8 Cara Membuat Burung Walet Cepat Menginap dan Bersarang

8 Cara Membuat Burung Walet Cepat Menginap dan Bersarang

Burungnya.com – Membangun rumah Walet membutuhkan biaya yang mahal. Rasanya akan sangat menyakitkan apabila tidak ada burung Walet yang mau bersarang di rumah Walet baru. Kalau Anda baru saja membangun gedung burung Walet, sudah seharusnya Anda segera mencari cara agar burung Walet cepat menginap di rumah baru.

Burung Walet membutuhkan tempat yang nyaman untuk bersarang dan menetaskan telurnya. Mereka pasti akan mencari rumah Walet atau gedung Walet yang mempunyai desain sederhana tapi nyaman dan tenang untuk ditinggali.

Setelah itu, baru burung Walet mau tinggal dan menginap di rumah Walet tersebut. Ada beberapa tips dan cara supaya burung Walet cepat menginap di rumah Walet baru. Caranya ternyata cukup mudah tapi membutuhkan biaya.

Baca juga: 5 Jenis Sarang Burung Walet di Indonesia

Pasalnya, Anda nanti harus menyiapkan pemutar suara dan beberapa sound system agar Walet segera tinggal di rumah baru. Selain itu, dibutuhkan pula beberapa perawatan agar rumah Walet terbebas dari gangguan hewan dan mencegah kebocoran sarang Walet.

Burung Walet Cepat Menginap di Rumah Walet (socialtextjournal.com)
Burung Walet Cepat Menginap di Rumah Walet (socialtextjournal.com)

Cara Membuat Burung Walet Cepat Bersarang dan Cepat Menginap

1. Putar Bunyi Panggil Anakan Burung Walet

Untuk menarik perhatian burung Walet agar cepat bersarang di rumah baru, Anda harus memutar bunyi atau suara Walet pemanggil berupa karakter bunyi anakan. Alasannya, jenis bunyi anakan Walet dapat menarik anakan burung Walet lain agar segera pindah dan menginap di gedung baru.

2. Suara Diputar dengan Media Player

Agar burung Walet segera bersarang, putar suara-suara Walet tadi menggunakan media player, MP3 player, atau perangkat lainnya. Jangan lupa, sertakan sound system dan beberapa speaker yang diletakkan di sudut-sudut gedung agar suaranya menyebar sampai keluar. Dengan begitu, koloni burung Walet akan terpikat dan segera bersarang ke dalam rumah baru.

3. Suhu dan Kelembaban Rumah Walet

Sesuaikan suhu dan kelembaban rumah Walet agar burung Walet mau bersarang di dalamnya. Intinya, buat rumah Walet nyaman sesuai dengan kehidupan burung Walet di dalam goa atau alam liar. Sehingga suhu dan kelembabannya harus diperhatikan.

Loading...

Baca juga: 15 Fakta Menarik tentang Burung Walet dan Sarang Burung Walet di Indonesia

Kalau bisa buat suhu rumah Walet berkisar antara 27-29 derajat Celcius. Sementara kelembaban rumah Walet sekitar 80-90 persen. Itu tadi porsi yang tepat untuk membuat burung Walet cepat menginap dan bersarang di gedung baru. Kalau sampai kurang dari itu, maka burung Walet tidak akan mau menginap dan pergi menjauh.

4. Lindungi dari Gangguan Hewan

Burung Walet tidak bisa hidup dengan hewan lain. Oleh karena itu pastikan rumah Walet steril dan bersih dari gangguan hewan lain, seperti semut, tikus, serangga, kecoa, ular, dan lain-lain. Terutama Anda harus fokus pada gangguan semut karena pergerakannya tidak terlihat. Semut bisa menggigit anak Walet dan akhirnya mati.

5. Jangan Sampai Sarang Walet Bocor

Sarang Walet bisa saja bocor karena dimakan oleh kecoa. Kalau sudah demikian, burung Walet bisa pergi dan pindah ke tempat baru. Nah, kalau Anda baru membangun gedung Walet pastikan sarangnya atau tempat menaruh sarang Walet tidak bocor.

6. Hindari Masuk Rumah Walet Siang Hari

Kalau bisa Anda jangan masuk ke dalam rumah Walet pada siang hari sekitar pukul 12.00 – 14.00. Sebab, waktu-waktu tersebut membuat burung Walet takut karena merasa Anda sebagai pengganggu.

7. Basmi Semua Predator dan Hama Walet

Apabila Anda menemukan hama burung Walet, maka segera dibasmi saja. Burung Walet memiliki beberapa jenis hama, seperti semut, tikus, tupai, burung Hantu, kecoa, ular, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Melindungi Burung dari Bahaya Tikus, Ular, Semut, Nyamuk, dan Kucing

Jadi, jika Anda menemukan salah satu hewan tersebut di area dekat rumah Walet, maka segera basmi saja. Kalau dibiarkan begitu saja, mereka akan beranakpinak dan berkembang menjadi lebih banyak.

8. Berikan Parfum atau Cairan Pemikat Walet

Tidak hanya suara saja yang dapat memikat burung Walet untuk menginap atau bersarang. Anda juga bisa memberi parfum atau cairan pemikat Walet. Cairan ini dapat disemprotkan di sirip dinding Walet. Dengan begitu, Walet seakan mencium burung Walet lain sudah bersarang di rumah Walet baru.

Anda dapat membeli parfum burung Walet atau cairan pemikat Walet di toko online seperti Shopee dengan harga Rp 80.000.

Baca juga: Desain Rumah Walet Kecil dari Kayu

Demikian beberapa cara membuat burung Walet cepat menginap atau cepat bersarang di rumah baru. Cara ini cukup sederhana tapi jika tidak dilakukan dengan benar, maka tidak akan ada seekor burung Walet pun yang mau bersarang di rumah Walet Anda.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara buat kandang walet yg irit cepat dihuni
  • cara supaya burung walet cepat menginap
  • cara cepat burung walet bersarang
  • cara burung walet cepat bersarang
  • cara agar walet cepat menginap
  • Walet nyarang
  • Si walet cepat bersarang
  • Apa sebabnya burung walet mau tinggal tp ngak mau nyarang ?
  • agar walet cepat menginap
  • Apa kah burug walet mau nginap di rmah biasa

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!