10 Cara Memaster Kenari Agar Isian Burung Blackthroat Cepat Masuk

10 Cara Memaster Kenari Agar Isian Burung Blackthroat Cepat Masuk

Burungnya.com – Burung Kenari dapat dimaster dengan beberapa jenis burung, seperti Blackthroat, Edel Sangat, Mozambik, Ciblek, dan lain-lain. Namun, jika Anda ingin isian burung Blackthroat untuk masteran Kenari, maka Anda harus mengetahui caranya agar cepat masuk.

Untuk memaster Kenari, sebenarnya gampang-gampang susah. Agar proses masteran berjalan lancar sebaiknya Anda mulai memaster burung Kenari sejak masih anakan usia 20-25 hari.

Kalau pemasteran sendiri bisa menggunakan dua cara, yakni secara langsung dengan burung masteran atau tidak langsung, yakni menggunakan MP3 player. Semua tergantung selera pemilik burung dan ketersediaan burung masteran.

Suara Isian Burung Blackthroat (tempatburung.blogspot.com)
Suara Isian Burung Blackthroat (tempatburung.blogspot.com)

Baca juga: 10 Cara Merawat Kenari Bakalan Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Selain itu, ada beberapa tahapan dalam memaster Kenari khusus isian burung Blackthroat. Berikut cara agar Kenari cepat masuk isian Blackthroat.

Cara Memaster Kenari Isian Blackthroat

1. Kenari Jantan

Anda harus memastikan burung Kenari berkelamin jantan. Hal ini agar proses pemasteran lebih cepat. Di samping itu, Kenari jantan lebih cepat gacor dibandingkan Kenari betina.

2. Usia Ideal Pemasteran Kenari

Burung Kenari usia 20-25 hari sudah bisa dimaster dengan isian Blackthroat. Bahkan, semakin muda dimaster, maka Kenari akan lebih mudah mengingat suara masteran. Sebab, otaknya masih fresh, belum pernah diisi masteran sebelumnya.

3. Pemasteran Kenari Langsung

Untuk memaster Kenari secara langsung berarti Anda harus memiliki burung Blackthroat yang sudah gacor atau minimal rajin bunyi. Sebaiknya, saat memaster burung Kenari diletakkan lebih tinggi dari burung Blackthroat. Usahakan Kenari bisa mendengar suara Blackthroat, tapi tidak saling melihat.

Cara Memaster Kenari Isian Burung Blackthroat (videoblocks.com)
Cara Memaster Kenari Isian Burung Blackthroat (videoblocks.com)

Tujuan Kenari digantang lebih tinggi agar tidak mudah stres. Sebab, burung Blackthroat sudah gacor, pastinya hal tersebut membuat Kenari muda minder. Jika tidak saling melihat, Kenari akan lebih fokus mendengarkan suara masteran.

Baca juga: 10 Jenis Kenari yang Paling Bagus Suaranya Untuk Lomba

Pemasteran dengan burung asli dapat dilakukan setiap hari mulai pukul 10.00-14.00 kurang lebih selama 3-4 bulan.

4. Cara Memaster Burung Kenari dengan MP3

Beda lagi kalau pemasteran Kenari menggunakan alat pemutar MP3. Untuk masteran audio suara burung, sebaiknya Kenari ditempatkan di ruangan kosong.

Kemudian, alat pemutar MP3 diletakkan di tengah-tengah ruangan. Putar suara masteran dengan nada sedang, artinya tidak terlalu atau terlalu pelan. Pemutaran suara masteran burung dilakukan setiap hari mulai pukul 09.00-14.00 selama 3-4 bulan.

Baca juga: 22 Makanan Kenari Biar Gacor Keras dan Ngerol Panjang

Loading...

5. Jauhkan Kenari dari Burung Lain

Saat pemasteran berlangsung, usahakan Kenari sendiri dan jauhkan dari burung lain, kecuali burung Blackthroat. Hal ini agar burung Kenari lebih fokus mendengarkan suara masteran.

