8 Cara Membuat Kenari Bakalan Gacor dan Rajin Bunyi

Burungnya.com – Saat ini burung Kenari masih menjadi salah satu primadona di dunia perkicauan. Burung ini masih mempunyai harga stabil dibandingkan dengan Lovebird. Banyak yang beli Kenari, terutama Kenari bakalan. Kicau mania ingin merawat Kenari bakalan agar cepat gacor dan rajin bunyi.

Bagaimana cara membuat Kenari bakalan gacor dan rajin bunyi? Banyak faktor yang menjadikan Kenari muda atau anakan cepat gacor. Namun, yang paling penting adalah trah indukannya.

Coba cari Kenari ombyokan di pasar burung dan Kenari hasil ternakan di penangkaran terkenal, pasti kualitasnya berbeda. Namun, di sini tergantung Anda sendiri, mau membeli Kenari dari hasil penangkaran atau beli ombyokan.

Baca juga: 30 Tips Mudah Merawat Kenari Gacor Durasi Panjang

Pasalnya, tingkat ekonomi masyarakat tidak sama. Nanti kami menyarankan untuk membeli Kenari hasil ternak, takutnya menyakiti hati para kicau mania karena dirasa kemahalan.

Oleh karena itu, kami akan memberikan tips merawat Kenari bakalan agar cepat gacor secara umum saja. Sehingga baik Kenari hasil ternak di penangkaran atau hasil ternak rumahan, tetap saja bisa bagus kualitasnya.

Cara Merawat Kenari Gacor Paling Simpel dengan Selada dan Jagung (themarthablog.com)
Cara Merawat Kenari Gacor Paling Simpel dengan Selada dan Jagung (themarthablog.com)

Cara Membuat Kenari Bakalan Gacor

1. Makanan Secukupnya

Tahukah Anda, Kenari ukuran tubuhnya termasuk mungil. Sehingga pemberian makanan Kenari tidak perlu terlalu banyak. Justru kalau Anda memberikan makanan terlalu banyak, dia bisa cepat gemuk dan mengalami obesitas.

Pemberian pakan Kenari yang bagus cukup biji-bijian dengan porsi 1/3 wadah pakan. Selain harus sedikit, pemberian pakan yang banyak justru mubazir karena pasti banyak yang terbuang.

Jadi, yang paling bagus, berikan pakan sepertiga dari tinggi wadah cepuk Kenari. Itu Kenari bisa makan 1-3 hari baru habis. Selain itu, Anda juga bisa rajin mengganti pakan dan makanan Kenari menjadi lebih fresh.

2. Pakan Buah dan Sayur

Asupan nutrisi burung Kenari bisa didapat dari buah dan sayur. Buah-buahan dan sayur termasuk pakan EF yang bagus untuk Kenari. Ada banyak varian pakan EF dari buah dan sayur.

Berikut makanan burung Kenari yang bagus:

  • Apel merah
  • Pepaya
  • Jeruk
  • Jagung muda
  • Sawi
  • Wortel
  • Selada
  • Kubis
  • Daun mengkudu
  • Mentimun
  • Daun ginseng

Cara pemberian buah bisa digantung di dinding sangkar. Pagi diberi buah, sorenya dicabut. Kalau pemberian sayur, bisa juga digantung di dinding sangkar. Bisa juga keduanya dicampur dalam satu wadah, tapi sebelumnya dipotong kecil-kecil.

Baca juga: 22 Makanan Kenari Biar Gacor Keras dan Ngerol Panjang

Kenari gacor durasi panjang (youtube.com)
Kenari gacor durasi panjang (youtube.com)

3. Pakan EF Egg Food

Oh iya, burung Kenari termasuk burung pemakan segala, karena dia suka makan biji-bijian, buah, sayur, hingga egg food. Apa itu egg food? Egg food adalah potongan telur rebus tanpa campuran apapun.

Pemberian egg food ini biasanya berupa telur puyuh atau telur ayam kampung. Burung Kenari dipercaya bisa cepat gacor bila rutin mengonsomsui egg food sebanyak 3 hari sekali.

