8 Cara Membedakan Kelamin Lovebird Betina 99 Persen Akurat

8 Cara Membedakan Kelamin Lovebird Betina 99 Persen Akurat

Burungnya.com – Walau sudah sering melihat Lovebird di lomba atau di pasar burung, sebagian kicau mania pasti masih sulit membedakan Lovebird jantan dan betina. Untuk itu, kami akan membantu membedakan kelamin Lovebird betina dilihat dari fisik yang 99 akurat.

Jadi, Anda dapat berpatokan pada ciri fisik Lovebird betina. Saat Anda sudah mengenali bagian fisik Lovebird betina dengan baik, otomatis Anda dapat membedakan Lovebird jantan. Kalau Anda mengingat perbedaan dua-duanya, biasanya malah lupa. Lebih baik, Anda belajar cara mengenal Lovebird betina yang akurat.

Ciri Lovebird Betina (youtube.com)
Ciri Lovebird Betina (youtube.com)

Perbedaan Lovebird jantan dan betina sebenarnya sudah pernah kami bahas di artikel yang lain beberapa tahun lalu. Kami takut Anda kesulitan mencari artikel tersebut, sehingga kami berikan penjelasan yang baru disertai dengan video dari Universitas Burung. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membedakan antara burung Lovebird jantan dan betina.

1. Paruh Lovebird

Biasanya paruh Lovebird betina lebih besar. Kemudian garis putih paruh Lovebird betina melingkar atau setengah lingkaran. Kalau Lovebird jantan pasti garis putihnya lancip.

2. Bentuk Kepala Lovebird

Tahukah Anda, kepala Lovebird betina cenderung berbentuk bulat. Kalau kepala burung Lovebird jantan kotak. Dilihat dari samping, kepala Lovebird betina lebih bulat dari jantan.

3. Kacamata Lovebird atau Klep Mata Lovebird

Untuk Lovebird betina, lingkar putih atau kacamatanya lebih besar. Lalu, mata burung Lovebird betina terlihat sayu atau agak sipit.

Ciri Fisik Lovebird Betina Akurat (youtube.com)
Ciri Fisik Lovebird Betina Akurat (youtube.com)

4. Ekor Lovebird Betina

Selanjutnya ekor Lovebird betina biasanya berbentuk huruf U atau tumpul. Sedangkan Lovebird jantan mempunyai ekor lebih lancip.

Loading...

5. Tulang Supit Lovebird

Bagian tulang supit Lovebird berada di lokasi dekat kaki Lovebird. Saat disentuh, bagian tulang supit agak lebar dan lunak. Sementara, Lovebird jantan biasanya tulang supitnya berhimpit dan keras.

6. Posisi Lovebird Bertengger

Burung Lovebird betina saat bertengger posisi kakinya agak melebar dan terlihat seperti duduk. Sedangkan Lovebird jantan saat bertengger terlihat tegak atau berdiri.

7. Perilaku Lovebird

Biasanya perilaku Lovebird betina lebih galak atau lebih sadis dari Lovebird jantan. Jika diibaratkan seperti manusia, seperti suami-suami takut istri.

8. Lovebird Birahi

Saat Lovebird betina birahi, sayapnya ngeleper atau seperti pesawat. Sayap Lovebird dibentangkan dan ekornya dinaikkan. Tandanya Lovebird betina sudah siap kawin.

Demikian beberapa cara membedakan Lovebird betina 99 persen akurat. Cara ini khusus untuk pengenalan melalui anggota tubuh atau fisik. Untuk cara yang lain, tentu masih banyak, seperti menggunakan pendulum, cincin emas, hingga tes DNA.

Baca juga:

Meski begitu, cara sederhana seperti ini ciri Lovebird betina sudah bisa dikenali dengan mudah. Anda cukup melihat bagian paruh, kepala, mata, kaki, tulang supit, ekor, dan sayap. Dijamin, Anda pasti Anda dapat menentukan mana Lovebird betina secara akurat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • bilal ramadhan lovebird gadis belia

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!