Cara Membuat Kenari Cepat Bertelur dengan Pakan Alami dan Hewani

Cara Membuat Kenari Cepat Bertelur dengan Pakan Alami dan Hewani

Burungnya.com – Saat ternak Kenari, kebanyakan kicau mania pasti mendambakan Kenari cepat bertelur. Namun, ditunggu cukup lama burung Kenari tidak mau bertelur. Bahkan, ada burung Kenari yang sudah bertelur tapi telurnya tidak menetas karena tidak ada isinya.

Kasus di dalam penangkaran Kenari memang cukup banyak dan bervariasi. Meski di bali setiap kasus pasti ada jalan keluar untuk menyelesaikannya. Nah, bagi Anda yang berminat beternak Kenari dan ingin cepat bertelur, maka sempatkan membaca artikel 17 Cara Ternak Kenari Untuk Pemula Paling Lengkap dan Benar.

Setelah membaca artikel tersebut, kami menganggap Anda sudah bisa beternak Kenari, mulai dari membedakan Kenari jantan dan betina, pemilihan indukan Kenari, cara menjodohkan Kenari jantan dan betina, perawatan Kenari saat mengerami telur, serta proses pengeraman telur Kenari.

Baca juga: Cara Ternak Kenari Agar Hasil Anakan Jantan, Kawinkan Sore Hari

Cara Mempercepat Kenari Bertelur

Ternak Kenari agar Cepat Bertelur (forestsedgehobbyfarm.weebly.com)
Ternak Kenari agar Cepat Bertelur (forestsedgehobbyfarm.weebly.com)

Kami melewati tahapan ternak Kenari tadi karena sudah dibahas lengkap di artikel ‘Ternak Kenari untuk Pemula’. Sekarang lanjut ke masalah cara membuat atau mempercepat Kenari bertelur. Caranya ternyata cukup mudah yaitu dengan memberikan pakan alami dan hewani.

Makanan Kenari yang terbuat dari bahan alami dan hewani dipercaya mampu membuat Kenari cepat bertelur. Pertanyaannya sekarang, pakan alami dan hewani untuk ternak Kenari itu berupa apa saja?

Kenari dapat bertelur bila mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Berarti Anda harus menyiapkan makanan Kenari berprotein tinggi dari pakan alami dan hewani.

Baca juga: 10 Cara Merawat Kenari Bakalan Agar Gacor dan Rajin Bunyi

Pakan Alami untuk Ternak Kenari

Kecambah untuk Kenari (doktersehat.com)
Kecambah untuk Kenari (doktersehat.com)

Untuk makanan alami burung Kenari, ternyata bisa didapat dari biji-bijian mulai dari kedelai, kacang hijau, hingga biji bunga matahari. Selain itu, ada pula pakan alami yang lebih bergizi yakni kecambah.

Tahukah Anda, kecambah, capar, atau tauge ternyata mengandung banyak protein tinggi, vitamin A, B, dan E, serta mineral penting berupa kalsium, kalium, dan magnesium.

Loading...

Anda dapat memberikan kecambah secara langsung untuk membuat Kenari cepat bertelur. Sehingga tidak perlu membeli makanan burung yang mengandung bahan kimia lagi.

Cara membuat kecambah ternyata mudah, Anda cukup menyiapkan biji-bijian. Kemudian direndam di air matang selama satu malam, maka kecambah atau akarnya akan bermunculan. Lebih lengkapnya, Anda bisa membaca penjelasan di bawah.

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Hijau yang Baik Untuk Lovebird dan Kenari

Cara Membuat Kecambah untuk Ternak Kenari

  1. Biji-biji yang sudah dipilih direndam ke dalam air matang. Airnya bisa dingin atau hangat.
  2. Proses perendaman dilakukan selama satu malam. Keesokan harinya, biji disaring menggunakan saringan, lalu dibilas dengan air bersih.
  3. Biji yang sudah bersih dilapisi kain atau jaring nilon. Anda harus menata agar biji-bijian tadi tidak saling bertumpukan. Sehingga biji harus disebar sampai merata.
  4. Kemudian, sebaiknya biji-bijian disimpan di tempat gelap yang lembab, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  5. Agar kecambah tumbuh dengan sempurna, maka semprotkan air di permukaan kain secara berkala.
  6. Lama-kelamaan biji tadi akan berkembang menjadi kecambah dan mengeluarkan akar. Jika panjang akar sudah mencapai 1 cm, maka kecambah bisa dipanen dan diberikan langsung ke burung Kenari.

Pakan Hewani untuk Ternak Kenari

Telur rebus untuk Kenari (dagelan.co)
Telur rebus untuk Kenari (dagelan.co)

Selanjutnya berikan pakan yang berasal dari hewan, bisa berupa telur ayam atau telur puyuh. Pemberian telur ini tidak dalam kondisi mentah, melainkan harus direbus dulu sampai matang.

Selain itu, telur ayam atau telur puyuh dikombinasikan dengan makanan lain sehingga menjadi racikan pakan Kenari yang menjadikan burung Kenari cepat bertelur.

Bahan-bahan:

  • Telur ayam atau telur puyuh: 1 butir
  • Roti tawar: 1 potong
  • Madu: 1/4 sendok teh
  • Tumbukan tulang ikan kering atau kulit kerang, tulang sotong: 1/4 sendok teh

Cara membuat:

  1. Telur ayam direbus sampai matang, kemudian cangkangnya dikupas dan telurnya dipotong kecil-kecil.
  2. Potongan telur rebus dimasukkan ke dalam blender dan tambahkan bahan-bahan lainnya. Setelah itu, semua bahan diblender sampai menjadi butiran kecil.
  3. Simpan pakan alami yang berasal dari telur rebus ini atau berikan langsung ke burung Kenari. Sisanya disimpan di wadah agar tidak mudah berjamur atau basi. Pemberian pakan hewani ini bisa dilakukan seminggu dua kali.
  4. Manfaat pakan hewani untuk Kenari adalah agar burung Kenari cepat bertelur dan mempercepat pertumbuhan Kenari muda.

Baca juga: 22 Makanan Kenari Biar Gacor Keras dan Ngerol Panjang

Itulah cara membuat Kenari cepat bertelur dengan pakan alami dan hewani. Makanan Kenari alami didapat dari kecambah dan biji-bijian, sementara makanan hewani didapat dari telur ayam atau telur puyuh.

Semoga setelah diberikan makanan pendukung ternak ini, Kenari Anda jadi cepat bertelur dan menghasilkan anakan yang berprestasi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, segera bagikan ke teman-teman yang lain dan cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • vitamin kenari cepat bertelur
  • cra kenari br bertelor
  • cara menyiap kan pejantan kenari biar isi telurnya
  • cara membuat induk kenari
  • cara buat sarang untuk kenari cepat bertelur
  • cara brung knari biar cpt bertlor
  • cara agar kenari cepet bertelur
  • cara agar kenari cepat bertelur
  • cara agar kenari bertelur banyak
  • burung kenari biar mudah bertelur

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!