Cara Membuat Jalak Suren Gacor Lengkap dengan Perawatan Harian

Burungnya.com – Bagaimana cara membuat Jalak Suren gacor? Tentu pertanyaan seperti ini sering kali dilontarkan oleh kicau mania. Hal ini wajar karena semua kicau mania ingin Jalak Suren peliharaanya rajin bunyi dan gacor setiap hari. Masalahnya untuk membuat Jalak Suren cepat gacor butuh perawatan harian yang baik.

Jika cuma dikasih makan dan minum setiap hari, Jalak Suren tidak akan gacor seperti Jalak Suren di lomba atau lapangan. Burung Jalak Suren juga perlu diberi perawatan khusus untuk harian dan lomba.

Bagi pemula yang burungnya belum gacor, Anda bisa menerapkan perawatan harian dulu. Setelah suara Jalak Suren terdengar gacor dan rajin bunyi, Anda bisa mulai melakukan perawatan lomba dan mencoba gantang Jalak Suren di lapangan.

Baca juga: Cara Merawat Burung Jalak Suren Anakan Agar Cepat Gacor dalam 1 Bulan

Untuk perawatan harian Jalak Suren, semua itu tak terlepas dari pemberian makanan bergizi, prosedur mandi, jemur, dan pemasteran. Lebih jelasnya, Anda bisa menyimak beberapa tips membuat Jalak Suren gacor berikut.

Makanan Jalak Suren harian agar cepat gacor

Tips perawatan Jalak Suren setiap hari (boisabirds.wordpress.com)
Tips perawatan Jalak Suren setiap hari (boisabirds.wordpress.com)
  1. Supaya Jalak Suren gacor, setiap dua kali seminggu burung diberi 1 sendok teh kroto pada pagi hari.
  2. Makanan Jalak Suren yang bagus yaitu jangkrik. Jangkrik diberikan setiap hari dengan takaran 3 ekor di pagi hari dan 5 ekor di sore hari. Kalau jangkrik sedang sulit didapat, Anda bisa menggantinya dengan cacing tanah.
  3. Pakan Jalak Suren lainnya yaitu voer. Pemberian voer bisa yang berwarna hijau atau pelet lele (voer lele). Lebih baik lagi, diberi voer dengan kadar protein tinggi, seperti voer ayam, voer lele, dan voer hijau.
  4. Pakan alami untuk Jalak Suren salah satunya adalah pisang. Anda dapat memberikan pisang setiap hari agar Jalak Suren semakin sehat. Jika bosan, Anda juga bisa menggantinya dengan buah apel dan pepaya. Jadi, setiap hari diselingi antara pisang kepok, apel, serta pepaya.
  5. Jalak Suren sebaiknya juga diberi makanan berupa ulat kandang sebanyak satu cepuk. Oh iya, cepuk untuk ulat kandang jangan dicampur dengan wadah pakan lainnya.
  6. Ada lagi makanan tambahan untuk Jalak Suren supaya rajin berkicau dan gacor, yakni pasir atau serbuk lembut. Apakah Jalak Suren boleh diberi makanan pasir? Ya, untuk makanan tambahan tidak masalah yang penting tidak diberikan setiap hari. Pasir yang dimaksud bisa berupa makanan Jalak Suren yang berbentuk pasir atau serbuk, pasir lembut dari sungai, pasir yang diolah dari batu, pasir yang diolah dari genteng.
  7. Bila perlu, Jalak Suren diberi multivitamin yang bisa dibeli di kios-kios burung. Pemberian multivitamin dapat dilakukan saat burung Jalak Suren mengalami penurunan performa, saat akan lomba, dan saat akan digantang bersama dengan kicau mania lainnya. Nah, dengan pemberian multivitamin ini Jalak Suren akan menjadi gacor dan ngerol panjang.

Baca juga: Cara Membuat Burung Jalak Sangat Jinak Hingga Mengikuti Keinginan Pemiliknya

Loading...

