Lovebird Gacor Alami (youtube.com)

10 Cara Membuat Lovebird Gacor Alami Tanpa Vitamin

Burungnya.com – Dengan perawatan harian, sebenarnya Lovebird sudah bisa gacor alami. Sehingga, Anda tidak perlu memberikan vitamin atau suplemen agar Lovebird mau ngekek panjang. Biasanya, pemberian vitamin hanya untuk Lovebird yang bermasalah atau mengalami gangguan penyakit.

Kalau Lovebird Anda tidak mengalami masalah, sebaiknya dirawat secara alami. Anda tidak perlu terburu-buru ingin melihat Lovebird koncer di lomba atau menjadi juara. Sebab, setiap Lovebird memiliki karakter dan waktu matangnya masing-masing.

Jika Lovebird belum siap lomba, walau dilombakan berkali-kali pun dia tidak akan mau bunyi. Dibutuhkan kolaborasi antara perawatan harian dan lomba agar burung Lovebird mau ngekek panjang di lapangan. Namun, terkadang kicau mania tidak sabaran, sehingga mencari jalan pintas agar burung cepat bunyi.

Terapi Mandi Lovebird biar gacor (instagram.com-@ryansempol)
Terapi Mandi Lovebird biar gacor (instagram.com-@ryansempol)

1. Lovebird Bahan Berkualitas

Untuk menciptakan Lovebird gacor alami tanpa obat-obatan, tentunya dibutuhkan bahan atau gacoan dari indukan trah jawara. Anda dapat mencari gacoan Lovebird dari penangkaran, ombyokan, atau memantau langsung di lapangan.

Sebagian besar kicau mania lebih memilih untuk memantau Lovebird di lapangan. Pasalnya, dari situ sudah kelihatan jelas performanya, suaranya, aksinya, dan materinya.

Contoh, saat memantau Lovebird di lomba, perhatikan hal-hal berikut:

  • Usia
  • Durasi ngekek yang panjang
  • Volume keras atau kasar
  • Bentuk tubuh
  • Warna bulu
  • Bentuk mata
  • Kesehatan
  • Bentuk paruh
  • Jenis Lovebird
  • Indukan Keturunan
  • Trah juara

2. Pengembunan

Semua hewan peliharaan, baik ayam atau burung menyukai udara sejuk di pagi hari. Jadi, Anda harus rutin melakukan pengembunan Lovebird untuk menjaga kesehatan pernapasan dan membuat Lovebird rajin bunyi setiap pagi. Efek dingin di tubuh Lovebird akan membuatnya nyaman dan segar.

Pengembunan Lovebird dapat dilakukan setelah selesai Solat Subuh atau sekitar jam 04.00 pagi. Waktu-waktu seperti ini udara masih bersih dan belum terkontaminasi asap kendaraan. Matahari belum terbit, sehingga udara benar-benar masih sejuk dan dingin.

Bule Cantik Mandikan Burung Lovebird (youtube.com)
Bule Cantik Mandikan Burung Lovebird (youtube.com)

3. Pemandian

Untuk urusan mandi, Anda dapat menyerahkan sepenuhnya pada burung Lovebird. Maksudnya, biarkan Lovebird memilih menyukai mandi sendiri, semprot, atau mandi dengan cara dipegangi dengan tangan.

Manfaat mandi banyak sekali, menjaga kebersihan Lovebird, menjaga stamina, menambah tenaga, dan menjaga suhu tubuh agar tetap segar serta bugar.

Dalam proses mandi Lovebird dapat dilakukan mulai pukul 06.00 atau selesai pengembunan. Sehari Lovebird dapat mandi tiga kali, yaitu pagi hari, sore hari, dan malam hari. Semua tergantung dari karakter Lovebird masing-masing.

4. Penjemuran

Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan burung. Cahaya matahari mengandung vitamin D untuk menjaga kondisi Lovebird agar selalu sehat dan fit. Sebaiknya, setiap hari Lovebird dijemur baik di pagi hari atau sore hari.

Kalau waktu musim hujan bagaimana? Anda harus mencuri-curi waktu saat matahari muncul walau cuma sebentar. Apabila selama sehari tidak muncul matahari sama sekali, Anda dapat menggantinya dengan cahaya lampu.

Waktu penjemuran Lovebird yang bagus biasanya antara pukul 06.00 – 09.00. Jika lebih dari waktu tersebut, maka sebaiknya burung segera dimasukkan karena sinar matahari sudah cukup panas.

5. Latihan di Kandang Umbaran

Apakah Lovebird butuh latihan umbaran? Burung Lovebird memerlukan latihan pernapasan agar kuat dan panjang dengan cara diumbar. Jadi burung dibiarkan terbang ke sana ke mari di kandang yang panjang.

Waktu pengumbaran jangan terlalu lama karena efeknya justru akan membuat Lovebird kelelahan. Lovebird cukup diumbar selama 15-30 menit atau 100 kali terbang bolak-balik. Jika terlalu banyak terbang, Lovebird akan sering nabrak dinding jeruji sangkar dan tidak bisa diam selama lomba.

Lovebird birahi (lnprponorogo.blogspot.com)
Lovebird birahi (lnprponorogo.blogspot.com)

6. Birahi Lovebird

Kunci utama agar Lovebird gacor secara alami adalah mengatur birahi Lovebird. Sebisa mungkin Anda harus menstabilkan birahi Lovebird saat lomba. Sehingga jangan sampai Lovebird over birahi atau birahinya turun.

