Skip to content

7 Cara Melatih Parkit Jinak dan Pintar Free Fly

Cara Melatih Parkit Free Fly dan Jinak (shopee.co.id)

Burungnya.com – Bagaimana cara melatih Parkit agar jinak dan pintar atraksi? Jika Anda ingin memiliki burung Parkit yang bisa free fly dan jinak, caranya mudah. Anda cukup merawatnya sejak kecil, nanti burung Parkit akan jinak.

Soalnya, burung yang dirawat sejak anakan, pasti akan memiliki naluri untuk bergantung pada pemiliknya. Apalagi kalau perawatan burung Parkit dimulai sejak usia 2 minggu, pasti bisa jinak dan bisa free flight.

Latihan burung Parkit jinak yang terpenting memang faktor usia dulu. Setelah usia sesuai, baru perawatan harian, latihan free fly, fly to me, dan latihan atraksi. Oh iya, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan agar Parkit bisa free fly.

Baca juga: 35 Jenis Parkit Warna Langka, Populer, dan Paling Dicari

Cara Melatih Parkit Free Fly dan Jinak

1. Usia Parkit Kurang dari 2 Minggu

Pertama, burung Parkit harus mengenali Anda dan makanannya. Jadi, rawat Parkit sejak usia kurang dari 2 minggu atau masih berbulu jarum.

Sebab, usia segini, burung Parkit masih menggantungkan hidupnya pada makanan dari tangan Anda. Berikan pakan melalui spuit. Makanan burung Parkit bisa berupa bubur khusus yang biasa dipakai untuk meloloh anakan burung.

Cara Membuat Parkit Jinak dan Bisa Free Fly (shopee.co.id)

Cara Membuat Parkit Jinak dan Bisa Free Fly (shopee.co.id)

2. Tahap Feed on Fist (FOF)

Selanjutnya tahap Feed on Fist (FOF) yaitu burung Parkit diletakkan di tangan dan membiarkan dia ambil makanan di telapak tangan.

Tahap ini bisa dilakukan bila bulu burung sudah tumbuh sempurna. Pakan yang tadinya bubur diganti dengan biji-bijian. Untuk memperkuat bonding, Anda masih bisa sesekali menggunakan bubur.

Saat burung makan di telapak tangan, biasakan untuk memberikan sentuhan lembut. Tujuannya agar burung tidak takut dan percaya diri.

Agar burung Parkit lebih terlatih lagi, gunakan peluit setiap kali dia mengambil makan. Tiup peluit dengan nada yang sama secara berulang-ulang setiap burung ambil makanan atau ketika Anda menyentuhnya.

3. Tahap Jump to the Fist (JTFF)

Kalau sudah berani makan di telapak tangan, saatnya melatih Parkit JTFF atau jump to the fist. Latihan ini dilakukan agar burung Parkit mau melompat ke tangan Anda.

Anda bisa melatih Parkit di area yang tinggi, kemudian Anda berada di area yang lebih rendah. Tujuannya agar burung bisa melihat Anda dan dia tinggal melompat saja ke tangan.

Ambil jarak sekitar setengah meter dan biarkan dia mengincar pakan yang Anda berikan. Jika burung masih takut, jaraknya lebih dekat saja.

Agar cara ini berjalan lancar, burung tidak perlu dikasih makan selama kurang lebih 2 jam. Dengan begitu, burung Parkit akan lebih antusias mendekati makanan.

Baca juga: 20 Makanan Burung Parkit Terbaik untuk Pemula

4. Tahap Fly to the Fist (FTTF) atau Fly to Me (FTM)

Ada lagi namanya tahap Fly to the Fist (FTTF) atau Fly to Me (FTM). Latihan ini cukup simpel, yakni membuat Parkit mau melompat untuk mengambil makanan di tangan Anda.

Caranya letakkan Parkit di tenggeran, ambil jarak 1 meter, sodorkan makanan yang dia sukai. Biarkan burung melompat dan mengambil makanan tersebut.

Jika burung sudah terbiasa, jaraknya bisa lebih jauh lagi. Jangan lupa tiup peluit setiap kali dia disuruh untuk terbang mendekati Anda atau mengambil makanan. Lakukan teknik ini di dalam ruangan dulu, baru nanti di luar ruangan kalau sudah benar-benar jinak.

Cara Melatih Parkit Jinak dan Pintar Free Fly (bukalapak.com)

Cara Melatih Parkit Jinak dan Pintar Free Fly (bukalapak.com)

5. Latihan Free Flight atau Free Fly pada Parkit

Setelah burung mengenali Anda dan makanannya, saatnya latihan terbang bebas atau free fly. Latihan ini harus dilakukan di tempat yang tidak ada halangan rintangan, seperti sawah dan lapangan.

