7 Cara Melatih Kucing Rumahan Jadi Penurut

Burungnya.com – Siapa yang tidak suka memelihara kucing penurut. Kucing yang nurut pasti seru sekali diajak main. Untuk mendapatkan kucing seperti ini diperlukan latihan terlebih dahulu.

Anda tidak bisa langsung membeli kucing penurut karena kemungkinan saat pemiliknya berbeda, maka kucing tidak akan nurut lagi.

Kucing rumahan terkadang bergantung pada perawatan pemiliknya. Apabila pemilik selalu sayang dan suka melatih kucing, pasti kucing tersebut akan sayang dan menuruti perintah pemiliknya.

Berbeda bila Anda cuma memberi makan dan minum saja. Kemudian kucing dimasukkan di dalam kandang sepanjang hari, kucing tidak akan nurut dan justru bisa stres.

Cara Melatih Kucing di Rumah Agar Jadi Penurut (petsnap.com)
Cara Melatih Kucing di Rumah Agar Jadi Penurut (petsnap.com)

Cara Melatih Kucing Jadi Penurut

Ada yang bisa dilakukan agar kucing yang tadinya liar bisa menjadi penurut. Di dunia ini tidak ada yang mustahil, hanya saja kita harus berusaha dan tidak mudah putus asa.

1. Perawatan Sejak Kucing Masih Anakan

Sebaiknya kucing dilatih sejak usia 2 minggu atau saat kucing sudah tidak berjalan secara sempoyongan. Kucing harus dilatih untuk memperkuat bonding atau ikatan dengan pemiliknya.

2. Camilan dan Mainan untuk Hadiah

Sebelum latihan berlangsung sebaiknya persiapkan dulu hadiahnya. Hadiah kucing bisa berupa camilan, catnip, serta mainan. Apabila kucing berperilaku baik, maka berikan hadiah tersebut.

Selain itu, hadiah ini bisa membuat kucing lebih fokus dan tidak terdistraksi. Kucing bisa menerima latihan yang kita berikan secara fokus.

Camilan bisa berupa makanan padat atau krim. Kalau mainan kucing, Anda bisa memberikan mainan bulu. Khusus untuk catnip efeknya bisa dirasakan di usia 3-6 bulan.

3. Jangan Diberi Hukuman

Walau Anda kesal dan marah pada kucing tersebut, sebaiknya lampiaskan kekesalan Anda pada sesuatu yang lain. Kucing yang diberi hukuman karena melakukan kesalahan, biasanya kucing bisa stres dan lari ketakutan.

Lebih baik, hukuman tersebut diganti dengan tindakan positif agar kucing bisa berubah. Kalau dihukum, kucing bisa kehilangan kepercayaan dari Anda.

4. Pakai Clicker

Ada salah satu khusus untuk melatih kucing, namanya clicker. Alat ini bunyinya klik klik klik yang ditujukan untuk melatih kucing lebih fokus.

Setiap kali Anda meminta dia melakukan sesuatu, kalau berhasil bunyikan klik dan beri hadiah berupa camilan. Suara klik dan camilan menjadi penanda bahwa Anda akan memberikan hadiah.

Loading...

5. Latihan Jangan Terlalu Lama

Kalau bisa buat sesi latihan yang pendek saja. Kucing mudah sekali bosan. Kalau Anda memberikan sesi latihan yang lama, nanti dia tidak fokus lagi.

Jadi latihan selama 15 menit sudah cukup. Lebih dari itu, kucing bisa bosan dan kelelahan. Kalau kucing lelah, nanti dia kecapekan dan akhirnya tidak mau latihan lagi.

Beri perintah yang sama. Jika kucing sudah bisa, lanjut ke perintah berikutnya. Jangan pernah melompat-lompat perintah biar kucing tidak lupa.

6. Latihan Buang Kotoran

Agar kucing pintar di rumah, sebaiknya kucing juga dilatih di rumah, terutama latihan buang kotoran di litter box. Ini penting karena kotoran kucing sangat menyengat dan baunya tidak sedap.

Cara melatihnya, kucing selalu disediakan beberapa kotak untuk buang kotoran. Terus setiap selesai makan, kucing langsung didekatkan pada kotak litter box.

Nanti, kucing menjadi terbiasa, sehingga setelah selesai makan atau minum, kucing akan langsung buang kotoran di tempat tersebut.

Jangan lupa langsung bersihkan kotorannya dengan cara mengganti pasir atau membuang pasir yang menggumpal. Jika dibiasakan seperti itu, kucing akan lebih pintar buang kotoran di kotak pasir.

7. Kucing Dielus Manja

Kesukaan kucing dielus-elus, tapi secara lembut. Dengan begitu, kucing akan semakin manja kepada Anda.

Kalau kucing dielus atau dibelai biasa saja, nanti hubungan emosionalnya kurang merasuk. Jadi, sesekali coba elus, peluk, belai, dan sentuh bagian leher, dagu, dan kepala.

Nanti kucing akan mengeluarkan suara eeerrrr, itu tandanya kucing merasa nyaman. Setiap kali Anda melihatnya langsung elus di bagian tersebut akan dia menyukai Anda.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara melatih kucing rumahan jadi penurut. Kucing rumahan memang harus menuruti majikannya. Kalau kucing kampung, sifatnya liar karena tidak memiliki majikan.

Jadi Anda yang mempunyai kucing rumahan, jangan cuma dimasukkan kandang saja, tetapi juga dilatih agar dia bisa diajak bermain dan melakukan aktivitas bersama.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!