Cara Membedakan Lovebird Paud, Balibu, dan Dewasa dengan Mudah

Cara Membedakan Lovebird Paud, Balibu, dan Dewasa dengan Mudah

Burungnya.com – Lovebird paud, balibu, dan dewasa cukup sulit dibedakan karena mempunyai bentuk tubuh yang sama. Meski begitu kalau diperhatikan dengan saksama, tentu perbedaan Lovebird paud dan dewasa ternyata sangat jelas sekali.

Untuk itu, pembeli atau kicau mania harus pintar-pintar membedakan antara Lovebird balibu dan dewasa. Sebab, banyak sekali masyarakat awam tidak mengetahui perbedaan keduanya.

Terkadang niatnya mau beli Lovebird Dewasa, ternyata dapatnya malah Lovebird paud atau balibu. Begitu juga, saat mau lomba, kicau mania sering memanfaatkan hal ini untuk mengelabuhi juri dan peserta lain.

Jadi pelaku mengikutkan Lovebird dewasa pada kelas Lovebird paud. Tentu hal ini menyalahi aturan karena tidak sesuai kelasnya. Terlebih, Lovebird dewasa kemungkinan besar akan keluar sebagai juara di kelas balibu.

Baca juga: Setingan Lovebird Roro 2 Ngekek Panjang 3 Menit, Usianya 4,5 Bulan

Cara Membedakan Lovebird Paud, Balibu, dan Dewasa

Belajar dari masalah tersebut, juri dan panitia lomba di suatu event mempunyai tips untuk membedakan pesertanya Lovebird paud atau Lovebird dewasa.

Caranya cukup mudah, pertama Lovebird paud atau balibu selalu berusia kurang dari 5 bulan. Kemudian Lovebird ini biasanya mempunyai 6 helai bulu sayap dan warna bulunya belum mengilap.

Selain jumlah helai bulu sayap dan warna bulu, perbedaan Lovebird paud dan dewasa dapat dilihat dari warna paruh, pangkal paruh, serta warna kaki.

Kebanyakan Lovebird balibu mempunyai paruh berwarna kuning atau pink pucat. Kemudian pangkal paruhnya seperti ada kumis hitam. Tak hanya itu, kaki-kaki Lovebird paud juga mempunyai garis atau totol hitam.

Baca juga: Kumpulan Tips Memilih dan Melatih Lovebird Balibu Ala Pakar Lovebird

Agar Anda lebih mudah dalam membedakan Lovebird paud dan Lovebird dewasa, Anda bisa mengetahuinya dari ciri-ciri fisiknya sebagai berikut.

Ciri Lovebird Paud dan Lovebird Dewasa (pinterest.com)
Ciri Lovebird Paud dan Lovebird Dewasa (pinterest.com)

Ciri Lovebird Paud atau Balibu

1. Paruh Lovebird Paud

Burung Lovebird paud atau balibu biasanya warna paruhnya pink untuk jenis paruh merah atau agak kekuningan untuk jenis Lovebird paruh putih.

Terkadang di bagian pangkal paruh juga terdapat warna hitam menyerupai kumis. Warna hitam yang muncul di pangkal paruh ini sebagai pertandan bahwa usia Lovebird tersebut masih di bawah 3 bulan.

2. Kaki Lovebird

Tahukah Anda, kaki Lovebird paud atau balibu biasanya berwarna hitam terutama pada jenis Lovebird paruh merah.

Lovebird balibu yang semakin banyak warna hitam di kakinya maka semakin muda umurnya. Sebaliknya, kalau trotol hitamnya sedikit berarti Lovebird tersebut sudah tua.

Untuk jenis Lovebird paruh putih, kakinya berwarna pink atau pucat.

3. Warna Bulu Lovebird

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, warna bulu Lovebird balibu atau paud biasanya masih terlihat kusam.

Warna bulunya belum mengilap karena tidak banyak memproduksi minyak di bulunya dan belum ganti bulu dewasa. Bahkan, jika Lovebird paud usianya di bawah 2 bulan, maka bagian ekor masih pecah-pecah.

4. Mata Lovebird

Ciri yang cukup mudah dikenali dari Lovebird paud adalah matanya. Sebab, mata Lovebird paud biasanya masih segar di area klepnya atau kacamata.

Loading...

Untuk bola matanya terlihat besar menonjol, tapi tidak semua jenis Lovebird balibu begitu.

