat bahwa aktivitas tersebut dilakukan pada tanggal 15 November 2018.

Sementara, Lovebird Kusumo mati pada tanggal 19 November 2018 jam 01.43 malam. Jadi, jeda tiga hari setelah Lovebird Kusumo menyapa penggemarnya, Lovebird Kusumo langsung pergi untuk selama-lamanya.

Cara Memandikan Lovebird Kusumo

1. Lovebird Kusumo Mandi Sendiri di Cepuk Mandi

Dalam video tadi tampak Lovebird Kusumo hanya mandi sebentar di cepuk mandi. Mungkin tak sampai 5 menit, Lovebird Kusumo mandi memasukkan tubuhnya ke dalam air, lalu keluar lagi.

Proses mandi Lovebird Kusumo dilakukan di bawah terik sinar matahari dan dilakukan sendiri. Ini yang membedakan cara mandi Lovebird Kusumo dengan Lovebird lain.

Perlu diketahui, waktu memandikan Lovebird Kusumo dilakukan pagi hari. Sehingga sinar mataharinya masih terasa hangat. Kalau dimandikan siang hari, tentu malah akan merusak bulu Lovebird. Apalagi saat itu, Lovebird Kusumo sedang dalam masa mabung.

Loading...

Kata Om Sigit, setelah mandi dan bulu dalam kondisi basah, sebaiknya burung Lovebird jangan langsung dijemur. Namun, Lovebird diangin-anginkan sebentar di tempat yang teduh. Kemudian, kalau bulu sudah mengering, baru Lovebird boleh dijemur.

Baca juga: 18 Perawatan Harian Lovebird Kusumo Agar Ngekek Panjang di Lomba

2. Lovebird Kusumo Dimandikan di Bawah Kran Air

Cara lain memandikan Lovebird Kusumo yaitu dimandikan di bawah kran air tapi sebentar saja. Kran atau pancuran air diatur agar keluarnya pelan, kemudian Lovebird Kusumo dimandikan dengan cara dipegang pakai tangan sambil diusap-usap lembut bulunya.

Baca juga: 7 Tips Rahasia Merawat Burung yang Dibocorkan Pemilik Lovebird Kusumo

Setelah dimandikan di air kran, Lovebird Kusumo diangin-anginkan sebentar atau dijemur di tempat yang teduh. Kalau bulu sudah benar-benar kering, Lovebird baru dijemur di tempat yang panas.

Kira-kira seperti itu cara memandikan Lovebird Kusumo. Jika Lovebird Anda tidak suka mandi di cepuk atau mandi sendiri seperti Kusumo, maka jangan dipaksa. Lebih baik, tetap gunakan cara Anda memandikan Lovebird seperti kebiasaan sehari-hari.

Apabila setiap hari Anda terbiasa memandikan Lovebird dengan cara disemprot, maka gunakan cara tersebut. Hal ini berpengaruh pada tingkat stres Lovebird. Apabila sering gonta-ganti perawatan, biasanya Lovebird mudah stres.

Baca juga: Rahasia Lovebird Kusumo Kuat Main Berkali-kali

Oleh karena itu, disarankan Lovebird yang sudah mempunyai setingan tertentu, maka jangan diubah-ubah setingan atau perawatannya. Tujuannya agar kualitas suara ngekek Lovebird juga tidak berubah.

Demikian cara Lovebird Kusumo mandi yang mungkin tidak sama dengan Lovebird lain. Terkadang Lovebird fenomenal mempunyai kebiasaan yang tidak dilakukan oleh burung lain. Semoga kenangan cara memandikan Lovebird Kusumo ini bermanfaat dan bisa mengobati rasa kangen Anda kepada Lovebird Kusumo.

Loading...

Pencarian terkait:

  • setingan lovebird bambu gila
  • bambu gila lovrbird
  • Bambu gila untuk lovebird
  • cara seting bambu gila labet paud
  • dengan cara apa labet kusumo dimandikan

Berikan komentar