8 Cara Melatih Merpati Balap Terbang Cepat

Burungnya.com – Belakangan ini lomba Merpati Balap mulai digandrungi banyak pecinta burung. Mungkin karena masa pandemi virus Corona yang diharuskan lebih banyak beraktivitas di rumah membuat sebagian masyarakat bosan dan akhirnya menyalurkan hobi ke burung Merpati Balap.

Nah, dalam dunia Merpati Balap, tentu yang dinilai adalah kecepatan. Juri mencari burung mana yang bisa terbang cepat. Burung jantan diminta terbang dari garis start menuju garis finish untuk menemui burung betina.

Siapa yang paling cepat terbangnya akan dinyatakan sebagai pemenang. Bagaimana cara membuat Merpati Balap terbang cepat? Sudah pasti ini karena pengaruh staminan, performa, latihan, dan tentunya birahi ke Merpati betina.

Ini seperti para suami yang sudah tidak tahan ingin bercumbu dengan istrinya. Birahi Merpati jantan sangat tinggi, dia butuh menyalurkan birahi kepada burung betina. Tak heran, dia langsung terbang melesat cepat ke Merpati betina.

Merpati Balap Terbang Cepat (biologists.org)
Merpati Balap Terbang Cepat (biologists.org)

Cara Melatih Merpati Balap Terbang Cepat

1. Burung Merpati Jantan dan Betina Harus Giring Keket

Anda harus memastikan bahwa kedua burung Merpati, baik jantan dan betina sudah giring keket. Artinya hubungan keduanya sangat erat seperti suami istri yang saling mencintai dan tidak akan terpisahkan.

Nah, birahi Merpati bisa sangat tinggi atau pada puncaknya setelah 1 hari burung bertelur yang kedua. Namun, di waktu-waktu yang lain, Merpati juga bisa over birahi.

2. Jamu atau Obat Merpati Giring Keket

Untuk mempercepat Merpati giring keket, Anda bisa memberikan jamu atau obat kuat. Jamu seperti ini dijual di kios-kios burung atau ecommerce.

3. Buat Merpati Jantan Cemburu

Setelah diberi jamu, buat Merpati jantan cemburu kepada betina. Caranya, lepaskan Merpati jantan pada jam 09.00 – 11.00. Kemudian Merpati betina disandingkan satu kandang dengan Merpati jantan yang lain.

Otomatis, burung jantan pasangannya akan marah dan cemburu. Dari situ, birahi pejantan akan semakin membara. Goda burung jantan dengan mengepakkan sayap Merpati betina.

Lakukan latihan ini selama 5 hari berturut-turut. Durasi latihan birahi ini bisa disesuaikan sendiri, tapi sehari kalau bisa 4 kali. Kadang-kadang selipkan kepala Merpati jantan ke ketiak Merpati betina.

4. Latihan Merpati Balap Terbang

Setelah latihan birahi selama beberapa hari. Sudah pasti birahi pejantan ada pada puncaknya. Bagaimana tidak, pejantan cuma dipameri keindahan tubuh betina, tapi tidak bisa menyentuh sama sekali.

Selanjutnya latihan pejantan mendekati betina. Caranya, letakkan kandang betina atau burung betina di tempat agak jauh. Lepas Merpati jantan dan biarkan terbang menghampiri burung betina.

Awalnya buat jarak yang dekat dulu, kemudian jaraknya diperjauh agar nantinya di perlombaan sesungguhnya bisa tetap bagus terbangnya.

Anda bisa latihan di teras rumah dulu, kemudian pindah ke jalan, dan pindah lagi ke lapangan atau sawah lapang. Kalau Merpati Anda sudah mahir, baru Anda ikut lomba.

5. Waktu Latihan Terbang

Anda bisa melatih Merpati terbang pada jam-jam yang tiupan anginnya tidak terlalu kencang, seperti jam 08.00 – 09.00. Rentang waktu ini bisa dijalankan pada Merpati bakalan.

Kalau Merpati dewasa, Anda bisa melatihnya pada jam 15.00 – 17.00. Oh iya, waktu seperti ini cukup terang karena senja di sore hari masih kelihatan jelas.

Namun, bila sudah mendekati gelap, sebaiknya segera akhiri latihannya. Ini dilakukan agar burung tidak hilang dan kesulitan mencari pasangan.

Biasanya Merpati yang dilatih mendekati waktu malam akan sulit melihat arah dan sering kehilangan arah. Dengan begitu, burung akan terbang tinggi dan bisa juga hilang.

Loading...
Cara Melatih Merpati Balap (texasmonthly.com)
Cara Melatih Merpati Balap (texasmonthly.com)

6. Merpati Balap Terbang Rendah

Untuk kelas Merpati Balap, sebenarnya yang terbaik adalah terbang rendah. Cara melatihnya bisa dengan teknik keplek posisi jongkok. Jadi, Merpati betina dikeplek sayapnya, tapi posisi nyaris menyentuh tanah.

Latihan ini sudah pasti selalu memancing Merpati jantan untuk terbang rendah. Namun, hati-hati saat lintasan banyak ditumbuhi tanaman atau batu, burung bisa saja menabraknya dan terjadi kecelakaan.

7. Seragam dengan Warna Sama

Kami anggap burung Anda sudah layak ikut lomba. Nanti jangan lupa untuk mencari joki yang hebat. Dia harus tahu cara memegang burung, menangkap burung, gerakan memancing pejantan, dan lain-lain.

Jangan sampai joki buta aturan alias tidak mengerti seluk beluk aturan dalam lomba Merpati Balap. Nanti, salah pegang saja, burung Anda bisa didiskualifikasi.

Oh iya, bicara tentang seragam. Sebaiknya, tentukan dulu seragam untuk lomba. Warnanya disesuaikan dengan warna baju yang sering Anda pakai saat latihan terbang.

Sebab, warna seragam sangat berpengaruh pada saat burung akan mendarat. Warna seragam yang sering dipakai latihan akan mudah diingat dan dilihat Merpati Balap.

Dengan begitu, burung akan mudah mencari Merpati betina pasangannya. Kalau Anda sering ganti-ganti seragam terutama warnanya, bisa jadi burung akan kebingungan dan salah arah.

Lebih bagus lagi, Anda minta tolong ke tim untuk berdiri di belakang Anda, supaya burung lebih fokus untuk mendarat di tempat Anda.

8. Teriakan Tim

Tidak hanya seragam saja, teriakan dari tim juga sangat membantu membuat Merpati jantan lebih cepat. Soalnya, pada saat terbang cepat, bisa jadi burung kebingungan, sehingga burung berbelok atau salah menentuk titik finish.

Oleh karena itu, tim harus kompak dan meneriakkan panggilan nama burung. Tujuannya supaya burung lebih semangat dan fokus saja.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa cara melatih Merpati Balap terbang cepat. Burung Merpati bisa saja terbang cepat, tapi kemampuannya tidak secepat burung Merpati yang fokus dilatih khusus balapan.

Soalnya, setiap lomba Merpati mempunyai peraturan dan teknik yang berbeda-beda. Khusus untuk lomba Merpati Balap terbang biasanya semakin rendah dan cepat burung tersebut, maka kemungkinan juara akan semakin besar.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!