Skip to content

10 Cara Membuat Cucak Rowo Ropel dan Gacor

Cucak Rowo Ropel (plugon.us)

Burungnya.com – Cucak Rowo Ropel yang bagus itu seperti apa. Pertanyaan seperti ini sudah sering ditanyakan, tapi jawabannya selalu tidak sama. Ada yang bilang Cucak Rowo gacor yang paling bagus. Namun, sebenarnya Cucak Rowo ropel juga bagus.

Apa itu Cucak Rowo ropel? Bagi yang sudah lama memelihara burung cucak Rowo tentu mengetahui artinya. Namun untuk Kicaumania yang baru memelihara burung cucak Rowo pastinya tidak mengetahuinya. Jadi kami akan sedikit membantu menjelaskan apa yang dimaksud cucak Rowo ropel.

Pengertian cucak Rowo ropel

Sebelumnya kami akan memperkenalkan burung cucak Rowo. Burung ini tersebar di daerah Kalimantan, Sumatera, hingga Nusa tenggara. Karakter suaranya merdu gacor dan sedikit cempreng. Namun kalau sudah diisi dengan masteran kualitas suaranya akan sangat bagus.

Nah sekarang langsung ke pembahasan ropel tadi. Jadi sebenarnya cucak Rowo ropel adalah suara yang dikeluarkan secara beruntun. Seolah burung ini berkicau bersahut-sahutan. Padahal yang bunyi cuma satu ekor, tapi terdengar seperti dua ekor Cucak Rowo yang berkicau bersamaan.

Kalau dipikir ini seperti sebutan untuk Kenari gacor dan ngerol. Burung akan mengeluarkan suara bergulung-gulung panjang tanpa jeda. Bedanya cuma ngerol terdiri dari satu suara yang bergulung. Kalau ropel seperti dua suara yang berkicau bersama.

Cucak Rowo Gacor (singaporebirds.com)

Cucak Rowo Gacor (singaporebirds.com)

Cara Membuat Cucak Rowo Ropel

Cukup sulit melatih cucak Rowo ropel. Apalagi mengeluarkan suara ropel tersebut. Meski begitu Anda bisa memberikan perawatan dan latihan khusus agar cucak Rowo bisa bersuara ropel.

1. Pemasteran

Burung cucak Rowo harus dimaster dengan burung masteran atau audio suara burung. Pemasteran bisa dilakukan pada siang hari atau malam hari. Durasi waktunya bisa disesuaikan, tapi lebih baik 7-8 jam. Anda dapat memaster saat burung mau istirahat agar proses perekaman memori di otak lebih optimal.

Volume suara masteran pelan saja, tapi terdengar jelas. Ini berpengaruh pada penyimpan suara pada otak. Kalau Anda memutarkan suara masteran terlalu keras, justru akan mengganggu pendengaran burung tersebut.

2. Faktor Keturunan

Untuk mendapatkan anakan yang bagus, tentu indukan Cucak Rowo juga harus berkualitas terutama pada bagian suara ropel. Cara mendapatkan indukan dengan suara khas ropel bisa dicari di penangkaran ternama atau burung hasil lomba.

Lebih baik Anda sering memantau lomba-lomba burung Curak Rowo. Jika ada yang berkualitas, beli saja burung tersebut untuk dijadikan indukan.

3. Daerah Asal Cucak Rowo

Kalau mau yang berkualitas, Anda dapat mencari langsung burung Cucak Rowo dari daerah asalnya. Namun pastikan Anda mendapatkan burung ini dari Sumatera. Sebab, burung di daerah tersebut lebih bagus dibandingkan Kalimantan.

Tahukah Anda Cucak Rowo Medan dan Aceh memiliki suara yang keras. Namun kecepatan suaranya masih dianggap kurang. Sedangkan Cucak Rowo Medan mempunyai suara kecepatan tinggi tapi volumenya kurang keras.

Cucak Rowo Ropel

Cucak Rowo Ropel

4. Cucak Rowo Hutan

Bila dibandingkan dengan Cucak Rowo hasil penangkaran, biasanya lebih bagus burung hasil tangkapan hutan. Pasalnya burung Cucak Rowo dari hutan lebih berpotensi ropel. Walau memiliki nilai positif di bagian suara, burung ini masih cukup sulit dijinakkan atau masih giras.

Saat ini Cucak Rowo tangkapan hutan sudah mulai jarang ditemukan. Anda juga tidak disarankan mencari Cucak Rowo di hutan demi kelangsungan hidup mereka. Lebih baik cari Cucak Rowo hasil penangkaran saja biar Cucak Rowo hutan lebih lestari.

