Cara Memaster Lovebird Paud yang Bagus Malam Hari Selama 13 Jam

Burungnya.com – Bagi kicau mania yang berpengalaman, pastinya sudah tahu jenis masteran Lovebird yang bagus itu apa saja. Sebab, pemilihan jenis burung yang cocok untuk masteran Lovebird Paud ternyata lebih penting daripada perawatan sehari-hari. Hal ini akan berdampak pada gaya bertarung dan suara ngekek panjang Lovebird di lomba kelak.

Oleh karena itu, sejak dini Lovebird Paud harus sudah dilatih mendengarkan suara burung masteran. Bahkan, menurut Om Eko Cahyo Santoso atau Om Eko LMS, Lovebird Paud yang baru menetas sebaiknya segera dimaster, terutama Lovebird trah ngekek panjang.

Pemasteran Lovebird Paud Sejak Anakan Menetas

Cara Memaster Anakan Lovebird (birdeden.com)
Cara Memaster Anakan Lovebird (birdeden.com)

Ya, Om Eko terbiasa memaster Lovebird Paud trah ngekek panjang sejak anakan menetas. Masteran Lovebird yang dipilih biasanya Lovebird ngekek panjang dengan durasi 30-35 detik. Tak hanya ngekek panjang saja, burung masteran ini harus rajin bunyi agar proses pemasteran berjalan sempurna.

Burung Masteran Jangan Sampai Terlihat Indukan

“Burung masteran kita tempelkan di dekat gelodok atau sarang anakan Lovebird yang baru menetas. Tetapi induk yang sedang bawa anak jangan sampai melihat burung masteran. Dengan demikian, antara burung induk dan burung masteran tidak saling tempur,” kata Om Eko, seperti yang dikutip dari Omkicau.com (29/7/2014).

Durasi Memaster Lovebird Paud Selama 13-20 Jam

Masteran Lovebird Paud (wattabird.blogspot.com)
Masteran Lovebird Paud (wattabird.blogspot.com)

Berapa lama Lovebird Paud menjalani proses pemasteran? Dalam sehari, anakan Lovebird ini dimaster pagi hari dan sore hari menggunakan burung masteran, seperti Lovebird ngekek panjang. Namun, burung masteran tersebut harus diistirahatkan, sehingga saat petang atau menjelang malam, diganti dengan suara audio masteran MP3.

Pemasteran Mulai Jam 18.00 – 07.00

Untuk suara masteran MP3 diputar berulang-ulang kurang lebih mulai jam 18.00 malam sampai 07.00 pagi. Jadi, jika dihitung-hitung totalnya pemasteran dengan suara MP3 selama 13 jam. Namun, jika ditambah dengan suara burung masteran, kemungkinan prosesnya bisa memakan waktu sampai 20 jam.

Suara masteran Lovebird Paud MP3 ini diputar dengan volume pelan saja agar tidak mengganggu dan mengagetkan Lovebird. Kalau burung masteran, bisa diletakkan di dekat glodok, yang penting tidak terlihat langsung oleh indukan Lovebird.

Loading...

“Suara rekaman ini biasa saya perdengarkan kepada anakan Lovebird sejak jam enam petang hingga jam tujuh pagi. Jadi, sambil istirahat, anakan Lovebird tetap diperdengarkan audio rekaman suara Lovebird ngekek panjang, yang disetel dengan volume sayup-sayup dan jangan sampai mengagetkan,” tambah Om Eko.

Masteran Lovebird Ditambah Suara Burung Lain

Pemasteran Lovebird Paud yang Bagus Sejak Masih Anakan (badillaaviary.net)
Pemasteran Lovebird Paud yang Bagus Sejak Masih Anakan (badillaaviary.net)

Selama Lovebird Paud masih di dalam glodok, maka suara masterannya tetap Lovebird ngekek panjang saja. Apabila Lovebird tersebut sudah bisa keluar glodok, maka suara masteran ditambah dengan jenis suara burung lain, seperti burung Parkit agar terdengar lebih kasar.

Anda juga bisa mengombinasikan suara masteran burung dengan walang kecek atau belalang kecek sebagai masteran Lovebird. Mengapa Lovebird disarankan dimaster dengan walang kecek? Alasannya karena walak kecek mempunyai frekuensi suara yang tinggi, sehingga suara Lovebird akan menonjol dan jadi perhatian juri di lapangan lomba.

Seleksi untuk Lovebird Paud Paling Bagus

Setelah semua Lovebird mendapatkan pemasteran setiap hari, sekarang saatnya melakukan penyeleksian. Seleksi Lovebird Paud dapat dilakukan saat Lovebird sudah beranjak remaja, tepatnya usia 3 bulan.

Baca juga: Diberi 10 Butir Beras Merah, Lovebird Paud Ini Rajin Ngekek

Ciri Lovebird Paud Ngekek Panjang

Pilih Lovebird Paud yang memiliki suara ngekek panjang di atas rata-rata. Selain itu, lihat ciri atau katuranggan Lovebird trah ngekek panjang sebagai berikut:

  1. Kepala Lovebird tampak proporsional, artinya bagian kepala dan leher tidak terlalu bulat ataupun oval.
  2. Paruh Lovebird lancip dan mancung ke depan.
  3. Sebaiknya, paruh Lovebird tidak panjang sebelah atau besar sebelah.
  4. Ujung sayap Lovebird menyilang antara sayap kiri dan kanan. Sayap Lovebird yang menyilang menandakan Lovebird dalam keadaan sehat dan fit.
  5. Dada Lovebird terlihat bidang dan tegap.
  6. Bagian kaki Lovebird tegap dan tinggi semampai.

Setelah mengetahui ciri Lovebird Paud ngekek panjang, Anda bisa melatihnya lebih intensif agar performa di lapangan selalu memukau juri. Intinya dalam proses perawatan untuk menjadi seekor Lovebird ngekek panjang harus dimulai sejak Lovebird menetas.

Baca juga: 5 Ciri Lovebird Fighter Mental Petarung yang Bagus untuk Lomba

Demikian beberapa cara memaster Lovebird Paud yang bagus di malam hari selama 13 jam. Apabila Anda kesulitan memperoleh suara masteran untuk Lovebird, Anda bisa mengunduhnya secara online dari internet atau Google. Caranya ketik ‘download masteran Lovebird Paud MP3‘ pasti akan keluar banyak sekali audio Lovebird ngekek panjang.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan disimpan sendiri, tapi bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • masteran jam 9 malam
  • pemasteran lovebird malam hari

Berikan komentar