Proses Melepas Ring di Kaki Burung (currumbinvetservices.com)

5 Cara Melepas Ring di Kaki Burung Dewasa Tanpa Rasa Sakit

Burungnya.comRing burung dipasang sebagai penanda suatu tempat penangkaran atau identitas burung tersebut. Namun, jika kakinya sakit atau terluka, maka Anda terpaksa harus melepas ring burung agar penyakitnya tidak bertambah parah.

Cara melepas ring burung dewasa tidak semudah saat memasang ring di kaki anakan burung. Pasalnya, ukuran kaki burung sudah bertambah dan ring atau cincin sulit dikeluarkan. Biasanya, cara terakhir untuk melepas ring burung dengan memotongnya.

Meski begitu, ada berbagai cara sebelum memotong ring burung. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan lagi ring tersebut saat burung sudah sehat.

Baca juga: 4 Masalah saat Kaki Burung Dipasangi Ring Lengkap dengan Solusinya

Cara Melepas Ring Burung Dewasa

1. Es Batu

Melepas ring burung memakai es batu sering dilakukan para pecinta burung Perkutut. Caranya, kaki burung direndam dulu dalam air es batu.

Dari rendaman air es ini akan membuat kaki burung menyusut, sehingga ring lebih mudah terlepas. Untuk mempercepat pelepasan ring, Anda bisa memakai sabun colek atau sabun lainnya kemudian dioleskan pada kaki burung.

2. Kikir Besi

Alat kikir mempunyai sisi bergerigi yang tajam. Alat ini biasanya untuk mengasah mata gergaji. Ternyata kikir besi juga dapat digunakan untuk memotong ring burung. Namun, cara pemotongan ring dengan kikir harus dilakukan secara berhati-hati.

Cara Memotong Ring Burung (currumbinvetservices.com)
Cara Memotong Ring Burung (currumbinvetservices.com)

Untuk mencegah kaki burung terluka atau tergores, sebelumnya permukaan kaki burung dilapisi dengan isolasi. Pemotongan ring sebaiknya dilakukan pada dua sisi agar prosesnya tidak menyakitkan.

3. Tang Potong

Cara mudah dalam melepas ring burung yakni menggunakan tang potong khusus. Jenis tang yang bisa digunakan harus mempunyai ujung runcing dan berukuran kecil.

Loading...
Cara Melepas Ring Burung (currumbinvetservices.com)
Cara Melepas Ring Burung (currumbinvetservices.com)

Pastikan tang potong harus tajam agar burung tidak berlama-lama dalam merasakan sakit. Jangan lupa, pemotongan ring dilakukan di dua sisi yang berbeda.

4. Ring Cutter

Selain tang potong yang tersedia di toko bangunan, Anda dapat memotong ring burung dengan tang potong khusus ring.

Alat pemotong khusus untuk ring closed atau ring biasa ini disebut Ring Cutter. Bentuk tang ini seperti paruh burung yang tajam. Ring yang terbuat dari alumunium dapat terpotong dengan mudah dan cepat.

Anda dapat membeli ring cutter di toko burung atau kios burung terdekat. Jika tidak ada, silakan pergi ke toko perlengkapan hewan yang lebih besar.

5. Dilepas Langsung dengan Pelumas

Sebenarnya tanpa harus memotong ring, Anda bisa melepaskan ring di kaki burung. Namun, banyak yang takut menyiksa burung. Apalagi bila ring ukurannya terlalu kecil atau kaki burung terlalu besar.

Solusinya, Anda dapat menggunakan pelumas untuk melepas ring di kaki burung. Pelumas dapat berupa sabun batangan, sabun colek, minyak ikan, minyak goreng, dan lain-lain.

Intinya, cari pelumas yang aman untuk burung dan mempercepat ring terlepas dari kaki.

Perawatan Setelah Ring Burung Terlepas

Setelah ring burung terlepas, cuci kaki burung dengan air hangat, dan plester bagian bekas ring. Beberapa saat kemudian, olesi kaki burung dengan minyak tawon sampai merata.

Lalu, burung dapat dimasukkan kembali ke dalam kandang atau digantang di tempat yang sepi agar tidak stres. Anda juga bisa memberikan extra fooding (EF) dalam jumlah banyak agar burung merasa senang dan tidak jatuh sakit.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat cara melepas ring burung Lovebird dewasa berikut:

Kami ingatkan kembali, untuk melepas ring burung sebaiknya menggunakan pelumas seperti sabun batangan, sabun colek, minyak ikan, atau minyak goreng. Tujuannya agar kaki burung tidak tersiksa dan burung tidak merasa sakit.

Baca juga: Cara Menangani dan Menyambung Kaki Burung Patah dengan Minyak Tawon

Demikian teknik melepas ring burung yang benar tanpa merasa sakit. Jangan terlalu sering memasang atau melepas ring burung, kalau tidak dalam keadaan terdesak atau terpaksa. Soalnya, hal tersebut dapat membuat burung stres.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara melepas ring burung
  • cara memotong ring merpati
  • cara melepas ring lovebird
  • cara buka ring pres lovebird dewasa
  • cara memotong cincin merpati
  • cara melepas ring burung merpati
  • cara melepas ring pada kaki murai batu
  • cara melepas ring di kaki burung kenari yg sudah rapat
  • cara melepas ring merpati balap
  • cara melepas ring pada pleci

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!