12 Cara Melatih Mental Kenari Lomba agar Suara Kristal dan Gacor

Burungnya.com – Tahukah Anda, latihan Kenari lomba lebih difokuskan pada mental dan pemasteran. Ini bertujuan untuk membuat performa Kenari lebih fighter saat melawan burung lainnya.

Sudah semestinya burung lomba dilatih mentalnya karena kalau di rumah mungkin tiada lawan, tapi di lomba musuhnya banyak sekali. Selain mental, suara isian juga penting biar suaranya lebih bervariasi.

Latihan Kenari untuk lomba bisa dilakukan setiap atau hari-hari menjelang lomba. Namun, perhatikan pula kondisi fisik burung. Kalau burung sampai kelelahan takutnya nanti justru tidak maksimal kerjanya.

Sepenting apa latihan mental pada burung Kenari? Banyak hal positif yang akan didapat burung Kenari bila dia dilatih mentalnya.

Manfaat Latihan Mental pada Kenari

  • Membuat Kenari berani tampil di mana saja, termasuk rumah, pinggir jalan, sampai lomba.
  • Supaya mental Kenari tidak drop saat bertemu lawan di lomba.
  • Burung Kenari cepat bunyi saat bertemu lawan.
  • Kenari tidak telat bunyi di lapangan.
  • Burung Kenari percaya diri dengan kemampuannya.
  • Kenari tidak malu saat bertemu lawan.
  • Burung Kenari berani berhadapan dengan Kenari yang lebih gacor.

Cara Melatih Mental Kenari

Untuk melatih mental Kenari biar fighter, diperlukan teman sparing yang sepadan. Anda akan kesulitan bila mengandalkan suara masteran MP3.

1. Kenari Dilatih dengan Kenari Lain

Agar mentalnya fighter, Kenari ditempel dengan burung Kenari lain yang memiliki mental fighter atau sudah mapan.

Usahakan gurunya berasal dari Kenari gacor yang sudah cukup mapan usianya. Kemudian burung Anda harus lebih muda agar dia mudah mempelajari teknik mental yang dimiliki burung Kenari senior.

2. Ajak Kenari ke Lapangan Lomba

Sering-seringlah mengajak Kenari ke lapangan lomba. Tujuannya untuk memperkenal situasi di lomba. Burung tidak perlu diikutkan lomba. Kenari cukup diperlihatkan kondisi burung-burung lain saja di sana.

3. Buat Komunitas Latihan Kenari

Jika di kota Anda banyak kicau mania yang memelihara Kenari, maka bikin juga komunitas latihan Kenari. Nantinya, rumah anggota yang dekat bisa latihan bersama dengan ngetrek burung setiap sore.

Apabila Anda tidak ingin ikut komunitas, ajak saja tetangga atau teman yang biasa ikut latberan.

Latihan Mental Kenari Lomba (pinterest.com)
Latihan Mental Kenari Lomba (pinterest.com)

4. Gantung Kenari di Lokasi Berbeda

Agar mental Kenari lebih berani, coba gantung Kenari di berbagai tempat yang berbeda. Misalnya, pagi digantung di depan rumah.

Kalau sudah agak siang burung di gantung di dalam rumah. Sore hari Kenari dikeluarkan lagi di samping rumah atau di belakang rumah.

Nah, kalau malam, burung bisa diletakkan di ruang tengah yang banyak aktivitas keluarga.

5. Tambah Tangkringan

Tangkringan Kenari Anda bisa ditambah 1-2 di dalam sangkar. Ini membantu burung mengeksplore berbagai sudut kandang.

Loading...

Sehingga Kenari bisa hinggap di tangkringan atas atau bawah. Yang penting burung Kenari lebih berani eksplore tempat dan berani berkicau di manapun.

6. Mandi Lebih Sering

Bila biasanya Kenari cuma mandi sekali sehari. Sekarang coba tambah frekuensi mandinya menjadi 2-3 kali sehari. Kenari bisa dimandikan pada pagi hari, sore hari, dan malam hari.

7. Penjemuran Sebentar Saja

Kalau mandi dipersering frekuensinya, berbeda dengan frekuensi jemur. Burung bisa dijemur sebentar saja, sekitar 30 menit sudah cukup.

8. Umbaran Lebih Lama

Jika Anda punya kandang besar dan panjang, sering-seringlah mengumbar burung Kenari. Ini untuk latihan pernapasan dan fisik Kenari.

Baca juga:

9. Kondisi Burung Sehat

Selalu pastikan kondisi Kenari dalam keadaan sehat. Bersihkan kotoran burung Kenari setiap hari. Ganti pakan minum setiap hari dan jangan sampai telat.

10. Latihan Suara Kristal

Kenari suara kristal sebenarnya sudah bawaan lahir. Namun, suara kristal dapat dilatih. Caranya, Kenari ditempatkan di ruangan yang tertutup dan kosong. Sehingga suaranya sendiri menjadi menggema.

Lama-kelamaan Kenari akan terbiasa berkicau kristal. Anda juga bisa memancing suara kristalnya menggunakan suara masteran.

11. Kenari Gacor Panjang

Agar Kenari bisa gacor panjang, maka latihannya adalah umbaran. Latihan umbaran bisa diperlama sampai 1 jam. Kemudian burung dijemur sekitar 30 menit.

Umbaran dilakukan di teras yang teduh agar burung tidak terlalu lelah dan tidak kepanasan. Setelah diumbar, istirahatkan burung sebentar. Lalu, burung dijemur di bawah sinar matahari selama 30 menit.

12. Latihan Di Pinggir Jalan Ramai

Kenari bisa semakin fighter mentalnya bila dilatih di pinggir jalan. Pertama burung Kenari di area yang banyak dilalui banyak orang. Setelah burung terlihat berani, coba pindah ke pinggir jalan yang banyak dilalui kendaraan.

Latihan ini mungkin awalnya cukup menyiksa. Namun, bila burung sudah terbiasa, maka dia tidak akan stres dan justru bertambah berani.

Kesimpulan

Demikian cara melatih mental Kenari lomba agar suaranya kristal dan gacor. Burung Kenari mental fighter harus dilatih terus menerus dengan burung yang gacor.

Kalau latihan Kenari dilakukan dengan burung yang levelnya di bawahnya, tentu dia tidak akan berkembang. Namun, latihan ini harus bertahap agar mentalnya tidak down secara langsung.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!