8 Cara Membuat Cucak Ijo Emosi dan Bongkar Isian

8 Cara Membuat Cucak Ijo Emosi dan Bongkar Isian

Burungnya.com – Cucak Ijo bukan termasuk burung petarung. Sehingga bisa dikatakan karakter burung ini cenderung tidak stabil. Untuk menstabilkan karakter atau birahinya, Cucak Ijo dapat ditrek dengan burung Cucak Ijo lainnya, baik jantan atau betina.

Tujuan burung ditrek adalah agar Cucak Ijo naik birahi dan cepat emosi. Burung menjadi cepat panas saat melihat burung yang lain. Cara mudah membuat Cucak Ijo terpancing emosinya dengan menggunakan burung betina. Mungkin karena birahi naik sehingga emosi juga ikut naik.

Jadi, dalam tips ini Anda setidaknya memiliki sepasang Cucak Ijo jantan dan betina atau beberapa Cucak Ijo lain. Kalau Anda main single fighter cukup sulit karena burung ini membutuhkan lawan dan pasangan agar emosinya cepat panas.

Terapi Cucak Ijo Ngentrok Volume Tembus (youtube.com)
Terapi Cucak Ijo Ngentrok Volume Tembus (youtube.com)

Cara Membuat Cucak Ijo Cepat Emosi dan Panas

Untuk membuat burung Cucak Ijo cepat emosi diperlukan latihan dan perawatan harian yang konsisten. Setidaknya burung harus mempunyai stamina yang kuat karena latihan ini berhubungan dengan mental, birahi, dan performa di lapangan.

1. Gantung Sangkar Dekat Betina

Pertama, Anda dapat menggantung sangkar Cucak Ijo jantan berdekatan dengan betina. Sangkar burung betina dikerodong dan kerodongnya dibuka sedikit saja. Biarkan burung jantan penasaran dan mengintip Cucak Ijo betina.

2. Sering Ikut Gantangan atau Latber

Setelah latihan dengan burung betina, selanjutnya Anda dapat mencoba mengikuti gantangan atau latberan dengan Cucak Ijo yang lain. Manfaatnya, mental Cucak Ijo akan bertambah dan mudah emosi atau panas saat bertemu burung lain.

3. Ditrek dengan Burung Jantan

Burung Cucak Ijo juga bisa ditrek dengan Cucak Ijo jantan lain. Namun, durasinya tidak perlu terlalu lama, cukup 5 menit saja. Selain itu, pilihlah lawan yang mempunyai kualitas di bawah burung Anda. Cara latihannya dengan mendekatkan kedua sangkar, kemudian sangkar satunya dibuka kerodong setengah saja.

4. Jangan Suka Menggebrak Sangkar

Sebagian kicau mania mungkin sering menggebrak-gebrak sangkar agar burung Cucak Ijo cepat emosi dan panas. Namun, hal tersebut kurang disarankan karena bisa membuat burung stres.

Sebab, semua burung mempunyai karakter yang tidak sama. Bisa saja mentalnya masih down sehingga kalau digebrak justru mentalnya semakin hancur dan menjadi burung sering ketakutan menghadapi lawan.

Manfaat Tomat untuk Burung Cucak Ijo dan Efek Sampingnya (youtube.com)
Manfaat Tomat untuk Burung Cucak Ijo dan Efek Sampingnya (youtube.com)

5. Pakan Pisang Kepok yang Matang

Cucak Ijo jangan diberi pisang kepok yang setengah matang. Pasalnya, pisang ini dapat membuat burung cepat birahi. Agar Cucak Ijo tidak over birahi, maka berikan pisang yang sudah matang. Pisang seperti ini mempunyai kandungan madu sehingga birahinya bisa stabil.

Loading...

6. Berikan Jangkrik yang Gemuk dan Berisi

Pilih jangkrik yang gemuk dan berisi sebagai pakan Cucak Ijo. Pagi hari Cucak Ijo diberi 5 ekor jangkrik, kemudian burung dijemur jam 11.00. Setelah jemur, burung dianginkan sebentar dan dimandikan. Sore harinya, burung diberi jangkrik lagi 5 ekor.

7. Setingan Lomba Cucak Ijo di Lapangan

Cara mengatur birahi Cucak Ijo kuncinya di kestabilan emosi. Anda dapat memberikan total 15 ekor jangkrik sehari ditambah sedikit kroto. Sebelum gantang, burung digoda dengan tangan agar birahinya cepat naik.

Sebaiknya, selama di perjalanan burung dijaga agar ngeriwik saja dan tidak bongkar isian. Suara bising jalanan dan kendaraan bermotor dapat membuat burung Cucak Ijo bongkar isian di jalan sehingga sampai lapangan sudah lelah atau gembos.

Untuk menyiasatinya, burung diberi kerodong double atau lapis dua. Kerodong ini tidak perlu dibuka selama burung belum naik gantangan. Jangan lupa tambahkan 2 ekor jangkrik sebelum naik ke gantangan.

8. Masteran Cucak Ijo Lomba

Agar di lomba Cucak Ijo bisa ngentrok atau ngejambul, maka saat di rumah burung tersebut dapat dimaster dengan burung Pelatuk Ulam. Burung ini mempunyai karakter suara seperti burung Cililin. Jadi suaranya rapat dan merdu, sehingga saat Cucak Ijo berkicau ngerol maka di ujungnya akan ada tembakan Cililin. Selain itu, tambahkan pula isian masteran burung Serindit.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membuat Cucak Ijo cepat emosi dan bongkar isian. Cara ini intinya terletak pada perawatan harian dan latihan bersama dengan burung betina maupun jantan. Selain itu, burung juga dimaster agar mempunyai suara isian yang bagus.

Baca juga:

Kalau masalah gaya Cucak Ijo ngentrok, hal tersebut cuma bonus saja. Sebab, burung ngentrok merupakan karakter dan keturunan dari indukan. Di samping itu, energi yang diperlukan untuk ngentrok juga besar sekali. Jadi, harus dipastikan burung Cucak Ijo memang benar-benar sudah memiliki birahi stabil, emosi yang panas, kuat, sehat, dan fighter.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cucak ijo mabung
  • suara cucak ijo bikin emosi

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!