9 Cara Melatih Kucing agar Tidak Pipis Sembarangan

Burungnya.com – Kucing yang belum dilatih biasanya akan pipis atau buang air besar sembarangan. Tentu ini tidak boleh dibiarkan dalam jangka waktu yang lama karena seisi rumah akan sangat bau dan kucing jadi terbiasa buang air sembarangan.

Lantas solusinya seperti apa? Kalau sudah begini Anda harus melatih kucing di rumah agar mau buang air pada tempatnya. Jadi Anda harus menyediakan tempatnya dulu.

Cara Melatih Kucing agar Tidak Pipis Sembarangan

1. Siapkan Bak Pasir Khusus Kucing

Sebenarnya kucing suka dengan kebersihan, tapi dia malu buang air di keramaian. Sehingga, letakkan bak pasir di tempat yang sepi dekat tempatnya istirahat.

Misalnya, letakkan bak pasir di sudut ruangan agar kucing merasa nyaman. Kalau kucing kitten baknya jangan terlalu tinggi. Selain itu, posisi bak pasir harus terbuka sehingga mudah terlihat oleh kucing.

2. Kotoran Dibersihkan dan Tidak Boleh Menumpuk

Setelah kucing mau buang air besar di bak pasir, segera bersihkan kotorannya. Jangan sampai kotoran menumpuk tinggi. Kucing bisa merasa jijik dan tidak mau memakai kotak pasir lagi.

Selain itu, kotoran menumpuk bisa menjadi sumber penyakit. Apalagi kotoran kucing baunya tak sedap. Nanti penghuni rumah jadi merasa tak nyaman.

Cara Melatih Kucing Tidak Pipis Sembarangan (pets.webmd.com)
Cara Melatih Kucing Tidak Pipis Sembarangan (pets.webmd.com)

3. Letakkan Kucing di Bak Pasir Setelah Makan

Biasanya setelah makan, kucing akan langsung buang air besar atau pipis. Nah, di waktu-waktu tersebut Anda bisa membiasakan kucing berada di bak pasir. Begitu selesai makan, angkat kucing ke bak pasir. Biarkan dia di situ dulu dan pipis di situ.

Kucing yang makan makanan padat akan buang air besar. Sementara kucing yang makan makanan halus atau berair maka akan lebih sering buang air kecil.

4. Kucing Dimasukkan Ruangan yang Ada Bak Pasir

Salah satu teknik agar kucing mau buang air di tempatnya yaitu mengurung kucing di dalam ruangan yang ada bak pasirnya. Ini sebenarnya tergolong memaksa tapi untuk belajar tidak masalah.

Nanti setelah kucing terbiasa pipis atau buang air di tempatnya, dia bisa dilepas lagi. Cara ini hanya untuk mengenalkan kucing dengan toiletnya sendiri.

5. Latihan Buang Air di Toilet atau Closet

Sama seperti sebelumnya, sebenarnya Anda bisa membiasakan kucing agar dia mau buang air di closet atau toilet.

Caranya, letakkan bak pasir atau litter box di atas closet. Beri jalur atau tangga agar kucing mudah menjangkau bak pasir tersebut.

Kurung kucing di dalam toilet begitu selesai makan. Biarkan dia pipis dan pup di situ. Lama-kelamaan kucing akan mengetahui tempatnya buang air atau pipis.

Walau bak pasir diambil, kucing akan tetap buang air besar di closet. Sebab, dia sudah terbiasa buang air di sana.

6. Menambah Jumlah Bak Pasir

Jika selama ini Anda cuma menyediakan satu bak pasir, maka mulai sekarang tambahlah. Misalnya, setiap ruangan diberi satu bak pasir. Dengan begitu, kucing tidak akan buang air sembarangan.

Kucing sebenarnya juga tidak suka pipis sembarangan, tapi karena berbagal hal dia masih tetap melakukannya. Contoh, kucing ingin mencari perhatian pemiliknya, kucing yang baru diadopsi, dan kucing yang belum bisa adaptasi.

Loading...

7. Ganti Pasir dan Bersihkan Bak Pasir

Setelah bak pasir dipakai kucing, sebaiknya segera bersihkan kotorannya. Lalu, ganti pasirnya dan bersihkan pula bak pasirnya.

Agar kucing mengenali bak pasir pribadinya, sebaiknya sisakan sedikit pasir yang biasa digunakan. Pilih pasir yang bersih dan tidak kena kotoran.

8. Agar Kucing Tidak Menandai Lokasi dengan Pipis

Bagaimana caranya agar kucing tidak pipis sembarangan untuk menandai tempat? Mudah saja, kita harus mengawasi kucing mulai dari waktu makan sampai setelah makan.

Begitu kucing selesai makan atau minum, bawa dia ke bak pasir atau toilet. Sementara kurung kucing dulu di dalam ruangan yang ada bak pasirnya. Pastikan ruangan tersebut tidak terlalu banyak barang, sehingga dia mengetahui ada bak pasir untuk buang air.

Kalau mau lebih mudah, masukkan saja kucing ke dalam toilet dan tunggu sampai dia buang air.

Latihan Kucing Agar Tidak Buang Air Sembarangan (thesprucepets.com)
Latihan Kucing Agar Tidak Buang Air Sembarangan (thesprucepets.com)

9. Latih Kucing Agar Terbiasa di Dalam Litter Box

Kucing harus dilatih agar terbiasa menggunakan litter box atau bak pasir. Caranya, keluarkan pasir dan ganti dengan makanan kering.

Nanti setelah kucing makan, ganti makanan dengan pasir lagi. Walau membutuhkan usaha ekstra, tapi kucing akan mengetahui bahwa makan dan buang air harus dilakukan di bak tersebut.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara melatih kucing agar tidak pipis sembarangan. Sebenarnya kucing butuh media untuk buang air. Setelah dia diberi bak pasir, pasti dia akan pipis di tempat tersebut.

Soalnya, secara naluri kucing lebih suka buang air di pasir. Kucing tidak suka buang air sembarangan, kecuali untuk menandai wilayahnya agar tidak dikuasai kucing lain.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!