10 Cara Membersihkan Kotoran Kucing sampai Bersih

Burungnya.com – Kotoran kucing menimbulkan bau busuk dan meninggalkan bekas yang tidak enak dipandang mata. Ini harus dibersihkan agar tidak menyebabkan sumber penyakit? Tapi bagaimana cara membersihkan kotoran kucing di lantai sampai bersih?

Biasanya kotoran kucing masih menyisakan bau yang tidak sedap. Ini karena kotoran kucing begitu kuat sehingga bila makanan kucing kurang terjaga, maka kotorannya akan berbau sangat busuk.

Apalagi bila kotoran kucing berserakan di rumah atau teras, tentu akan sangat mengganggu sekali. Anda tidak ingin sampai kaki Anda tak sengaja menginjak kotoran kucing bukan?

Oleh karena itu, pembersihan kotoran ‘bos’ yang satu ini harus dilakukan secara tuntas. Jangan sampai kotoran kucing tertinggal di lantai dan masih menyisakan bau super menyengat.

Lantas apa yang harus dilakukan pemilik rumah?

Baca juga: 8 Cara Mencegah Kucing Buang Kotoran Sembarangan

Cara Membersihkan Kotoran Kucing

1. Ditaburi Pasir atau Tanah

Apa yang Anda lakukan pertama kali saat melihat kotoran kucing di lantai? Anda cukup menaburi kotoran tersebut dengan pasir atau tanah.

Tujuannya agar bau kotoran kucing tidak menyebar ke mana-mana. Kemudian kotoran kucing yang cair akan menggumpal karena pasir atau tanah.

Setelah kotoran cukup kering, angkat kotoran dengan tempat sampah yang ada pegangannya panjang. Jika tidak ada tempat sampah, gunakan cetok atau kepi kecil.

Intinya cari alat yang bisa mengangkat kotoran kucing dalam sekali angkat. Kalau Anda membersihkannya dengan sapu lidi, nanti kotoran kucing justru akan berserakan ke mana-mana.

Cara Membersihkan Kotoran Kucing sampai Bersih (excitedcats.com)
Cara Membersihkan Kotoran Kucing sampai Bersih (excitedcats.com)

2. Bekas Kotoran Kucing Bersihkan dengan Wipol

Saat ini pembersih lantai harus bisa membersihkan lantai sekaligus membunuh kuman. Salah satu produk yang bisa melakukan hal tersebut adalah pembersih lantai Wipol.

Produk ini dapat membunuh kuman dan menghilangkan bau kotoran kucing. Baunya mungkin tidak terlalu wangi. Wipol baunya khas seperti di rumah sakit.

Namun, sudah pasti Wipol bisa membunuh kuman dan bau tak sedap. Sehingga kotoran kucing yang baunya menyengat akan wangi kembali. Kemudian bekas kotorannya akan bersih tuntas.

3. Kotoran Kucing di Karpet atau Keset

Kalau kotoran kucing di keset atau karpet, berarti pembersihkan harus dilakukan secara menyeluruh dan berulang. Sebab, kotoran kucing di bahan kain akan sulit hilang.

Terlebih air kencing kucing juga sulit dihilangkan baunya. Dalam hal ini gunakan air bertekanan untuk menyemprot karpet atau keset.

Setelah cukup bersih langsung tuangkan sabun cair ke area yang terkena kotoran kucing. Tunggu sebentar dan gosok dengan sikat.

Terakhir bekas kotoran disemprot lagi dengan air bertekanan. Kalau karpet ukurannya besar bisa dicuci secara berulang. Nah, jika keset ukurannya kecil, jadi Anda bisa merendamnya di air hangat.

Masukkan air panas di ember, lalu keset dicelupkan ke dalamnya. Tunggu sampai air dingin agar bisa dicuci ulang. Air hangat bisa membantu menghilang bekas noda kotoran kucing.

