Cara Melatih Mental Cendet dan Ciri Cendet yang Bagus (wikipedia.org)

15 Cara Melatih Mental Cendet dan Ciri Cendet yang Bagus

Burungnya.com – Sebelum memberi pelatihan mental pada burung Cendet, Anda harus memiliki Cendet yang Bagus. Tujuannya agar Anda semakin mudah melatihnya. Kalau yang dilatih Cendet biasa-biasa saja, tentu hasilnya tidak maksimal, dan mungkin Anda hanya buang-buang waktu.

Bukan berarti Cendet biasa kurang bagus. Hanya saja proses pelatihannya akan semakin lama. Berbeda dengan Cendet yang sudah bagus, maka dilatih sedikit saja, dia langsung gacor dan mentalnya fighter.

Nah, ciri Cendet yang bagus seperti apa? Anda dapat mengetahui Cendet yang bagus atau tidak dari bentuk tubuhnya. Dari fisik burung sebenarnya sudah kelihatan apakah Cendet ini bagus atau biasa-biasa saja.

Ciri Cendet yang Bagus

  • Sorot mata tajam dan jeli.
  • Gerakan burung Cendet sangat gesit.
  • Sayap kanan dan kiri sama atau seimbang.
  • Bagian dubur bersih dan tidak ada kotoran.
  • Suara Cendet sangat keras.
  • Cendet memiliki mental fighter dan tidak takut sama burung lain.
  • Burung kelamin jantan.
  • Warna bulu tegas mengilap dan tidak kusam.
  • Paruh besar dan panjang.
  • Lubang hidung dekat dengan mata.
  • Leher panjang padat berisi dan tubuh sedang.
  • Sayap mengapit rapat ke tubuh.
  • Cengkeraman kaki kuat dan kering.
  • Kepala berukuran besar.

Setelah mengetahui ciri Cendet yang bagus, saatnya menjalankan terapi latihan mental untuk burung Cendet. Mengapa Cendet harus dilatih mental? Sebab, burung Cendet termasuk burung teritorial yang fighter.

Sehingga sebisa mungkin, burung Cendet harus sedikit galak, fighter, dan memiliki mental jawara. Burung-burung seperti ini akan terlihat lebih garang seperti burung Elang. Bahkan, kalau di alam, burung Cendet juga berburu mangsa seperti tikus dan burung kecil lainnya.

Latihan Mental Cendet yang Bagus (ebird.org)
Latihan Mental Cendet yang Bagus (ebird.org)

Cara Melatih Mental Burung Cendet

1. Gantang Cendet dengan Burung Lain

Burung Cendet tidak suka wilayahnya ditinggali burung lain. Oleh karena itu, pancing emosinya dengan menggantang Cendet bersamaan burung lain. Jenis burung yang cocok untuk pendamping Cendet adalah Tengkek Buto, Poksay Jambul, Ekek Keling dan lain-lain.

2. Memaster dengan Burung Suara Kasar

Suara burung kasar yang cocok untuk masteran Cendet di antaranya Ciblek, Cililin, Tengkek Buto, Cucak Jenggot, dan lain sebagainya.

3. Terapi Mandi Malam

Anda bisa memandikan Cendet pada malam hari seminggu dua kali. Waktu pemandian burung bisa setelah solat Isya, yang penting jangan terlalu malam, nanti burung kedinginan. Pemandian bisa disemprot halus atau mandi sendiri.

4. Terapi Semprot Embun

Siapkan 5 liter air atau semprotan sampai 5 wadah. Pagi-pagi burung disemprot embun lembut sampai 5 wadah kemudian diberi 5 ekor jangkrik. Selanjutnya jemur Cendet selama 2 jam, lalu angin-anginkan di tempat sejuk. Sore harinya burung diberi 5 ekor jangkrik dan dikerodong sampai besok pagi.

