Cara Melatih Lovebird Rajin Ngekek (tokopedia.com)

10 Cara Melatih Lovebird Rajin Ngekek, Stop Makan Sebelum Kenyang

Burungnya.com – Selama ini Anda mungkin pernah mendengar bahwa orang yang banyak makan sampai kenyang selalu malas-malasan. Ternyata hal seperti ini juga berlaku pada burung Lovebird. Jadi, jika ingin melatih Lovebird rajin ngekek panjang, maka salah satunya jangan biarkan Lovebird kenyang atau stop pemberian pakan sebelum dia kenyang.

Burung yang kebanyakan makan akan gemuk sehingga malas untuk berkicau atau bergerak. Lovebird cenderung diam di dasar sangkar atau malah tidur karena kekenyangan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka berikan aturan waktu pola makan agar Lovebird tidak terlalu kenyang.

Sayangnya, cara pelatihan Lovebird ini hanya dapat dilakukan bagi kicau mania yang fokus memelihara burung di rumah. Untuk para pekerja kantoran mungkin akan kesulitan melakukan latihan membuat Lovebird rajin ngekek. Pasalnya, hampir setiap beberapa jam sekali, pakan Lovebird dicabut dari sangkar. Tujuannya agar Lovebird tidak banyak makan.

Makanan burung Lovebird biar Cepat Gacor dan Ngekek Panjang (birdeden.com)
Makanan burung Lovebird biar Cepat Gacor dan Ngekek Panjang (birdeden.com)

Cara Mengatur Waktu Pola Makan Lovebird

  1. Setelah Lovebird mandi di pagi hari, berikan pakan sekitar jam 07.00.
  2. Memasuki jam 09.00 wadah pakan Lovebird dikeluarkan dari sangkar.
  3. Burung Lovebird dapat diangin-anginkan di tempat yang teduh dan sejuk.
  4. Kalau sudah waktunya makan siang sekitar jam 12.00 pakan burung diberikan lagi.
  5. Saat makan siang, tambahkan pula Extra Fooding (EF) kesukaan Lovebird, seperti jagung, biji kuaci, atau sayuran lainnya.
  6. Setelah 1 jam makan enak, sekitar jam 13.00 siang keluarkan wadah pakan lagi.
  7. Nanti jam 17.00 sore pakan burung dimasukkan lagi ke dalam sangkar.
  8. Sebelum Anda tidur cabut pakan Lovebird supaya burung tidak kekenyangan di keesokan harinya.
  9. Apabila burung terbiasa dikerodong, maka saat akan mengerodong burung, keluarkan wadah pakannya.
  10. Jangan biasakan Lovebird makan terlalu banyak di malam hari karena dapat membuatnya obesitas atau kegemukan.

Syarat Latihan Lovebird Rajin Ngekek

Latihan burung Lovebird agar rajin bunyi ini tidak baku. Artinya Anda dapat memodifikasi waktunya sendiri. Intinya, buat Lovebird tidak terlalu kenyang dengan cara mengeluarkan dan memasukkan pakan.

Loading...

Perlu Anda ketahui, sebelum menjalankan pola latihan puasa makan ini Anda harus memastikan Lovebird dalam keadaan sehat, tidak sakit, tidak mabung, tidak sedang dalam menjalani terapi khusus, atau tidak menjelang lomba.

Selain Lovebird, terapi lapar ini juga dapat diterapkan pada burung Kenari. Sebab, Kenari tidak pernah berhenti makan. Makanan yang diberikan di dalam sangkar akan selalu dimakan sampai habis. Nah, guna membuat tubuh Kenari tidak terlalu gemuk, maka pengaturan jam makan sangat dianjurkan.

Makanan Lovebird (birdeden.com)
Makanan Lovebird (birdeden.com)

Kesimpulan

Demikian cara melatih Lovebird rajin ngekek setiap hari dengan terapi lapar. Burung sebenarnya tidak dibiarkan kelaparan tetapi hanya diatur pola pemberian pakannya. Bila mayoritas kicau mania memberikan pakan setiap saat, tetapi untuk cara ini dapat diberikan setiap beberapa jam sekali.

Baca juga: 

Manfaat dari terapi lapar ini akan menjadikan burung Lovebird selalu aktif berkicau, tidak malas, tidak tidur-tiduran, dan rajin ngekek panjang. Apabila latihan ini dilakukan secara konsisten, Lovebird bisa ngekek panjang dan konslet di lapangan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • terapi lapar lovebird
  • Perawatan lb puasa
  • mengatasi lovebird makan banyak
  • mengatasi lovebird banyak makan
  • Manfaat terapi lapar untuk lb
  • Manfaat lovebird berpuasa malam
  • lovebird puasa
  • jam makn lb terapi lapar
  • Efek lovebird terapi lapar
  • terapi makan untuk lovebird

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!