9 Cara Membeli Kenari Wortel Merah yang Asli Agar Tak Tertipu

9 Cara Membeli Kenari Wortel Merah yang Asli Agar Tak Tertipu

Burungnya.com – Dari dulu, Kenari termasuk jenis burung yang digemari kicau mania di Indonesia, bahkan dunia. Burung ini mempunyai suara kicauan gacor dan bulu yang indah, seperti Kenari Wortel warna merah.

Suara kicauan burung Kenari terdengar merdu dan bervariasi, tergantung isiannya. Sebagian kicau mania tidak hanya tertarik pada suaranya saja, tapi juga warna bulu yang terang dan langka. Seperti halnya, burung Kenari Wortel atau biasa disebut Kenari Merah.

Warna Kenari ini sangat mencolok dibandingkan dengan burung Kenari lainnya yang mayoritas berwarna kuning atau orange. Burung Kenari Wortel menjadi populer karena cukup langka di pasaran, sehingga sering dipalsukan.

Burung Kenari Wortel Merah yang Asli

Ya, para oknum yang ingin mencari keuntungan sebesar-besarnya berbuat curang dengan cara mengubah warna Kenari biasa menjadi merah. Sehingga, bulu Kenari Wortel diberi bahan pewarna buatan atau makanan yang mengandung pewarna agar bulunya berwarna merah menyala.

Hal tersebut membuat beberapa kicau mania khawatir terhadap isu tindak kecurangan para oknum yang menyamar jadi penjual Kenari Merah.

Tentu kicau mania menjadi bingung dalam membedakan Kenari Merah yang asli dan palsu. Sebab, sekilas warna Kenari Wortel merah sama seperti Kenari merah yang palsu.

Tidak hanya pewarna luar saja, isu kecurangan tentang Kenari Merah kabarnya juga berasal dari penambahan bahan kimia berbahaya. Bahan kimia tersebut dicampur pada makanan Kenari. Dengan begitu, bulu burung Kenari menjadi berwarna merah.

Nah, agar Anda tidak tertipu Kenari Wortel Merah yang palsu, sebaiknya Anda memahami ciri-ciri Kenari Merah yang asli. Tujuannya supaya Anda tidak tertipu jual beli Kenari Wortel palsu.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Jalak Putih Palsu Hasil Semiran Paling Ampuh

Trik Memalsukan Warna Kenari Merah

Cara pelaku menipu korban biasanya menggunakan bahan-bahan pewarna kimia yang harganya murah. Mereka meracik dan mencampurkan bahan pewarna tersebut pada pakan Kenari supaya bulunya berubah menjadi berwarna merah.

Untuk cara lainnya, pelaku memalsukan Kenari Merah dengan cara menyemprot dan memandikan Kenari berulang kali dengan cairan kimia merah yang pekat.

Kalau sudah begitu, konsumen serta peternak akan sulit membedakan Kenari Merah asli dan palsu. Terlebih, tindak kecurangan ini dilakukan pada saat Kenari akan mabung. Alhasil, warna merah pada Kenari yang palsu akan sulit dikenali.

Akan tetapi, guna mencegah penipuan itu ada tips yang bisa dilakukan untuk mengecek atau meneliti ciri burung Kenari wortel atau Kenari merah sebelum anda memutuskan untuk membelinya.

Baca juga: 10 Cara Membedakan Perkutut Putih Asli dan Palsu dari Ciri Fisik

Ciri Kenari Wortel Merah (birdsnow.com)
Ciri Kenari Wortel Merah (birdsnow.com)

Ciri-ciri Burung Kenari Wortel Merah Asli

1. Paruh Burung Kenari

Sebelum membeli, lihat dulu bagian paruh Kenari Wortel di bagian paruh. Apabila warna merah di paruh Kenari terlihat sangat tajam atau justru tampak luntur berarti ada kemungkinan itu burung Kenari Wortel Merah palsu.

Loading...

2. Kaki dan Batang Bulu Kenari

Sama seperti bagian paruh, lihat juga kaki dan batang bulu Kenari Merah. Jika warnanya terlalu merah pekat atau sedikit luntur, Anda harus curiga karena bisa jadi itu burung Kenari Merah palsu.