Proses latihan free flight pada Parkit bisa dilakukan saat cuaca cerah dan tidak ada angin kencang. Tujuannya agar burung tidak hilang dan bisa kembali ke Anda dengan selamat.

Usahakan latihan ini dilakukan bersamaan dengan burung free flight yang terlatih. Dia akan membantu burung Anda kembali ke tangan Anda.

Jangan memperbolehkan Parkit terbang dan hinggap di pepohonan atau rumah. Hal ini bisa menjadi masalah permanen karena burung akan terbiasa sulit kembali. Jadi, begitu terbang bebas, biasakan burung langsung kembali hinggap ke tangan Anda.

Setelah hinggap di tangan, berikan makanan kesukaannya. Tapi ingat tenaga burung Parkit cukup terbatas. Jadi jangan dilatih terbang bebas free fly secara terus menerus. Paling tidak latihan seminggu 1-2 kali sudah cukup.

Baca juga: 17 Cara Membedakan Parkit Jantan dan Betina Akurat 100 Persen

6. Cara Melatih Parkit Atraksi

Burung Parkit bisa dilatih atraksi asalkan sudah dirawat sejak kecil. Kalau Anda melatih parkit sejak usia dewasa, tentu harus pakai trik kecil.

Trik yang kami maksud adalah, menyelotip sebagian sayap parkit dengan selotip. Ini tujuannya untuk membatasi agar Parkit tidak bisa terbang tinggi. Walau begitu, Parkit masih bisa melompat dan mengepakkan sayap.

Kembali ke topik melatih Parkit atraksi. Sebenarnya yang dibutuhkan hanya pelatihan terapi lapar saja. Burung dibuat puasa dulu biar lapar. Contoh cara melatih Parkit atraksi dengan terapi lapar.

  • Makanan burung Parkit diambil dari dalam sangkar dan cukup disisakan minuman saja. Burung tidak diperbolehkan makan selama 3-4 jam.
  • Nanti burung akan minum terus karena tidak ada makanan. Setelah 5 jam kemudian, coba beri milet putih 1 butir menggunakan tangan.
  • Sodorkan milet putih dari luar sangkar menggunakan ibu jari dan telunjuk. Pastikan milet putih tetap terlihat. Nanti Parkit akan datang untuk meminta makanan.
  • Latih terus Parkit agar mau makan lewat tangan Anda. Lakukan latihan ini terus menerus kurang lebih selama 1 bulan. Ingat burung dibuat lapar dari pagi sampai sore. Namu, malam hari berikan makanan sedikit.
  • Oh iya, Anda jangan sampai telat memberikan makanan, paling tidak berikan milet 3 jam sekali sebanyak satu jumput atau terserah Anda.
  • Satu bulan kemudian, baru burung dilatih atraksi, contoh atraksi FTM atau fly to me. Burung dilepaskan dalam ruangan, terus diterbangkan dan dipanggil kembali. Agar mudah, setiap memberi milet, Anda bisa meniup peluit.
Burung Parkit Jinak (omlet.co.uk)

Burung Parkit Jinak (omlet.co.uk)

7. Parkit Jinak Jika Diajak Main

Burung Parkit bisa jinak bila diajak main terus menerus. Burung Parkit termasuk pintar, bahkan ada Parkit yang bisa bicara seperti manusia.

Yang terpenting adalah mengajak Parkit main setiap hari dan meletakkan burung Parkit di dekat televisi atau radiio. Burung Parkit akan merekam suara-suara manusia dan mengucapkannya kembali.

Meski begitu, suara yang dikeluarkan burung Parkit tidak terlalu jelas seperti burung Beo. Namun, masih bisa dimengerti suaranya.

Oh iya, cara mengajak main Parkit dengan memegangnya setiap hari. Elus-elus bulunya searah dari kepala ke punggung.

Mandikan burung Parkit setiap hari langsung dari tangan. Bersihkan kotoran dan beri makanan yang enak. Nanti lama kelamaan burung Parkit akan lebih menurut kepada Anda.

Baca juga: 8 Jenis Burung Mudah Jinak dan Cocok Dipelihara di Rumah

Kesimpulan

Demikian cara melatih Parkit jinak dan pintar free fly. Perawatan seperti ini butuh waktu yang lama karena harus melatih burung sejak masih anakan. Sehingga Anda harus bersabar.

Namun, sekarang sudah banyak jasa pelatihan burung jinak di beberapa daerah. Anda cukup menitipkan burung selama beberapa minggu, setelah selesai burung akan jinak dan pintar atraksi free flight.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

x

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.