6. Hasil Pemasteran Terlihat Mulai Umur 4 Bulan

Setelah Kenari dimaster setiap hari selama berbulan-bulan, maka pada usia 4 bulan, burung Kenari akan terlihat hasilnya. Burung ini kemungkinan besar sudah bisa menirukan suara full Blackthroat. Jadi, di usia-usia tersebut dapat dipastikan suara Blackthroat sudah masuk isian Kenari.

7. Pemasteran Kenari Bisa Dikerodong

Anda dapat mengerodong burung Kenari dalam proses pemasteran. Namun, Anda juga diperbolehkan tidak mengerodong Kenari. Hal ini sifatnya opsional.

Kerodong ditujukan untuk menghalangi pandangan Kenari terhadap burung masteran atau burung lainnya. Selain itu, kerodong dapat membuat burung lebih fokus dan menghangatkan tubuh di cuaca dingin.

Baca juga: 10 Fakta Menarik Tentang Burung Kenari yang Jarang Diketahui

8. Pakan Tambahan Kenari

Selama pemasteran, Kenari harus diberi pakan tambahan atau extra fooding (EF) yang spesial. Manfaatnya akan membuat Kenari lebih semangat belajar menirukan suara burung lain.

Racikan Pakan Kenari (flickr.com)
Racikan Pakan Kenari (flickr.com)

Kalau cuma diberi milet, burung Kenari tidak akan bersemangat dalam belajar. Pasalnya, milet cuma mengganjal perut sebentar saja. Sementara, pakan EF dapat meningkatkan kecerdasan dan kesehatan burung Kenari.

9. Sabar dalam Memaster Kenari

Anda tidak boleh mudah putus asa dalam memaster Kenari. Sebab, dibutuhkan tingkat kesabaran tinggi selama proses pemasteran. Waktu 4 bulan belum tentu membuat isian Blackthroat sudah masuk ke burung Kenari.

Terkadang, sebagian Kenari membutuhkan waktu lebih lama agar isian Blackthroat cepat masuk. Pasalnya, proses pemasteran Kenari dipengaruhi banyak yang tidak bisa diprediksi sebelumnya.

10. Agar Stabil Kenari Dimaster Minimal 1 Tahun

Tahukah Anda, pemasteran Kenari belum tentu hasilnya permanen. Artinya, suara Kenari isian Blackthroat masih bisa kembali ke suara Kenari asal atau suara standar.

Namun, bila pemasteran dilakukan selama lebih dari 1 tahun, kemungkinan besar isian burung Kenari akan lebih stabil dan permanen.

Selain itu, perlu diperhatikan pula bahwa burung Kenari harus dijauhkan dengan Kenari lainnya. Kalau bisa, Kenari malah didekatkan terus dengan burung Blackthroat.

Perawatan Kenari Gacor (videoblocks.com)
Perawatan Kenari Gacor (videoblocks.com)

Jika tak punya burung Blackthroat, maka jalan satu-satunya cuma memutarkan suara masteran Blackthroat setiap hari selama lebih dari 1 tahun.

Demikian cara memaster Kenari isian Blackthroat. Cara tersebut memungkinkan isian Blackthroat lebih cepat masuk karena dilakukan lebih intens dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: 4 Racikan Minuman Kenari Biar Cepat Gacor dengan Daun Mengkudu

Kalau pemasteran dilakukan sebentar, mungkin bisa masuk isiannya tapi tidak permanen dan tidak stabil. Sewaktu-waktu, isian burung akan hilang (lupa) dan kembali ke suara awal atau suara khas Kenari.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain, dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kenari isian
  • masteran yg bagus untuk ke
  • cara pemasteran kenari
  • suara burung kenari isian blacthroat prestasi
  • tips memaster kenari
  • memaster kenari
  • pemasteran kenari
  • Cara memasteri kenari
  • cara memaster kenari
  • Kenari isian blackhtroat

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!