5. Suara Lovebird

Karakter suara Lovebird paud masih belum bisa dikenali sepenuhnya. Bahkan, suara Lovebird balibu cenderung samar atau kasar dan justru lebih mirip suara burung Emprit.

Apabila suaranya mirip seperti burung Emprit, pasti usia Lovebird tersebut masih di bawah 2 bulan. Tapi ada juga Lovebird usia muda yang sudah lantang dan ngekek panjang.

6. Durasi Ngekek Lovebird

Walaupun masih paud, tapi burung Lovebird paud sudah bisa ngekek, tapi durasi ngekeknya berbeda-beda. Biasanya Lovebird balibu ngekek paling panjang sekitar 20 detik saja.

Jika ada Lovebird paud yang ngekek dengan durasi lebih dari 20 detik kemungkinan besar jelmaan Lovebird dewasa.

Lovebird paud yang durasi ngekeknya sampai 20 detik sudah bisa dikatakan sebagai cikal bakal Lovebird konslet atau Lovebird ngekek panjang. Pasalnya, kebanyakan Lovebird balibu cuma ngekek sekitar 3 detik dan tak sampai 10 detik.

Baca juga: 21 Cara Merawat Lovebird Paud atau Balibu Agar Cepat Fighter di Lomba

Beda ceritanya kalau Lovebird dewasa, karena dilihat sekilas saja sudah terlihat bila Lovebird tersebut merupakan Lovebird dewasa. Namun, kami akan memberikan ciri-cirinya agar Anda lebih mudah mengenali burung Lovebird dewasa.

Perbedaan Lovebird Paud Balibu dan Dewasa (birdcrazyresort.com)
Perbedaan Lovebird Paud Balibu dan Dewasa (birdcrazyresort.com)

Ciri Lovebird Dewasa

1. Paruh Lovebird Dewasa

Warna paruh Lovebird dewasa terlihat tegas dan cerah, kalau bukan merah ya pasti putih. Sebab, ada dua jenis Lovebird dengan paruh merah dan putih.

2. Kaki Lovebird Dewasa

Untuk Lovebird dewasa paruh merah biasanya sisik kakinya lebih keras. Trotol hitam memudar menjadi abu-abu bersih. Sementara jenis Lovebird paruh putih, warna kakinya lebih kelihatan seperti pink pucat.

3. Bulu Lovebird Dewasa

Sudah pasti, burung semakin dewasa akan kelihatan lebih cantik. Begitu pula dengan Lovebird dewasa, pasti bulunya sudah rapi dan terlihat cerah mengilap. Namun, Lovebird dewasa bulunya akan terlihat kusam kalau mendekati masa mabung.

4. Mata Lovebird Dewasa

Namanya juga Lovebird yang sudah dewasa pasti kelihatan ada keriputnya terutama pada bagian klep mata. Kemudian, kedua matanya sudah tidak menonjol lagi.

5. Suara Lovebird Dewasa

Untuk masalah suara tidak perlu diragukan lagi. Lovebird dewasa mempunyai suara yang lantang dan keras. Lovebird ini bisa menirukan berbagai suara masteran dengan baik.

6. Durasi Ngekek Lovebird Dewasa

Kalau sudah dewasa, seekor Lovebird bisa ngekek bermenit-menit. Bahkan, ada seekor Lovebird yang bisa ngekek dengan durasi lebih dari 5 menit.

Namun, kemampuan ini tidak dimiliki semua jenis Lovebird. Soalnya Lovebird biasa mayoritas cuma bisa ngekek di hitungan detik sampai 1 menit.

Demikian cara membedakan Lovebird paud, balibu, dan dewasa dengan sangat mudah. Yang terpenting, Anda mengetahui ciri-ciri dari Lovebird paud dan dewasa, maka Anda sudah membedakannya walau cuma dilihat sekilas saja.

Baca juga: Cara Memaster Lovebird Paud yang Bagus Malam Hari Selama 13 Jam

Namun, diperlukan kejelian dan pengalaman untuk bisa membedakan mana Lovebird paud dan dewasa. Sebab, terkadang panitia lomba saja bisa kecolongan dalam mengecek pesertanya Lovebird balibu atau Lovebird dewasa.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Ciri lb paud
  • love bird balibu
  • Ciri lovebird paud
  • jumlah bulu sayap lovebird paud
  • ciri lovebird 5 bulan
  • jenis lovebird tua dan muda
  • Ciri Lovebird tua
  • cara membedakan lovebird paud dan dewasa
  • perbedaan lovebird paud dan dewasa
  • ciri ciri lb dewasa

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!