Baca juga: 13 Cara Mengusir Kucing Buang Kotoran di Depan Rumah

4. Kotoran Kucing di Rumput

Bagian depan rumah Anda mungkin banyak rumputnya. Tempat seperti ini disukai kucing untuk buang kotoran. Masalahnya bau kotoran tersebut busuk sekali, bahkan tercium dari dalam rumah.

Cara membersihkan kotoran kucing tersebut bisa menggunakan air bertekanan. Tapi sebelumnya, taburi kotoran dengan tanah. Tujuannya agar kotoran bisa terserap di tanah.

Setelah kering, baru siram kotoran tadi dengan air bertekanan. Dijamin kotoran kucing bersih dan tidak tercium bau busuk lagi.

Loading...
Cara Membersihkan Kotoran Kucing (wagwalking.com)
Cara Membersihkan Kotoran Kucing (wagwalking.com)

5. Kotoran Kucing di Depan Rumah

Kucing kampung atau kucing tetangga sering buang kotoran sembarangan. Sebagai pemilik rumah tentu Anda merasa terganggu dan kesal. Daripada ribut dan hubungan antar tetangga menjadi tidak baik, mending bersihkan saja kotorannya.

Siapkan selang panjang dengan ujung penyemprot bertekanan. Taburkan tanah atau pasir di permukaan kotoran. Nanti kotoran yang cair akan menggumpal.

Saat kotoran sudah menggumpal, angkat kotoran dengan sekop atau alat apapun. Bekas kotoran bisa disemprot dengan air bertekanan. Bila masih kotor siram dengan Wipol di atas bekas kotoran kucing.

Gosok bekas kotoran dengan sikat dan gerakan memutar. Bilas kembali kotoran dengan air. Area depan rumah Anda selalu semprot dengan Wipol.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Pesing Kencing Kucing Paling Cepat

Masukkan cairan Wipol dalam semprotan. Kemudian semprotkan di area depan rumah. Kucing yang mencium bau Wipol kebanyakan akan menghindar dan tidak mau ke situ lagi.

Sayangnya bau ini mudah memudar, sehingga Anda harus rutin menyemprotkan Wipol sehari minimal dua kali. Selain Wipol Anda bisa memanfaatkan penyemprot parfum otomatis milik Stella.

Cara Mengusir Kucing Agar Tidak Buang Kotoran Sembarangan

Nah untuk menghindari kucing buang kotoran lagi, Anda bisa melakukan serangkaian cara berikut.

1. Semprotan

Anda bisa menyemprotkan air ke kepala kucing agar dia pergi menjauh. Lakukan penyemprotan saat kucing datang, nanti dia akan pergi dan lari ketakutan.

2. Mainan Tembak Air

Bila Anda mempunyai anak kecil, belikan dia mainan tembak air dan minta dia menembakkan pada tubuh kucing.

Cara Membersihkan Kotoran Kucing di Lantai Rumah (kitty-cats.blog)
Cara Membersihkan Kotoran Kucing di Lantai Rumah (kitty-cats.blog)

3. Botol Air

Botol bekas air minum yang besar diisi air penuh kemudian masukkan cabai. Pajang botol berisi air di area yang biasa digunakan untuk buang kotoran kucing.

4. Pengharum Ruangan

Tempatkan pengharum ruangan otomatis di teras rumah. Letakkan pengharum ini di lokasi yang strategis. Kucing yang mencium bau wangi akan kaget karena tidak ada orang tapi baunya wangi sekali, kemudian dia pergi.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Bau Pipis Kucing yang Menyengat

5. Lidi

Ambil lidi dari sapu lidi atau penebah. Tancapkan satu lidi di tanah atau pot bunga. Kucing dipercaya takut dengan lidi sehingga dia tidak akan datang lagi ke rumah.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membersihkan kotoran kucing sampai bersih dan mengusir kucing yang buang kotoran sembarangan. Kucing kampung memang suka meninggalkan jejak agar temannya tidak datang ke situ.

Selain kotoran, kucing sering kencing sembarangan. Bau kencing kucing memang menyengat tapi lebih bau kotoran kucing. Jadi, Anda harus sedia pembersih Wipol dan menyiapkan alat pel.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!