5. Jenis Kelamin Cucak Rowo

Ternyata pemilihan Cucak Rowo jantan dan betina juga penting untuk memunculkan suara ropel. Cucak Rowo jantan cenderung berkicau pendek. Sedangkan Cucak Rowo betina dianggap lebih banyak mengeluarkan suara ropel.

Jadi mana yang lebih bagus, Cucak rowo jantan atau betina? Jawabannya sudah pasti jantan. Namun, kalau untuk penangkaran, semuanya harus dipilih yang bagus.

6. Ciri-ciri Suara Burung Cucak Rowo

Mungkin Anda masih belum menemukan Cucak Rowo ropel. Coba dicari dulu berdasarkan ciri fisiknya. Anda bisa mendapatkan Cucak Rowo istimewa dari ciri di tubuhnya.

  • Bentuk kepala Cucak Rowo yang suaranya ropel cirinya kepala bulat dan besar kemudian dahi menonjol ke depan.
  • Bagian lubang hidung tidak terlalu besar dan terlindung oleh bulu hidung.
  • Untuk paruh pilih yang bentuknya tipis dan pendek. Sebab paruh pendek justru membuat burung rajin berkicau.
  • Dada burung tampak tegap dan punggung sedikit melengkung.
  • Warna bulu mengilap, dengan garis yang beraturan.

7. Suara Krokokan Cucak Rowo

Krokokan merupakan suara khas burung Cucak Rowo ropel. Gayanya sama seperti ngentrok mirip burung Cucak Ijo. Gaya krokokan memperlihatkan burung yang sedang melompat, bersuara keras, menari, penuh emosi.

Anda bisa melatih Cucak Rowo agar ropel dengan bantuan video atau burung langsung. Banyak video Cucak Rowo seperti itu di YouTube. Perlihatkan saja video tersebut semoga saja, burung Anda bisa menirukannya.

8. Makanan Cucak Rowo

Anda juga bisa memancing Cucak Rowo ropel dengan makanan. Pilih makanan yang mengandung protein tinggi, seperti jangkrik, ulat, kroto, dan lain-lain.

  • Pemberian jangkrik dilakukan dua kali, pagi 5 ekor, dan sore 5 ekor.
  • Ulat hongkong diberikan dua hari sekali karena sifatnya panas. Pemberian ulat hongkong dilakukan pagi hari saja 3 ekor.
  • Kroto juga bagus untuk Cucak Rowo. Pemberian kroto dua hari sekali bergantian dengan ulat hongkong sebanyak 1 sendok teh.

9. Dicarikan Untulan Betina

Untuk Cucak Rowo jantan coba carikan untulan Cucak Rowo betina. Jangan dijadikan satu kandang ya karena ini untuk pancingan saja. Pada saat birahi tinggi, Cucak Rowo betina didekatkan dengan jarak 2 meter. Nanti Cucak Rowo bisa ngentrok kayak Cucak Ijo.

Setelah birahi stabil, jauhkan lagi Cucak Rowo betina. Tujuan Cucak Rowo betina ini memang untuk meredam birahi dan membuat krokokan Cucak Rowo.

10. Dimandikan Air Dingin

Cucak Rowo dimandikan air dingin atau mandi malam hingga mandi pagi. Cucak rowo bisa dimandikan dengan air dingin atau di suasana yang dingin tapi harus cepat sekali biar tidak kedinginan.

Pemandian Cucak Rowo bisa dengan cara semprot halus atau mandi sendiri. Namun, kami sarankan mandi semprot saja biar tubuh Cucak Rowo tidak terlalu basah kuyup.

Baca juga: 

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membuat burung Cucak Rowo ropel dan gacor. Anda bisa mengikuti beberapa cara tadi untuk mendapatkannya atau melakukan perawatan untuk menghasilkan Cucak Rowo ropel dan gacor.

Setelah melakukan perawatan yang intens, kemungkinan besar burung Cucak Rowo Anda juga akan mengeluarkan suara ropel. Suara burung ini akan bergulung-gulung bersamaan seperti dinyanyikan dua ekor burung.

Biasanya suara Cucak Rowo ropel yang jedanya rapat tidak terlalu disukai. Alasannya, burung tersebut terlalu berisik. Bagaimana tidak, suaranya akan terdengar seperti 2-3 burung yang bersahut-sahutan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • https://burungnya com/cara-membuat-cucak-rowo-ropel-dan-gacor/

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.