5 Cara Membersihkan Gigi Kucing yang Benar

Burungnya.com – Seorang wanita yang memelihara kucing di rumahnya pernah bersedih bahkan menangis. Setelah kami tanya, ternyata kucing yang dia pelihara meninggal gara-gara sakit gigi.

Apakah penyakit gigi bisa merenggut nyawa? Tentu saja, oleh karena itu kita harus bisa membersihkan gigi kucing dengan benar.

Soalnya, kucing yang baru memakan makanan basah cenderung bisa terselip makanannya. Kalau gigi kucing tidak dibersihkan, nanti bau napasnya menjadi batu tidak sedap.

Lama-kelamaan gigi kucing menguning dan berkerak. Lalu, banyak kuman dan bakteri di gigi kucing. Alhasil, bisa merusak gigi dan menjadikannya berlubang.

Dampak terparah kucing bisa sakit gigi dan dia tidak mau makan. Berat tubuhnya menyusut, tenaganya melemah. Semakin lama hal tersebut dibiarkan, maka kucing bisa meninggal.

Cara Membersihkan Gigi Kucing (petbarn.com)
Cara Membersihkan Gigi Kucing (petbarn.com)

Cara Membersihkan Gigi Kucing

Oleh sebab itu, kita harus rajin-rajin membersihkan gigi kucing. Kalau giginya tidak dibersihkan nanti kotor dan mengundang banyak kuman serta bakteri.

1. Alat dan Bahan

Pasta gigi dan sikat gigi kucing berbeda dengan manusia. Kucing memiliki peralatan untuk membersihkan gigi sendiri.

Jadi, Anda bisa membeli pasta gigi khusus kucing dan sikat giginya di petshop. Soalnya, pasta gigi kucing tidak mengandung Xilitol, rasa mint, dan lain-lain.

2. Perkenalkan Sikat Gigi dan Pasta Gigi

Mungkin kucing Anda nanti akan ketakutan saat mau sikat gigi. Jadi, Anda harus memperkenalkan sikat gigi dan pasta gigi pada kucing.

Pertama biasakan kucing untuk mandi. Setelah itu, sering ajak kucing main dengan sikat gigi dan pasta gigi. Nanti kucing tidak akan takut saat akan disikat giginya.

3. Saat Menggosok Gigi Kucing

Pada saat menggosok gigi kucing, sebaiknya Anda mengajak beberapa teman. Bila Anda melakukannya sendiri, sebaiknya gunakan handuk tebal.

Loading...

Balut tubuh kucing dengan handuk dan pegangi bagian kepalanya. Sikat gigi kucing secara perlahan. Bila kucing berontak, maka tunda dulu sikat giginya.

Lakukan lagi keesokan harinya agar kucing tidak stres dan semakin ketakutan. Yang penting pastikan bahwa kucing tidak takut sikat gigi.

4. Sikat Gigi Pakai Jari

Apabila kucing Anda sudah jinak, Anda bisa menyikat giginya menggunakan jari. Oleskan pasta gigi pada ujung jari, lalu sikatkan pada gusi dan gigi kucing.

Namun, kalau kucing Anda agresif dan suka mengigit, lebih baik jangan lakukan cara tersebut.

5. Waktu Sikat Gigi Kucing

Kapan kucing harus sikat gigi? Sebaiknya menyikat gigi kucing tidak dilakukan setiap hari, mengingat kucing tidak terbiasa sikat gigi.

Takutnya kucing malah tersiksa karena sikat gigi. Kemudian dia stres dan tidak mau sikat gigi lagi.

Jadi, kapan waktu sikat gigi kucing yang tepat? Anda bisa menyikat gigi kucing setiap 2-3 kali seminggu. Apabila makanan kucing termasuk kering, sikat giginya 1 kali seminggu.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara membersihkan gigi kucing yang benar. Anda dapat menyikat gigi kucing dengan sikat gigi dan pasta gigi khusus.

Apabila kucing sudah jinak pada majikan, Anda bisa membersihkan gigi menggunakan jari langsung. Ini cukup berisiko Anda tergigit, jadi Anda harus berhati-hati.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!