7 Cara Membedakan Jalak Putih Jantan dan Betina

Burungnya.com – Burung jalak termasuk burung endemik Indonesia yang sampai saat ini menjadi salah satu primadona di kalangan burung kicau. Suara burung ini merdu dan bisa menirukan suara burung yang lain.

Di antara jenis burung jalak yang lain jalak putih termasuk burung yang harganya mahal. Banyak orang ingin memelihara burung jalak putih tapi bingung cara membedakan jenis kelaminnya.

Soalnya jalak putih jantan dan betina bila dilihat dari kasat mata sangat mirip sekali. Warnanya sama sama putih. Sebenarnya di antara jalak putih jantan dan betina masih terlihat perbedaannya terutama bila dilihat secara fisik.

Apa saja yang membedakan Jalak Putih jantan dan betina?

Burung Jalak Putih Jantan (zoochat.com)
Burung Jalak Putih Jantan (zoochat.com)

Cara Membedakan Jalak Putih Jantan dan Betina

1. Ukuran Tubuh

Saat burung berusia 1 sampai 3 bulan tubuh jalak putih jantan akan lebih besar dari burung jalak putih betina.

Dikarenakan anakan jalak putih jantan perkembangannya lebih cepat daripada jalak putih betina. Tubuh jalak putih betina lebih kecil karena perkembangannya sedikit lebih lambat.

Tetapi bila keduanya disandingkan maka orang awam pun akan kesulitan membedakan mana jalak putih jantan dan mana yang betina. Apabila Anda ingin membeli jalak putih ombyokan yang betina Anda bisa mencarinya yang ukuran tubuhnya paling kecil.

Sehingga dapat dipastikan lebih mudah mencari jalak putih betina daripada yang jantan. Ini berlaku apabila satu ombyokan berisi burung burung jalak putih yang berusia 1 sampai 3 bulan.

2. Kepala Jalak Putih

Dilihat dari bagian kepala jalak putih jantan ukuran kepalanya lebih besar sementara jalak putih betina kepalanya lebih kecil. Ini akan sulit dilihat apabila burung jalak putih jantan dan betina berada di sangkar yang berbeda.

Namun bila keduanya diletakkan di sangkar yang sama pasti akan kelihatan mana kepala jalak putih jantan dan mana yang betina.

3. Cara Berdiri

Selain dilihat dari ukuran tubuh dan kepala anda juga bisa membedakan Jalak Putih jantan dan betina dari cara berdirinya. Biasanya jalak putih jantan selalu berdiri tegak tubuhnya memanjang dan seperti menantang musuh.

Sementara jarak putih betina tubuhnya agak pendek dan cara berdirinya tidak terlalu tegak.

Burung Jalak Putih (headtopics.com)
Burung Jalak Putih (headtopics.com)

4. Suara Burung Jalak Putih

Selanjutnya anda bisa membedakan mana jalak putih jantan dan betina dari sektor suara. Suara jalak putih jantan berbunyi kek. Dia baru bisa berbunyi seperti itu apabila anda memegangnya secara langsung.

Begitu pula dengan jalak putih betina Anda harus memegangnya secara langsung. Tetapi suara burung jalak putih betina agak berbeda ada karena suaranya kik.

5. Lingkar Kaca Mata

Lanjut ke kacamata burung jalak putih Apabila diperhatikan dengan seksama burung jalak putih memiliki lingkar kacamata berwarna kuning. Lingkar kacamata ini mempunyai perbedaan pada burung jantan dan betina.

Burung jalak putih jantan mempunyai lingkar mata kuning lebih jelas dan tegas. Sedangkan burung jalak putih betina lingkar kacamatanya lebih pudar atau samar.

Semakin tua usia burung maka perbedaan warna dari lingkar kacamata ini akan terlihat begitu jelas. Tetapi kalau burung masih berusia anakan atau muda lingkar kacamatanya akan terlihat sama.

6. Kloaka Burung

Jika dilihat dari kloaka maka akan terlihat perbedaan warna antara burung jalak putih jantan dengan burung betina. Jalak putih jantan memiliki kloaka berwarna biru agak keunguan dan lebih menonjol bentuknya.

Sementara burung jalak putih betina memiliki keluarga berwarna putih kemerahan atau seperti warna pink tetapi agak melebar bentuknya.

7. Posisi Kawin

Saat kawin Anda bisa membedakan keduanya lebih jelas. Burung jantan selalu berada di posisi atas dan menaiki tubuh burung jalak putih betina. Sementara burung jalak putih betina selalu berada di bawah dengan sayap yang dibentangkan.

Burung Jalak Putih Betina (zoochat.com)
Burung Jalak Putih Betina (zoochat.com)

Cara Merawat Burung Jalak Putih

Bagaimana cara merawat jalak putih yang baik dan benar? Untuk urusan perawatan burung, yang pertama harus diketahui adalah karakternya, kesukaan burung, pengembunan, pemandian, penjemuran, dianginkan, kerodong, dan mengetahui tingkat birahi burung tersebut.

1. Karakter Jalak Putih

Dari karakter Anda bisa menilai sebenarnya burung jalak putih ini termasuk burung yang suka mandi atau burung yang suka dijemur.

Loading...

Anda harus mengujinya terlebih dahulu pertama burung dimandikan setiap hari apabila burung terlihat senang dan bahagia berarti burung termasuk suka yang dingin dingin atau suka mandi.