Pemasteran Jalak Suren agar lebih rajin bunyi dan gacor

Perawatan Jalak Suren gacor (ryanhotspot.blogspot.com-sanchai k)
Perawatan Jalak Suren gacor (ryanhotspot.blogspot.com-sanchai k)

Sebenarnya Jalak Suren sudah mempunyai banyak variasi suara yang melimpah, walau tanpa dimaster sekalipun. Namun, agar burung ini rajin bunyi dan gacor, Anda dapat melakukan pemasteran. Dengan pemasteran yang rutin, burung Jalak Suren yang tadinya sudah bunyi pelan akan langsung mengeluarkan lagu-lagu isian seperti suara masteran dengan suara ngerol panjang.

Pemasteran bisa dilakukan dengan alat pemutar suara MP3 atau suara dari YouTube. Anda juga bisa mendownload suara masteran Jalak Suren di berbagai blog burung secara gratis biar lebih mudah. Kalau bingung mencarinya, langsung download saja aplikasi masteran burung di Google Play Store.

Agar pemasteran berhasil, ada baiknya Anda mengkerodong sangkar Jalak Suren selama proses pemasteran berlangsung. Misalnya, Jalak Suren dimaster saat malam hari setelah solat Isya, maka pada saat itu pula sangkar dikerodong dan diperdengarkan suara masteran hingga keesokan harinya.

Baca juga: Video 5 Jenis Burung Jalak yang Bisa Bicara Seperti Manusia

Tips perawatan Jalak Suren setiap hari

Burung Jalak Suren gacor (flickr.com)
Burung Jalak Suren gacor (flickr.com)
  1. Burung Jalak Suren digantang di tempat yang tenang dan sebisa mungkin jauh dari keramaian serta suara hewan-hewan lainnya.
  2. Sangkar burung Jalak Suren digantung di tempat yang lebih tinggi dari kandang burung lainnya.
  3. Setiap pagi, Jalak Suren diembunkan kemudian dimandikan dengan cara disemprot hingga basah kuyup. Akan tetapi lebih baik Anda melatih Jalak Suren mandi sendiri di keramba atau di cepuk. Tujuannya agar Jalak Suren mempunyai mental pemberani dan fighter.
  4. Setelah dimandikan, burung dijemur selama 1-2 jam pada pagi hari. Jalak Suren jangan dijemur jam 10 siang ke atas karena terik sinar mataharinya sudah tak baik untuk kesehatan burung. Selain itu, jam segitu sinar dan udaranya sudah sangat panas sehingga malah berbahaya untuk kesehatan Jalak Suren.
  5. Kandang Jalak Suren dikerodong pada siang dan malam hari. Fungsi kerodong agar Jalak Suren tidak terkena hembusan angin kencang dan bisa beristirahat dengan tenang.
  6. Sangkar harus selalu dibersihkan agar burung tetap sehat dan tidak sakit-sakitan. Kalau sakit, biasanya Jalak Suren tidak mau bunyi atau macet bunyi.

Demikian beberapa cara membuat Jalak Suren Gacor lengkap dengan perawatan harian dan makanan yang bisa menjadikan Jalak Suren cepat gacor.

Baca juga: Kisah Nyata Persahabatan Seorang Anak dengan Burung Jalak

Dengan perawatan yang rutin dan maksimal, maka Jalak Suren akan mengalami peningkatan performa, dari yang sebelumnya jarang bunyi menjadi rajin bunyi. Setelah itu, lama-kelamaan Jalak Suren akan gacor dan ngerol panjang.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • agar jalak suren gacor siang malam
  • jalak suren
  • manfaat mandi malam untuk jalak suren
  • https://burungnya com/cara-membuat-jalak-suren-gacor-lengkap-dengan-perawatan-harian/
  • jalak suren biar gacor terus
  • manfaat voer lele untuk jalak suren
  • mandi malam jalak suren
  • jalak suren gacor
  • voer lele untuk jalak suren
  • manfaat mandi malam jalak suren

Berikan komentar