5 Cara Melatih Cendet Makan Voer yang Benar

Burungnya.com – Burung Cendet atau Pentet mulai langka di pasaran. Coba Anda cari burung tersebut, pasti sudah jarang yang jual. Sekarang yang banyak justru keluarga burung Jalak. Tak heran harga jual burung Cendet relatif lebih mahal.

Kalau mau yang murah, Anda bisa membeli burung Cendet bakalan atau Cendet muda. Beli burung yang masih diloloh, biasanya masih di harga Rp 100.000. Setelah selesai loloh, Anda bisa melatih Cendet makan voer.

Memang pelatihan ini sulit, mengingat Cendet merupakan burung liar yang tergolong ganas. Di alam liar, Cendet bisa makan anak tikus, katak, ular kecil, hingga sesama burung.

Tapi apakah bisa burung Cendet makan voer? Untuk burung kicau atau ocehan, sudah pasti bisa dilatih makan voer.

Baca juga: Burung Cendet Makan Pelet Lele dan Manfaatnya

Cara Melatih Cendet Makan Voer

1. Pemberian voer bertahap

Ingat kalau bayi baru makan bubur, kemudian langsung dikasih nasi, pastinya akan kaget. Jadi, pertama kali burung harus melewati tahap perkenalan.

Cendet harus diperkenalkan dengan voer dulu. Caranya bagaimana? Anda bisa mencampur voer sedikit di makanan lolohan atau makanan bubur.

Sedikit saja porsi voer, misal 20 persen voer, 80 persen bubur. Untuk tahap perkenalan memang seperti itu.

Racikan Pakan Cendet (dof.dk)
Racikan Pakan Cendet (dof.dk)

2. Campur dengan jangkrik

Salah satu makanan kesukaan Cendet adalah jangkrik. Dalam sehari, Cendet bisa makan hingga 10 ekor jangkrik ukuran kecil sampai sedang.

Jadi, untuk memancing agar Cendet mau makan voer, coba tubuh jangkrik dibasahi sedikit kemudian taburkan voer di tubuhnya.

Nanti, voer akan menempel di tubuh jangkrik. Berikan jangkrik tersebut sebagai tahap pengenalan dengan voer. Burung mungkin tidak akan terlalu memperhatikan.

Sebab, dirasakan hanya jangkriknya saja. Sementara, voer ada kemungkinan jatuh atau lepas dari tubuh jangkrik. Meski begitu, pasti sudah ada voer yang tertelan.

Baca juga: 5 Jenis Makanan Burung Cendet Harian Agar Cepat Gacor

Anda tahu sendiri, aroma voer begitu nikmat. Kandungan nutrisi voer juga lengkap. Bila cara ini dilakukan berkali-kali, pasti burung Cendet akan terbiasa makan voer.

Pengenalan ini lakukan setiap hari sampai beberapa minggu. Nanti, lihat perbedaan burung Cendet. Bila sudah terbiasa makan jangkrik campur voer, coba masukkan voer dalam cepuk, lalu diisi dengan jangkrik.

Jangkriknya harus dilemahkan dulu supaya tidak keluar dari cepuk pakan. Nanti bila jangkrik habis, dia akan mencoba makan voer.

Loading...
Ciri-ciri Burung Cendet Siap Mengikuti Lomba di Lapangan (dwybf-gerih.blogspot.com)
Ciri-ciri Burung Cendet Siap Mengikuti Lomba di Lapangan (dwybf-gerih.blogspot.com)

3. Campur voer dengan pisang

Burung Cendet juga suka dengan pisang. Taburkan saja, voer di tubuh pisang. Buka dulu kulit pisang, lalu berikan sayatan untuk menaburkan voer.

Secara kasat mata, pisang tetap utuh, tapi di dalamnya sudah ada voer. Jadi, tanpa sadar, Cendet sudah makan voer. Apakah ini termasuk membohongi Cendet? Tentu tidak, ini hanya mempermudah Cendet mengenal voer.

Soalnya tidak mungkin Cendet diajak berdiskusi agar dia mau mencoba makan voer. Cendet juga tidak bisa baca proposal pengajuan makan voer. Sehingga cara tadi bisa dicoba di rumah.

Baca juga: 12 Pakan EF Cendet yang Bagus dan Perawatannya

4. Tambah porsi voer

Dari tadi, voer diberikan sedikit sekali. Memang untuk perkenalan saja. Sekarang tambah porsi voer karena dia sudah terbiasa makan voer walau sedikit.

Pemberian voer masih dicampur dengan makan lain, tapi porsinya sudah 50 persen voer 50 persen pakan sebelumnya.

Begitu terus sampai Cendet terbiasa. Apabila Cendet sudah mulai suka makan voer dan cenderung tidak suka makanan sebelumnya, tambah lagi porsi voer.

Misalnya, voer 80 persen, sementara makanan lama jadi 20 persen. Ini akan terus bertambah sampai voer 100 persen. Yang terpenting adalah kesabaran dan ketelatenan.

Burung Cendet makan ular predator (rps-science.org)
Burung Cendet makan ular predator (rps-science.org)

5. Cendet makan voer total

Setelah berlatih mengenal voer, akhirnya sekarang berada di tahap Cendet makan voer 100 persen. Pemberian voer bisa dimasukkan di wadah sendiri tanpa dicampur dengan makanan lain.

Kalau sudah begini, berarti Anda setiap hari harus menyediakan voer di dalam sangkar. Ganti rutin voer setiap hari, karena di musim hujan voer mudah jamuran.

Baca juga: 2 Racikan Makanan Burung Cendet Bergizi Agar Rajin Bunyi

Kesimpulan

Demikian beberapa cara melatih Cendet makan voer yang benar. Kami mengatakan cara ini benar karena memang pemberian voer harus melalui tahapan dulu.

Tidak bisa voer langsung diberikan langsung. Nanti Cendet bisa kaget dan stres. Terlebih sistem pencernaan Cendet masih belum siap menerima makanan keras seperti voer.

Jadi, yang paling benar, Cendet harus diperkenalkan dulu dengan voer sedikit demi sedikit. Lalu lama-lama porsi voer ditambah 50 persen, hingga akhirnya 100 persen.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!