3. Ring Kaki Burung Kenari

Umumnya, Kenari Merah yang asli mempunyai identitas penangkaran dari ring dan sertifikat yang jelas. Misalnya, siapa indukannya, di mana tempat penangkarannya, kapan lahirnya, dan lain-lain.

Dengan adanya identitas yang jelas akan diketahui indukannya disilangkan dengan jenis Kenari apa, keturunan indukan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Mengenali Murai Batu Medan Asli dari Ciri Fisiknya

4. Burung Kenari Mabung

Kalau pewarnaan bulu Kenari Merah dilakukan menjelang mabung, tentu hasilnya akan sangat mendekati dengan aslinya. Sebab, bulu Kenari yang akan tumbuh mempunyai warna merah mirip aslinya.

Oleh karena itu, cara mengecek Kenari Merah yang asli dan palsu, berarti Anda harus menunggu sampai masa mabung berikutnya. Apabila warna bulunya tidak berubah, berarti burung Kenari Merah tersebut asli. Begitu pula sebaliknya, tapi Anda harus bersabar.

5. Cabut Bulu Kenari

Ciri Kenari Wortel Merah yang asli juga dapat dilihat dari bulu yang tumbuh di bagian dada. Jadi, cabut dulu beberapa helai bulu dada Kenari, kemudian tunggu 2-3 minggu sampai bulunya tumbuh lagi.

Jika warna bulu Kenari yang sebelumnya merah berubah jadi warna lain, berarti Anda perlu curiga. Jangan-jangan itu burung Kenari Wortel Merah yang palsu. Teknik ini akan bekerja maksimal jika 7 hari pertama setelah pencabutan, burung Kenari tidak diberi pakan yang mengandung obat pewarna buatan.

6. Warna Bulu Kenari

Apabila warna bulu burung Kenari Wortel tersebut tidak beraturan, maka Anda perlu waspada karena bisa itu Kenari Wortel palsu. Mengapa warnanya tidak beraturan? Kemungkinan cara pelaku saat menyemprot bulu Kenari tidak rapi, sehingga warnanya tidak beraturan.

Baca juga: Fakta Mengejutkan dan 10 Ciri Cucak Ijo Banyuwangi yang Asli

7. Bau Bulu Kenari

Kalau pelaku menggunakan bahan kimia pewarna buatan untuk mengecat bulu Kenari, tentu bulunya akan berbau menyengat. Bau bulu Kenari semiran ini bisa berasal dari pewarna makanan, pewarna pakaian, tinta cat, tinta spidol, dan cat lainnya.

8. Bulu Disemprot Air

Jika pelaku kurang mahir dalam memalsukan bulu Kenari, biasanya bulu Kenari yang palsu mudah luntur. Anda bisa menyemprotkan air pada bulu Kenari Wortel Merah untuk memastikan tingkat keasliannya. Namun, kalau warnanya sudah melekat sempurna dengan bulu Kenari, tentu disemprot air pun tidak luntur catnya.

9. Kenari Diolesi Minyak

Untuk mengetahui ciri Kenari Wortel Merah asli atau palsu, Anda dapat mengolesi bulunya dengan minyak kayu putih, tinner, atau minyak zaitun. Jika bulu Kenari tersebut palsu, pasti warnanya akan luntur. Namun, sebelumnya Anda harus meminta izin kepada penjualnya agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Baca juga: 5 Trik Membedakan Lovebird GS Asli dan Palsu

Demikian beberapa tips dan cara membeli Kenari Wortel Merah yang asli agar tidak tertipu. Tahukah Anda, mengapa disebut Kenari Wortel? Hal ini karena Bentuk tubuh bagian atasnya seperti Wortel, sehingga dipanggil Kenari Wortel.

Anda perlu berhati-hati dalam membeli Kenari Merah, pasalnya burung tersebut cukup mudah dipalsukan. Sebab, warna keseluruhan tubuhnya berwarna merah. Kalau ada semburat warna lain, tentu agak sulit dipalsukan.

Agar tidak tertipu modus jual beli burung palsu atau semiran, sebaiknya Anda melakukan beberapa tips di atas. Walau membutuhkan waktu agak lama, yang penting hati tenang karena berhasil mendapatkan burung Kenari Wortel Merah yang asli.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung kenari merah
  • cara agar kenari menjadi warna merah
  • harga kenari merah

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!