7 Cara Melatih Kucing Agar Bisa Dipanggil Namanya Terus Datang

Burungnya.com – Kucing termasuk hewan yang cerdas. Kalau Anda memanggil kucing, maka dia bisa datang menghampiri. Namun, ini diperlukan latihan agar kucing bisa datang saat dipanggil.

Namun latihan kucing seperti apa ya? Latihan ini cuma untuk membiasakan kucing agar mau dipanggil dan langsung datang. Rahasianya adalah hadiah.

Siapa di antara Anda yang tidak suka hadiah. Pasti semua orang suka diberi hadiah. Asalkan hadiahnya bagus atau enak.

Kucing juga suka sekali diberi hadiah. Pilihan hadiah untuk kucing bisa berupa makanan, mainan, hingga elusan lembut.

Cara Melatih Kucing Agar Datang Saat Dipanggil

1. Persiapan Memanggil Kucing

Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti peluit, alat musik tertentu, benda yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian, dan lain-lain.

Buat panggilan yang bisa dikenali kucing, misalnya nada tinggi cing-cing. Peluit dengan nada tinggi. Bisa juga Anda memanggil kucing dengan iming-iming makanan kesukaannya, seperti Tuna tuna.

Setiap memanggil, Anda harus menyiapkan hadiah untuk kucing. Jadi, tunjukkan hadiahnya dulu agar dia tertarik datang dan panggil namanya atau ucapkan pus.

2. Hadiah untuk Kucing

Ya, benar sekali, hadiah memang faktor utama dalam proses latihan memanggil kucing. Begitu kucing datang langsung berikan hadiah walau jumlahnya sedikit.

Sebaiknya memang sedikit agar kucing ketagihan dan minta terus. Semakin sedikit dalam memberikan hadiah, dia akan mendatangi Anda. Hal tersebut diimbangi dengan pembatasan dalam memberikan makanan kucing.

Hadiah berupa makanan dapat dikocok-kocok dulu agar kucing tertarik datang. Biasanya begitu mendengar suara makanan dikocok saja, dia bisa berlari dan mendatangi Anda.

Setelah sampai di depan Anda, berikan hadiah tersebut dan elus lembut bulunya. Dengan cara ini Anda akan membangun hubungan yang baik antara pemiliknya dan kucing peliharaan.

Kucing Datang Saat Dipanggil Namanya (nbcnews.com)
Kucing Datang Saat Dipanggil Namanya (nbcnews.com)

3. Atur Jarak dan Panggil dari Berbagai Situasi

Panggil kucing dengan jarak yang berbeda. Misalnya, Anda di ruang tamu, dia di kamar. Panggil namanya, sampai kucing datang. Bila kucing tidak kunjung datang, mulai dekati dia, misalnya dari kamar sebelah atau depan pintu kamar.

Lama-kelamaan kucing akan penasaran mengapa Anda memanggilnya. Selanjutnya, dalam berbagai situasi, kucing juga harus tetap datang menghampiri Anda.

Contoh kasus, Anda sedang nonton televisi sendirian, panggil dia untuk menemani Anda. Kasus lain, saat Anda sedang makan, panggil juga namanya agar dia datang dan makan bersama, tentunya dia makan dengan menu makanan khusus kucing.

4. Latihan Sebelum Jam Makan atau Saat Lapar

Kucing akan merespon panggilan saat dia dalam keadaan lapar. Jadi, latihan dapat dilakukan sebelum jam makan tiba. Pastikan kucing dalam keadaan lapar, saat Anda panggil pasti dia datang.

Apalagi kalau Anda membawa makanan kucing, walau cuma dibuka sedikit tutupnya, dia kemungkinan juga datang. Sebab, kucing sudah mencium aroma makanan yang lezat.

5. Sesi Latihan Singkat Tapi Sering

Dalam melatih kucing untuk datang saat dipanggil, tidak boleh terlalu lama. Pasalnya, kucing memiliki tingkat fokus yang singkat. Jadi, cukup latihan memanggilnya dalam 5 menit sudah cukup.

Loading...

Misalnya, pagi hari sebelum Anda berangkat kerja, latihan dulu panggil namanya. Nanti, sepulang kerja, juga panggil namanya dan jangan lupa selalu berikan hadiah atau pelukan hingga elusan lembut.

6. Mulai Ganti Hadiah Makanan dengan Mainan

Sesekali coba ganti hadiah makanan dengan mainan. Tujuannya ini mengurangi ketergantungan kucing terhadap makanan.

Contoh, Anda memanggil namanya, begitu dia datang, berikan satu butir camilan dan mainan yang murah meriah tapi dia sukai, Anda juga bisa membuat mainan sendiri.

Selanjutnya latih terus seperti itu sampai dia terbiasa dengan mainan. Nah, nanti lama-lama tidak perlu diberi mainan lagi. Ajarkan kepada kucing agar saat dipanggil harus datang, tanpa harus ada makanan atau mainan.

Cara Melatih Kucing Datang Saat Dipanggil (catfriendly.com)
Cara Melatih Kucing Datang Saat Dipanggil (catfriendly.com)

7. Tips Agar Kucing Berhasil Datang Menghampiri

Ada beberapa tips agar latihan ini berhasil, sebagai berikut:

  • Latihan saat kucing masih kecil.
  • Kucing jangan dihukum saat tidak datang.
  • Jangan menunda hadiah saat kucing datang terlembat.
  • Hindari memanggil kucing saat akan dibawa ke dokter atau situasi yang tidak dia sukai.
  • Kalau kucing kesulitan mendengar, ganti menjadi isyarat visual dengan lampu laser, mainan lampu, dan lain-lain.
  • Hadiah bisa berupa makanan, tapi jangan diberi susu.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara melatih kucing agar datang saat dipanggil namanya. Ingat, sebagian jenis kucing mungkin ada yang menderita tuli atau gangguan pendengaran.

Bila Anda mendapati kucing seperti itu, lebih baik ganti panggilan suara dengan panggilan isyarat visual. Anda bisa membeli lampu laser, mainan yang mengeluarkan cahaya, dan lain sebagainya asalkan bukan korek api.

Baca juga:

Semoga dengan latihan sederhana ini kucing Anda menjadi lebih dekat dengan Anda. Sehingga saat Anda memanggilnya, kucing Anda bisa segera datang.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!