4. Pakan Daun Hijau

Kalau Anda suka Kenari yang rajin bunyi, coba berikan makanan dari daun hijau-hijauan. Contoh makanan dari daun adalah krokot, daun mengkudu, daun ginseng, sawi, selada kubis, dan lain-lain.

Loading...

Pemberian daun-daunan ini bisa setiap hari, tapi tolong diberi bervariasi. Misalnya, hari Senin Kenari diberi krokot, lalu selasa ganti sawi, besoknya lagi ganti selada, dan lain-lain.

Baca juga: 25 Tips Rahasia Membuat Kenari Gacor dengan Cepat Tanpa Jeda

5. Rutin Mandi Jemur

Perawatan wajib Kenari setiap hari adalah mandi dan jemur. Kalau Anda bangun pagi, sekalian Kenari diembunkan pas setelah solat Subuh. Kemudian jam 05.00 pagi Kenari dimandikan semprot sedikit saja, tidak perlu basah kuyup.

Kalau sudah masuk jam 05.30, matahari terbit, Anda bisa menjemur Kenari di bawah terik sinar matahari. Penjemuran Kenari bisa berlangsung maksimal selama 1-2 jam. Sambil dimandikan, jangan lupa bersihkan kotoran Kenari dan ganti pakan minumnya.

Tips merawat Kenari Gacor durasi panjang (youtube.com)
Tips merawat Kenari Gacor durasi panjang (youtube.com)

6. Pemasteran Kenari

Kenari atau Canary bird termasuk burung yang mempunyai tipikal suara kicau medium ke tingkat keras. Kenari juga bisa berkicau menirukan suara burung lain.

Ini karena pengaruh pemasteran Kenari yang bagus. Kenari bakalan yang dimaster sejak dini dia akan menirukan suara masteran sampai dewasa.

Berbeda dengan Kenari dewasa, biasanya Kenari tersebut akan sulit menyerap suara masteran. Kalau mau memaster Kenari, pilih suara isian burung yang tipikal ngerol dan nembak.

Baca juga: 8 Tips Membuat Kenari Cepat Bunyi yang Baru Dibeli dari Ombyokan

7. Beli Kenari Lebih dari Satu

Kalau mau Kenari cepat bunyi, belilah Kenari lebih dari satu. Contoh, Anda beli Kenari yang sudah mulai bunyi dulu. Kemudian Anda beli lagi Kenari bakalan.

Nah, Kenari yang pertama akan memancing Kenari bakalan jadi cepat bunyi. Semakin banyak Kenari yang sudah gacor, maka Kenari bakalan juga akan cepat gacor.

Perawatan Kenari Gacor (youtube.com)
Perawatan Kenari Gacor (youtube.com)

8. Vitamin Kenari

Terakhir, berikan vitamin dan suplemen Kenari. Anda bisa memberikan vitamin alami atau vitamin yang dibeli dari kios-kios burung.

Banyak sekali vitamin Kenari yang sudah jadi dalam bentuk kemasan. Vitamin seperti ini juga bagus karena sudah diracik sesuai kebutuhan Kenari. Kalau vitamin alami, biasanya Anda harus menakar sendiri dan mencari formula sendiri sampai ketemu racikan yang pas untuk Kenari.

Selama musim pandemi virus corona seperti sekarang, Anda bisa membeli vitamin dan suplemen Kenari lewat Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Racikan Pakan Kenari agar Cepat Gacor Lengkap dengan Resepnya

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membuat Kenari cepat gacor dan rajin bunyi. Kalau diartikan dalam bahasa Inggris, kurang lebih seperti ini how to make a canary bird sound fast.

Banyak kicau mania kebingungan membuat Kenari gacor. Tenang, mungkin ini masih masa perkenalan, sehingga belum tahu keinginan Kenari itu apa saja.

Nanti kalau sudah merawat Kenari dalam waktu yang lama, maka Anda bisa dengan mudah membuat Kenari jadi gacor dan rajin bunyi. Bahkan, cukup dirawat harian saja, Kenari bisa gacor.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!