5. Jangan Beri Makan Langsung dengan Tangan

Berikan makanan Cendet di cepuk, jangan diberi langsung menggunakan tangan. Takutnya nanti Cendet malah tidak fighter, melainkan tambah manja atau miyik. Burung yang sudah miyik sulit sekali dibuat fighter. Anda juga tidak disarankan menggoda burung menggunakan tangan. Gantung saja burung di tempat tinggi seperti burung Perkutut.

6. Beri Pakan Extra Fooding Hidup

Agar mental berburunya tidak menurun, berikan pakan extra fooding hidup, seperti jangkrik, cicak kecil, kadal kecil, cacing, belalang, katak kecil, tikus putih kecil, hingga burung kecil. Tujuannya agar naluri predator Cendet meningkat dan mentalnya bertambah.

Loading...

7. Terapi Suara Alam

Burung dilatih seolah-olah berada di alam sungguhan. Anda bisa menciptakan suara alam seperti di hutan, menggukan audio suara gemericik air, air sungai, air terjun, deburan ombat laut, air hujan, dan lain-lain.

8. Letakkan Cendet di Aliran Air

Cari aliran air di sekitar rumah, bisa pengairan, sungai, hingga pancuran air. Lebih mudah lagi, bila Anda mempunyai kolam ikan buatan yang ada suara gemericik airnya. Dekatkan burung Cendet di situ, biar stres hilang dan mental lebih fighter.

9. Ajak Burung ke Gantangan

Untuk menciptakan Cendet fighter, berarti burung harus dibawa ke lokasi perlombaan secara langsung. Oleh karena itu, cari lokasi gantangan di dekat rumah Anda, terus gantung burung di sekitar lokasi tersebut. Anda tidak perlu mengikutkan burung lomba, tetapi cukup memperlihatkan burung pada burung lain yang sedang bertarung di arena lomba.

10. Beli Beberapa Burung Cendet

Jika memiliki uang lebih, coba beli beberapa Cendet yang kualitasnya lebih rendah dari burung gacoan Anda. Ini dilakukan agar burung Anda lebih percaya diri saat melihat burung lain yang kualitasnya lebih rendah. Beli saja burung Cendet ombyokan di pasar burung agar harganya lebih murah.

11. Tangkringan Dibuat Nyaman

Kalau Cendet sudah nyaman dengan tangkringan yang lama, maka jangan diganti-ganti lagi. Selain itu, posisi tangkringan juga tidak boleh diganti agar burung merasa nyaman.

12. Wadah Pakan Minum Cendet

Ada apa dengan wadah pakan minum Cendet? Usahakan pakan minum Cendet selalu terisi dan ganti setiap hari. Kemudian, posisi wadah pakan minum usahakan selalu sama agar burung tidak kebingungan saat akan makan atau minum.

13. Vitamin Burung Cendet

Secara berkala berikan vitamin pada burung Cendet. Pilih vitamin yang mengandung adenonin triphospate untuk mengembalikan mental burung yang drop.

14. Jangan Memanjakan Burung

Usahakan burung Cendet selalu mandiri, dalam artian burung harus mengambil makan sendiri, minum sendiri, dan kalau perlu mandi sendiri. Segala bentuk bantuan pada burung Cendet bisa membuatnya manja dan menurunkan tingkat mentalnya.

15. Bersihkan Sangkar

Burung Cendet suka kebersihan, sehingga Anda harus membersihkan sangkar Cendet setiap hari. Saat burung dimandikan pagi hari, Anda bisa sekali membersihkan sangkarnya. Bersihkan pula kotoran dan ganti pakan minum agar selalu fresh.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa cara melatih mental Cendet dan ciri Cendet yang bagus. Dalam pelatihan Anda harus mengutamakan Cendet yang berkualitas bagus dulu. Sebab, Cendet yang kurang bagus butuh perawatan dan pelatihan yang lama.

Kalau waktu Anda terbatas, lebih baik latih dulu Cendet yang bagus, kemudian baru dilanjutkan pelatihan pada Cendet yang kurang berkualitas. Yang penting fokus latihan mental pada burung Cendet gacoan saja.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cendet galak fighter

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!