Skip to content

5 Cara Melatih Lovebird Gacor dan Ngekek Panjang

Cara Melatih Lovebird Gacor dan Ngekek Panjang

Burungnya.com – Membuat Lovebird ngekek panjang bukanlah hal mudah. Kecuali burung tersebut sudah mempunyai trah ngekek panjang dan gacor.

Apabila Anda beli Lovebird di ombyokan, tentu mainnya gambling. Anda mungkin bisa mendapatkan Lovebird gacor. Jika tidak, berarti Anda harus melatih Lovebird supaya gacor dan ngekek panjang.

Untuk melatih burung Lovebird memang bukan hal mudah. Diperlukan pengetahuan, keuletan, ketelatenan, dan ketekunan dari pemiliknya.

Pasalnya, bila Anda melatih burung setengah-setengah, nanti burung tidak bisa optimal perfomanya. Dia mungkin bisa gacor tapi tidak di semua kondisi.

Baca juga:

Cara Melatih Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang

Cara Melatih Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang dan Gacor

Cara Melatih Burung Lovebird Agar Ngekek Panjang dan Gacor

1. Pengembunan Subuh

Namanya pengembunan, tentunya dilakukan saat matahari belum terbit, atau saat solat Subuh. Sekarang Subuh sekitar jam 04.00. Jadi, Anda bisa mulai mengembunkan Lovebird setelah solat Subuh.

Setelah pengembunan, Lovebird disemprot halus menggunakan sprayer. Namun, posisi burung berada di bawah, bukan digantung.

2. Pemandian Lovebird

Burung Lovebird tadi sudah disemprot, berarti sudah mandi. Apakah Lovebird tidak perlu mandi lagi?

Dalam hal ini Lovebird boleh dimandikan lagi menggunakan keramba atau cepuk wadah besar.

Kapan Lovebird dimandikan? Anda bisa memandikan Lovebird saat malam hari dan saat hujan turun.

Mandi malam Lovebird dilakukan sehabis solat Isya. Kalau mandi hujan, dilakukan saat hujan turun rintik-rintik. Durasi mandi hujan cukup 10-20 menit saja.

Setelah mandi hujan, bilas burung dengan air bersih. Tujuannya agar bulu Lovebird tetap bersih. Sebab, air hujan terkadang mengandung polusi yang kotor.

3. Lovebird Digantung dengan Penerangan Minim

Burung Lovebird pada dasarnya tidak suka pencahayaan yang terlalu terang atau gelap. Sehingga burung Lovebird bisa diterangi dengan lampu bohlam kuning satu saja dalam ruangan.

Suasana malam yang sejuk dan lampu remang-remang membuat burung Lovebird menjadi tenang serta nyaman.

Dengan begitu, Lovebird akan ngekek panjang dan gacor. Apakah burung perlu dikerodong?

Hal ini tergantung dari kondisi sekitar dan burung itu sendiri. Apabila kondisi dingin dan banyak serangga, Anda bisa mengerodong burung. Namun, bila malam tidak terlalu dingin, Anda tidak perlu mengerodongnya.

4. Makanan Burung Lovebird

Apa saja makanan burung Lovebird biar gacor dan ngekek panjang? Seperti biasa, makanan Lovebird cukup milet putih saja.

Untuk menjaga kondisi burung agar tetap sehat dan bugar, Anda bisa memberikan sayur bayam dalam bentuk lembaran yang sudah dicuci bersih.

Pemberian bayam bisa digantung di dinding sangkar. Bayam bisa membuat burung Lovebird menjadi kuat bermain lomba sampai beberapa sesi sekaligus.

5. Masteran Burung Lovebird

Agar Lovebird ngekek panjang, Anda harus memaster Lovebird dengan suara burung isian panjang.

Contoh burung dengan suara panjang adalah Kenari, belalang emas, Cililin, Cucak Jenggot, Tengkek Buto, dan Ciblek Gunung.

Putar saja salah satu suara burung tadi dari YouTube. Lalu biarkan Lovebird mendengarkan suara isian masteran.

Waktu pemasteran Lovebird bisa dilakukan mulai dari pagi sampai siang. Di waktu tersebut burung sedang tidak terlalu aktif sehingga akan mendengarkan suara masteran dengan baik.

Kalau malam tidak perlu dimaster karena burung harus beristirahat. Jangan ganggu burung istirahat dengan suara masteran. Nanti dia tidak bisa tidur.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara melatih Lovebird agar gacor dan ngekek panjang. Latihan ini sebenarnya dulu dipopulerkan oleh Lovebird Kusumo.

Namun, Lovebird fenomenal tersebut sudah mati. Walau begitu, namanya tetap dikenang kicau mania. Bahkan, proses perawatannya masih bisa ditiru sampai sekarang.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.