Cara Melepas Ring Burung Dewasa Tanpa Alat Potong (youtube.com)

Cara Melepas Ring Burung Paling Cepat Tanpa Alat Potong

Burungnya.com – Terkadang burung mengalami beberapa masalah terkait kaki yang sering digigit dan mengangkat kaki. Bisa jadi masalah tersebut karena ring burung yang mengganggu dan membuat burung tidak nyaman. Salah satu solusinya, yaitu dengan melepas ring burung.

Namun, proses melepas ring burung tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang ring burung terlalu kecil sehingga tidak bisa dilepas tanpa bantuan alat potong. Dengan kata lain, ring burung harus dipotong agar bisa lepas.

Pemotongan ring burung cukup berisiko dan bisa melukai kaki burung. Lebih baik, coba dulu cara melepas ring burung tanpa bantuan alat pemotong. Dengan begitu, kaki burung lebih aman dan terhindar dari cidera.

Cara Melepas Ring Burung Paling Cepat

Apa yang dibutuhkan untuk melepas ring atau cincin burung? Mudah saja, siapkan minyak sayur atau minyak goreng yang biasa digunakan ibu atau istri di rumah. Oleskan minyak sayur secukupnya pada permukaan kaki burung dari ujung kuku, jari, sampai pangkal kaki.

Putar ring perlahan dan sedikit tarikan sampai ring lepas. Syarat ring burung bisa terlepas yakni selama ring burung bisa melewati lutut kaki burung, berarti ring bisa terlepas menggunakan minyak sayur.

Kalau ring burung tidak bisa melewati lutut, berarti ring tidak bisa dilepas dengan cara pelumasan minyak. Artinya, jalan satu-satunya cuma dipotong dengan alat pemotong atau tang potong kecil.

Jadi, coba geser-geser ring burung ke atas sampai lutut. Kalau ring bisa melewati lutut, kemungkinan besar bisa terlepas saat diberi minyak.

Cara Melepas Ring Burung Paling Cepat (youtube.com)
Cara Melepas Ring Burung Paling Cepat (youtube.com)

Trik Ini Untuk Burung Dewasa dan Anakan

Apakah trik ini bisa untuk burung dewasa? Bisa saja, yang penting ring burung melewati lutut, berarti dapat dilakukan. Kalau anakan burung, tentu lebih mudah karena ukuran kakinya masih kecil.

Apa semua jenis burung bisa menggunakan tips minyak sayur untuk melepas ring? Sangat bisa, yang penting ring dapat melewati lutut dan kaki burung tidak bengkak.

Jika kaki burung terluka atau bengkak, jangan paksakan untuk melepasnya menggunakan minyak. Sebab, hal tersebut akan menyakiti burung.

Lebih baik, tunggu sampai kaki sembuh dan tidak bengkak. Setelah sembuh, coba lepas perlahan menggunakan minyak sayur. Kalau tidak bisa lepas, pilihan terakhir yakni dengan memotong ring burung.

Loading...

Tips Agar Burung Nyaman Menggunakan Ring

Bagaimana cara agar burung nyaman mengunakan ring? Sebenarnya, pemasangan ring dilakukan sejak masih anakan atau saat burung diloloh (usia 5-11 hari). Pasalnya, saat usianya masih muda, kaki burung pasti lentur dan berukuran kecil.

Burung dengan usia 12 hari ke atas, kakinya sudah mulai keras dan kaku. Selain itu, telapak kaki burung mulai membesar dan melebar. Sehingga kalau dipaksakan memakai ring, sebenarnya bisa tapi cukup menyakitkan.

Oh iya, ring burung yang dipasang sejak kecil, maka dia akan terbiasa dan merasa nyaman sampai dewasa. Berbeda bila ring burung dipasang saat sudah dewasa, pasti dia merasa tidak nyaman dan sering mengigit ring di kakinya.

Kesimpulan

Demikian cara melepas ring burung paling cepat tanpa bantuan alat potong. Jadi usahakan dulu tidak melukai kaki burung, yakni dengan menggunakan minyak sayur atau pelumas lainnya. Bila ring tidak bisa lepas, maka terpaksa harus memakai alat pemotong.

Untuk pemilihan jenis ring sendiri, sebenarnya bebas, tapi tergantung kebutuhan burung dan penangkar. Apabila burung berkualitas dari penangkaran ternama, sebaiknya dipakaikan ring baja laser yang kuat dan sulit dipotong.

Baca juga:

Namun, kalau untuk burung rumahan atau ocehan saja, pakai ring roda, ring mata kucing, ring donat, dan ring powdercoating sudah cukup. Ring powdercoating menggunakan bahan aluminium yang dilapisi karet sehingga nyaman untuk kaki burung. Selebihnya ring aluminium biasa.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • melepas ring burung murai dewasa
  • ukuran ring burung DEWASA
  • Melepas ring lovebird dewasa

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!