Cara Membuat Burung Kacer Cepat Jinak Dalam Waktu Singkat

Burungnya.com – Burung Kacer yang suka berkicau, biasanya dinamakan burung Kacer Cepat jinak. Kalau burung Kacer Anda masih giras dan kerabakan jika didekati, berarti burung tersebut masih liar. Burung Kacer liar hanya mau berkicau di tempat yang sepi karena dia terbiasa berkicau di hutan dan jauh dari pemukiman manusia.

Oleh karena itu, jika Anda membawanya ke rumah pasti burung tersebut enggan untuk berkicau merdu. Lantas, bagaimana solusinya? Kalau sudah begini, berarti Anda harus membuat burung Kacer cepat jinak.

Apakah bisa membuat burung Kacer jinak dalam waktu singkat? Singkat tidaknya membuat jinak burung Kacer tergantung dari cara Anda dalam melatih dan merawat burung tersebut. Jika Anda memberikan pelatihan dan perawatan yang rutin, pastinya burung Kacer Anda yang tadinya giras dapat menjadi jinak dalam waktu singkat.

Nah, agar Anda bisa lebih cepat menjinakkan burung Kacer, maka kami tak akan basa-basi lagi. Berikut beberapa cara membuat burung Kacer cepat jinak dalam waktu singkat.

Baca juga: 7 Jenis Burung Mudah Jinak dan Cocok Dipelihara di Rumah

Cara Buat Kacer Cepat Jinak

Cara menjinakkan Kacer lengkap dengan video (youtube.com)
Cara menjinakkan Kacer lengkap dengan video (youtube.com)

1. Kacer Ditenangkan

Mengondisikan keadaan sekitar burung Kacer dalam keadaan tenang selama satu hari penuh. Caranya dengan mengkerodong sangkarnya dengan kain. Setelah itu, tempatkan sangkar burung Kacer pada ruangan atau daerah yang tenang dan sepi.

2. Kacer Diletakkan di Tempat Ramai

Hari berikutnya, Anda bisa meletakkan sangkar burung di kawasan yang sering dilalui manusia. Tujuannya, agar burung dapat beradaptasi dengan manusia dan tidak takut lagi.

Namun, perlu Anda ketahui, dalam meletakkan sangkar burung harus di tempat yang aman. Maksudnya aman, dari predator hewan lain dan pencuri. Dalam metode ini, Anda juga harus melepas wadah pakan dan minumnya.

3. Kacer Dimandikan

Cara membuat burung Kacer cepat jinak selanjutnya, yakni dengan memandikan burung. Dalam hal ini, Anda dapat memandikan burung Kacer dengan cara disemprot menggunakan sprayer hingga basah kuyup.

Ingat, proses pemandian harus sampai basah kuyup. Ini memang terlihat sadis, tapi tak apa karena proses tersebut termasuk metode untuk menjadikan burung Kacer cepat jinak.

Kacer jinak sedang mandi (toko-lovebird.blogspot.com)
Kacer jinak sedang mandi (toko-lovebird.blogspot.com)

4. Kasih Jangkrik dengan Tangan

Nah, setelah bulu-bulunya mengering, biasanya burung Kacer akan merasa lapar. Di sinilah peran Anda untuk membuat burung Kacer jinak. Caranya, dengan memberikan jangkrik menggunakan tangan.

Jika burung masih malu-malu, Anda bisa mencoba memberinya makan menggunakan lidi. Lakukan, hal seperti ini rutin setiap hari (pagi dan sore) sampai dia tidak mau diberikan makan jangkrik menggunakan tangan.

Baca juga: 40 Makanan Kacer Alami, Pabrikan, dan Racikan Agar Cepat Gacor

5. Jemur dan Kroto

Lebih bagus lagi, setiap pagi burung Kacer dijemur di bawah terik matahari yang masih hangat sambil diberi jangkrik atau kroto sebanyak satu sendok teh.

Agar Kacer Cepat Jinak (hedcentrcp.wordpress.com)
Agar Kacer Cepat Jinak (hedcentrcp.wordpress.com)

6. Dikasih Air Liur

Tips selanjutnya datang dari Suaraburungs yang dipercaya ampuh untuk menjinakkan burung Kacer. Cara ini juga sudah sering dilakukan oleh orang-orang guna menjinakkan burung Merpati. Cara melakukannya, Anda dapat memberikan air liur Anda sendiri pada burung dengan gerakan seperti meloloh.

