17 Cara Membersihkan Telinga Kucing dan Obat Tetes Telinga

Burungnya.com – Bagian telinga kucing tampak lebih besar. Sehingga kotoran mudah masuk dan menumpuk di sana. Bagaimana cara membersihkan telinga kucing?

Cukup mudah caranya, Anda cukup membuat kucing merasa tenang dulu. Sebab, ketenangan dalam diri kucing merupakan cara termudah agar pembersihan telinga berjalan lancar.

Oh iya, membuat kucing tenang, sebenarnya gampang. Anda bisa mengelusnya secara perlahan atau meletakkan tubuhnya di pangkuan.

Setelah itu, baru lanjut ke proses membersihkan telinga kucing. Telinga kucing yang dibiarkan kotor akan menjadi sarang penyakit.

Bahkan kucing bisa mengalami gatal dan menggaruk di area telinga karena rasa yang tidak nyaman. Selain itu, pendengaran kucing bisa saja terganggu.

Daripada kucing mengalami sesuatu yang tidak nyaman, mending telinga kucing segera dibersihkan.

Baca juga:

Cara Membersihkan Telinga Kucing

1. Kucing Dibuat Nyaman

Pertama langkah yang Anda lakukan adalah membuat kucing nyaman agar tidak stres. Kucing cukup sulit dibersihkan, apalagi di bagian yang sensitif.

Untuk membuat kucing nyaman, Anda bisa memeluknya atau dibalut dengan handuk hangat dan lembut.

2. Cairan Pembersih Telinga

Anda dapat membersihkan telinga kucing dengan cairan pembersih khusus kucing. Apabila Anda tidak menemukan cairan tersebut di pet shop, Anda bisa menggunakan baby oil.

Kotoran telinga kucing yang kering akan menjadi lunak dan mudah dibersihkan. Baby oil dioleskan dulu ke kapas lalu diusapkan pada daun telinga kucing.

Ingat awalnya telinga kucing akan bersih. Namun, bila bekas baby oil tidak dibersihkan maka debu-debu akan mudah menempel pada telinga kucing.

Oleh karena itu sisa baby oil dibersihkan dengan tisu kering saja. Jangan bersihkan baby oil dengan air, nanti tidak akan bersih.

3. Pijat Daun Telinga Kucing

Sambil dibersihkan, pijat telinga kucing agar kucing semakin nyaman. Ingat daging di telinga sangat tipis, sehingga pemijatannya ringan saja.

4. Kucing Menggelengkan Kepala

Apabila kucing sering menggelengkan kepala saat proses pembersihan, Anda tidak perlu panik. Sebab, kotoran telinga justru akan keluar sendiri saat kucing menggelengkan kepala.

5. Membersihkan Kotoran Telinga Kucing Kering

Bagaimana jika kotoran telinga kucing kering? Anda bisa membersihkan telinga kucing yang kering dengan bantuan baby oil dan kapas.

Bila kotoran berada di dalam dan sulit dijangkau jari, Anda bisa memakai cottonbuds.

6. Bersihkan Telinga Di Tempat yang Terang

Lubang telinga kucing sangat kecil, sehingga Anda harus membersihkan telinganya di tempat yang terang.

Misalnya, Anda bisa membersihkan telinga kucing saat siang hari di teras rumah.

7. Membersihkan Telinga dengan Senter

Pakai senter untuk menerangi lubang telinga kucing. Anda bisa memakai senter konvensional atau senter HP. Arahkan cahaya senter tepat ke pusat kotoran telinga kucing.

Obat Tetes Telinga Kucing Untuk Membersihkan Telinga Kucing
Obat Tetes Telinga Kucing Untuk Membersihkan Telinga Kucing

Caira Obat Tetes Telinga Kucing

Terdapat beberapa pembersih telinga kucing atau obat tetes telinga kucing. Namun tidak semua obat berfungsi sebagai pembersih, ada juga yang difungsikan untuk pengobatan telinga kucing.

1. Healthy Ears

Healthy Ears lumayan ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari sakit telinga, gatal-gatal, bengkak, berdarah, bernanah, hingga radang telinga.

2. Vet Otic Earmites

Vel Otic bisa berperan sebagai bakteriostatik maupun bakterisida yang akan mengatasi parasit pada telinga hewan peliharaan.

3. Paranicol

Obat Paranicol cukup efektif mengatasi infeksi telinga yang terjadi karena kutu.

4. Allium Drops

Allium Drops dapat membunuh kutu dewasa sekaligus telur-telurnya dalam waktu yang sangat cepat, yaitu 2-3 hari saja.

5. TytarNis Ear Drop

TytarNis digunakan untuk mengatasi berbagai jenis peradangan pada jaringan telinga karena adanya infeksi bakteri, seperti radang telinga luar, radang telinga tengah hingga radang telinga dalam.

6. Im Organic Earmites Buster

Im Organic adalah produk dalam negeri yang bekerja ampuh menghilangkan kutu telinga, scabies, dan kotoran dari bakteri dalam waktu cepat.

7. Ear Mite Mucodect

Mucodect bisa mengobati infeksi kutu telinga dan radang telinga kucing.

8. R-Cleaner

R-Cleaner merupakan pembersih telinga kucing yang tidak berbahaya sehingga aman digunakan. Obat tetes ini cukup efektif untuk menghilangkan kotoran dari telinga hewan peliharaan.

9. Ear Cleaner+

Obat ini telah diformulasikan untuk dapat berperan sebagai antibiotik aktif dalam mengatasi masalah telinga hewan peliharaan yang disebabkan karena adanya kutu atau binatang tak kasat mata lainnya.

10. Bioline Ear Care

Bioline Ear Care bisa dipakai untuk membersihkan dan merawat telinga kucing kesayangan.

Selain membersihkan telinga, obat tetes ini juga dapat menghilangkan bau yang tidak sedap.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membersihkan telinga kucing yang benar. Kami juga melengkapi beberapa obat pembersih telinga kucing, siapa tahu Anda membutuhkannya saat fungsi baby oil kurang maksimal.

Untuk obat tetes telinga kucing, Anda bisa mengikuti petunjuknya di kemasan. Pasalnya, setiap obat memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.