Apabila burung sukanya dijemur berarti walau anda menjemurnya dalam waktu yang lama 1 jam sampai 3 jam dia akan tetap merasa tenang dan tidak gelisah.

2. Kesukaan Burung

Kemudian kesukaan burung jalak putih itu apa? Cari tahu dulu apa saja yang disukai burung jalak putih. Contohnya burung ini suka sekali makan jangkrik 5 ekor setiap sekali pemberian.

Kalau pagi hari burung suka sekali diembunkan kemudian lanjut dimandikan dan dijemur sebentar. Setiap burung memiliki kesukaan yang tidak sama Jadi anda harus mencoba dulu perawatan yang cocok dengan burung jalak putih anda.

3. Pengembunan

Lanjut ke pengembunan setiap selesai salat subuh sekitar jam 4.30 pagi, burung dibuka kerodongnya kemudian diembunkan di depan rumah.

Begitu matahari terbit pengembunan selesai lanjut ke proses pemandian an. Pengembunan bisa dilakukan apabila cuaca sedang cerah alias tidak turun hujan apabila turun hujan lebih baik pengembunan ditunda terlebih dahulu.

Cara Merawat Jalak Putih Harian (ryanhotspot.blogspot.com)
Cara Merawat Jalak Putih Harian (ryanhotspot.blogspot.com)

4. Pemandian

Sekarang saatnya burung jalak putih dimandikan. Anda bisa memandikan jalak putih dengan cara disemprot menggunakan sprayer lembu tetapi apabila anda mempunyai wadah yang cukup besar anda bisa membiarkan burung ini mandi sendiri.

Nanti dilihat apakah burung suka mandi dengan sprayer atau mandi sendiri sesuaikan perawatannya dengan kesukaan burung.

5. Penjemuran

Untuk penjemuran seperti apa? Burung jalak putih biasanya memiliki kesenangan saat berada di bawah sinar matahari. Burung bisa dijemur sekitar 1 sampai 2 jam asalkan tidak lebih dari pukul 10 siang.

Pasalnya jam 10 siang itu sinar matahari nya sudah sangat panas. Saat Anda memaksakan untuk menjemur burung diatas jam 10 maka tubuhnya bisa sangat kepanasan dan kemungkinan burung akan menjadi lemas dan tidak mau makan.

Waktu penjemuran yang baik adalah sekitar jam 6 pagi sampai jam 8 pagi. Kalau turun hujan bagaimana? Anda bisa menjemurnya di bawah sinar lampu agar tubuhnya tetap hangat.

6. Diangin-anginkan

Setelah penjemuran berakhir kemudian dilanjutkan dengan diangin-anginkan. Burung bisa digantung di bawah pohon atau di teras rumah.

Pastikan burung tidak terkena sinar matahari secara langsung. Lokasi yang paling bagus berada di area yang terkena terpaan angin yang sejuk. Setelah 1 jam dianginkan burung bisa dimasukkan kembali ke dalam rumah.

7. Dikerodong

Sore hari burung bisa dijemur lagi atau dimandikan juga boleh itik tapi kalau sudah masuk waktu malam burung harus dikerodong agar tidak kedinginan dan tidak terkena udara secara langsung.

Waktu pengerodongan jalak putih yang paling bagus saat selesai salat magrib atau sekitar jam 6 sore. Sebelum di kerodong burung jalak putih bisa diberi jangkrik beberapa ekor agar nanti malam tidak kelaparan.

Burung Jalak Putih (vogelspeciallclub.nl)
Burung Jalak Putih (vogelspeciallclub.nl)

8. Tingkat Birahi Jalak Putih

Selanjutnya mengetahui tingkat birahi burung jalak putih. Jalak putih yang terlalu over birahi biasanya tidak tenang dan sering menabrak sangkar atau menggesek-gesekkan tubuhnya di tangkringan.

Dalam kondisi seperti ini burung jalak putih bisa diberikan pakan untuk menurunkan birahi atau bisa juga dimandikan. Apabila anda mempunyai jalak putih betina Anda bisa mendekatkan jarak tersebut ke burung jalak putih jantan.

Setelah birahi menurun burung jalak putih jantan dan betina bisa dipisah kembali tambahkan pakan extra fooding agar burung jantan lebih gacor.

Burung jalak putih jantan akan semakin bersemangat berkicau karena sudah ketemu dengan burung jalak putih betina.

Ini ibaratnya seperti burung jantan yang sedang birahi kemudian sudah disalurkan birahinya dan hasratnya pada burung jalak putih betina.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membedakan burung jalak putih jantan dengan burung jalak putih betina dari bagian fisik serta suaranya.

Apakah cara ini bisa dikatakan valid? Tentu saja masih ada kelebihan dan kekurangannya. Burung jalak putih memiliki postur tubuh yang hampir sama di antara jenis jantan dan betina.

Hal ini dikarenakan jalak putih tergolong jenis burung monomorfik atau burung yang tidak memiliki perbedaan di antara jantan dan betina.

Walaupun begitu bagi pecinta burung yang sudah lama memelihara jalak putih atau para penangkar tentu bisa dengan mudah membedakan mana burung jantan dan mana yang betina. Kalau Anda bingung Anda bisa menanyakan hal ini kepada ada pemilik penangkaran atau penjualnya.

Oh iya hampir saja lupa burung jalak putih termasuk burung yang dilindungi jadi apabila anda ingin merawatnya untuk diternak Anda harus memiliki surat izin dari instansi yang terkait.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kloaka jalak putih jantan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!