Cara ini dilakukan agar burung Kacer lebih cepat mengenali Anda. Namun, perlu diperhatikan juga, sebelum Anda memberi air liur ke burung Kacer, sebaiknya Anda harus mengonsumsi makanan atau minuman yang sehat bukan yang mengandung alkohol.

7. Dimandikan Air Perasaan Daun Pare

Suaraburungs juga memberikan tips lain dengan cara memandikan burung menggunakan air perasan daun pare atau paria. Namun ingat, jangan sampai air perasaan tersebut terminum oleh burung. Jadi, untuk menanggulangi hal tersebut, Anda bisa memandikan burung dengan cara disemprot sambil dipengangi tubuhnya.

Baca juga: 8 Cara Menjinakkan Kacer Lengkap dengan Video

Tips Mempercepat Kacer Jinak

Kacer jinak bergaya dan bertengger di jari tangan (kicaumania.or.id)
Kacer jinak bergaya dan bertengger di jari tangan (kicaumania.or.id)

Ada beberapa cara mempercepat Kacer jinak, pilihannya dua yaitu memanjakan burung atau membuat burung lapar.

Burung Kacer Dimanjakan

Istilah burung Kacer dimanjakan bukan dibelikan ini itu ya. Maksudnya burung Kacer diberi jangkrik sepuasnya setiap pagi dan sore.

Coba setiap pagi Kacer diberi jangkrik 5 ekor. Kemudian sore harinya berikan Kacer 5 ekor jangkrik. Sesekali Kacer juga boleh diberi ulat hongkong.

Terapi Lapar Kacer

Satunya lagi terapi lapar untuk Kacer. Burung diberi makan setiap beberapa jam sekali. Sementara pakan di dalam sangkar harus dikosongkan. Makanan Kacer bisa berupa jangkrik saja. Jadi setiap 3 jam sekali lolohkan jangkrik dengan tangan.

Jangan sampai telat memberi makan Kacer, nanti bisa mati. Kemudian lebih sering ajak interaksi burung Kacer, dengan siulan atau cetrekan jempol.

Baca juga: 16 Cara Merawat Kacer Dewasa Agar Cepat Jinak dalam 4 Minggu

Kesimpulan

Demikian, beberapa cara membuat burung Kacer cepat jinak dalam waktu singkat. Oh iya, cepat tidaknya penjinakkan burung Kacer tergantung pada konsistensi Anda dalam merawatnya. Jika Anda rutin merawat burung Kacer, kemungkinan besar dalam kurun waktu dua minggu, burung Kacer Anda sudah bisa berkicau merdu sekali.

Kacer cepat jinak bila perawatan dimulai dari awal masih anakan. Untuk Kacer dewasa, sebenarnya bisa jinak, tapi butuh waktu lama. Anda harus bisa membuat Kacer nyaman sehingga burung Kacer percaya pada Anda.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara menjinakan kacer
  • cara menjinakan burung kacer
  • cara merawat kacer biar jinak dan gacor
  • Menjinakan kacer
  • cara menjinakkan burung kacer
  • agar kacer cepat gacor dan jinak
  • cara menjinakkan kacer
  • cara menjinakan
  • cara menjinakan kacer bahan
  • cara agar kacer jinak total

3 thoughts on “Cara Membuat Burung Kacer Cepat Jinak Dalam Waktu Singkat”

  1. Saya habis beli kacer troto mh. 2hari dah ngepur.
    Lalu saya tinggal pulkam 1minggu..
    Tk titipin tetangga
    Setalh saya balik lagi..kacer liat saya kok langsung grabak notok..atas paruh sampe luka..
    Tp klo digantangin agak jauh dari saya.. Tetangga pada lewat..burung g takut malah didis..
    Sedih saya jadinya..
    Padhal perwatan saya juga biasa aja.. Tidak sampai menyiksa..
    Mohon solusi nya para suhu

    Reply
    • Mungkin masih takut burungnya, apalagi ditinggal selama 1 minggu. Coba Anda melakukan pendekatan ke burung Kacer mulai dari awal lagi, seperti pemandian rutin, loloh, dan lain-lain agar Kacer lebih jinak. Setelah itu lihat hasilnya seminggu kemudian.

      Reply

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.