Pengaturan birahi Lovebird dapat dilakukan menggunakan untulan atau pasangan, sistem koloni, pakan extra fooding (EF), mandi malam, racikan pakan, dan lain-lain.

Sesuaikan karakter Lovebird di lapangan, apabila Lovebird tipikal burung yang mudah over birahi, maka selalu sediakan mentimun, semprot halus, dan untulan. Hal ini dapat meredam birahinya dan menjaga birahi Lovebird tetap stabil.

7. Pakan Lovebird

Selain perawatan, pakan Lovebird yang berkualitas dapat membuatnya gacor alami. Lovebird bisa diberikan pakan bergizi, pakan EF, vitamin, suplemen, hingga racikan pakan yang tidak memiliki efek samping.

Pakan utama harian Lovebird sendiri bisa berupa milet putih, canary seed, dan biji-bijian lainnya. Untuk mendapatkan pakan Lovebird dengan biji-bijian yang lengkap, Anda dapat memberikan Racikan Madura.

Pakan ini mengandung 12 biji-bijian alami, sebagai berikut:

  1. Coix grain
  2. Canary seed
  3. Sun flower seed
  4. White proso millet
  5. Vegetables and fruit extract
  6. Red proso millet
  7. Cracked corn
  8. Safflower seed
  9. Oat groats
  10. Rape seed
  11. Green nut
  12. Nyjer thistle

Pemesanan Racikan Madura dapat dilakukan dengan cara DM Instagram @burungnyadotcom atau WhatsApp 085335310350.

Loading...

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Berita Burung Kicau (@burungnyadotcom) on

Untuk pakan extra fooding Lovebird bisa berupa kangkung, jagung, sawi, apel, mentimun, dan lain-lain.

8. Pemasteran Lovebird

Burung Lovebird harus dimaster dengan suara burung lain atau audio MP3. Masteran isian yang cocok untuk Lovebird seperti Cililin, Tengkek Buto, Kenari, Cucak Jenggot, Ciblek, Kapas Tembak, Belalang Kecek, hingga Jangkrik.

Pemasteran Lovebird dapat dilakukan di tempat yang sunyi dengan suara pelan. Anda dapat memaster Lovebird setiap pagi, siang, sore, dan malam hari. Lebih bagus lagi, memaster Lovebird saat burung mabung.

9. Karakter Lovebird

Sebagai pemilik, Anda harus mengetahui karakter Lovebird. Cara mengetahuinya tentu tidak gampang, diperlukan waktu yang panjang dan uji coba berkali-kali sampai diketahui setingan Lovebird yang ngunci.

Sebagai acuan dasar, Anda bisa mencari tahu Lovebird Anda karakter panas atau dingin. Setelah itu, ketahui birahi Lovebird tergolong tinggi atau rendah. Selain itu, lihat pula burung menyukai perawatan basah atau kering.

Perhatikan aktivitas Lovebird di rumah dan di lapangan. Apakah Lovebird hanya bunyi di rumah atau mampu fighter di rumah dan di lomba. Setelah mengetahui karakter Lovebird, Anda bisa menentukan setingan atau perawatan yang tepat.

Cara Membersihkan Sangkar Burung yang Bau dan Kotor (youtube.com)
Cara Membersihkan Sangkar Burung yang Bau dan Kotor (youtube.com)

10. Menjaga Kebersihan Sangkar

Walau cuma bersih-bersih sangkar, hal tersebut harus dilakukan setiap hari. Tidak hanya membersihkan kotoran Lovebird, tapi Anda juga harus rutin mengganti pakan dan minumnya. Terlebih jika Anda memberikan extra fooding berupa sayur-sayuran dan buah, maka setiap hari harus diganti agar tidak menjadi sarang kuman serta bibit penyakit.

Bila perlu sangkar Lovebird dapat disemprot obat desinfektan agar terbebas dari virus dan bakteri. Sangkar yang mulai kusam atau berkarat dapat dilakukan pengecatan ulang. Jauhkan sangkar dari hewan predator, seperti kucing, ular, tikus, hingga semut. Selain itu, jaga sangkar Lovebird jangan sampai terjatuh.

Kesimpulan

Demikian perawatan Lovebird gacor alami tanpa obat dan vitamin. Burung dirawat biasa dengan setingan alami tanpa tambahan doping apapun. Jika Lovebird berasal dari trah jawara, dengan perawatan alami seperti ini pasti sudah bisa jadi gacor dan ngekek panjang di lomba.

Baca juga:

Untuk burung Lovebird ombyokan yang bukan dari indukan juara, mungkin membutuhkan waktu lama. Bahkan, bisa jadi Lovebird tersebut tidak akan mau bunyi di lomba. Jadi, yang terpenting gacoan dari trah jawara, aksi di lapangan, dan perawatan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Cara merawat lobet alami biar gacor
  • vitami n untuk agar ngekek permanen
  • lovebird gacor
  • jamu harian burung lovebird biar gacor
  • Cara membuat burung lb berisik
  • ramuan sendiri 100 % bikin lb ngekek panjang
  • doping apa buat loveberd ngekek gacor
  • bahan bahan herbal apa saja untuk membuat gancor dan jeda rapet untuk lovbird
  • Cara Merawat lovebird agar sehat dan gacor
  • cara bikin pakan keras lb

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!