Skip to content

5 Cara Membuat Lovebird Ngekek Ngunci Stabil

Lovebird Ngekek Panjang Ngunci Stabil

Burungnya.com – Percuma kalau di awal bisa ngekek panjang, terus perlahan durasinya menurun. Kita harus bisa membuat Lovebird ngekek ngunci dan stabil terus selama lomba.

Jadi, setingan ini dibuat untuk mengunci suara ngekek Lovebird biar tidak panjang pendek. Sehingga performa Lovebird bisa stabil ngekek panjang.

Apa saja yang harus dilakukan agar Lovebird ngekek panjang ngunci dan stabil?

Baca juga:

Cara Mengunci Suara Ngekek Lovebird

1. Dijadikan Indukan Lovebird

Pertama, Lovebird betina dijadikan indukan dan diminta untuk meloloh anakan Lovebird lain. Syaratnya indukan Lovebird Anda ini berkelamin betina, sudah pernah produksi, dan sudah kawin.

Usia Lovebird kalau bisa di atas 9 bulan agar matang. Oh iya, Anda jangan pernah mencoba bila Lovebird betina Anda belum pernah produksi atau belum pernah kawin, nanti anakan Lovebird bisa disakiti sampai mati.

Cara Mengunci Ngekek Lovebird Agar Stabil

Cara Mengunci Ngekek Lovebird Agar Stabil

2. Untulan Lovebird Muda

Sudah kunci utama Lovebird ngekek panjang adalah untulan. Nah, berikan untulan yang usianya lebih muda (balibu) dari Lovebird Anda.

Tujuannya agar birahi Lovebird Anda selalu stabil dan ngunci. Bila birahi stabil, emosi juga stabil. Dengan begitu, suara Lovebird akan ngekek panjang stabil dan ngunci.

3. Untulan Lovebird Sejenis

Di sini yang dimaksud sejenis adalah sama-sama betina. Jadi, Lovebird Anda betina diberi untulan Lovebird betina.

Tujuan dari terapi untulan betina agar Lovebird Anda tidak kawin dan fokus pada kinerja di lapangan. Bila Anda memberikan untulan jantan, tentu Lovebird suatu saat akan kawin.

Kedua burung masukkan ke dalam kandang kotak berisi glodok tanpa sarang. Anda juga bisa tidak memasukkan glodok dan sarang sama sekali.

4. Untulan Lovebird Jantan

Bila diberi Lovebird untulan betina belum terlihat tingkat kenyamanannya, coba kasih untulan Lovebird jantan. Biasanya bila dikasih untulan lawan jenis, birahi bisa berkobar dan lebih stabil.

Soalnya setiap Lovebird tidak sama karakternya. Ada Lovebird yang diberi untulan Lovebird betina sudah nyaman, tapi ada juga Lovebird yang butuh pasangan berupa untulan Lovebird jantan.

Untuk kandang, masih tetap pilihkan kandang kotak, tanpa glodok dan sarang.

5. Lovebird Koloni

Kalau sistem koloni, Anda harus memasukkan beberapa ekor Lovebird dalam satu sangkar kotak. Misalnya, satu sangkar berisi Lovebird gacoan Anda yang berkelamin betina, Lovebird balibu, dan untulan Lovebird betina.

Jadi totalnya ada tiga ekor dalam satu kandang kotak. Amati kedua Lovebird antara balibu dan untulan betina. Nanti Lovebird yang paling dekat dengan Lovebird gacoan, itu yang dipakai untuk pendamping lomba.

Caranya gimana? Agar Lovebird ngunci ngekeknya, sandingkan Lovebird dalam satu sangkar kapsul setiap hari. Sebelum lomba, kasih makan yang enak dan banyak sampai Lovebird kenyang. Begitu mau naik gantangan, Lovebird untulan atau balibu dipisah dulu.

Tujuan agar Lovebird gacoan mencari-cari dan kangen dengan Lovebird untulan. Dengan begitu, suaranya akan keluar ngekek panjang dan stabil.

Begitu sesi lomba berakhir, satukan lagi keduanya dalam satu sangkar. Nanti, emosi dan birahi naik kemudian stabil lagi karena sudah bertemu pasangannya.

Kesimpulan

Jadi apa yang dapat kita simpulkan dari pernyataan di atas. Lovebird bisa ngunci ngekek panjang bila mempunyai teman, pacar, pasangan, atau istilahnya untulan.

Burung Lovebird dikenal sebagai burung cinta yang suka berpasang-pasangan. Jadi, paling tidak Anda harus mencarikan untulan yang tepat untuk Lovebird betina Anda.

Faktor makanan mungkin penting, tapi efeknya instan. Setelah itu, Lovebird akan ngekek panjang, terus ngekeknya pendek-pendek.

Berbeda bila Lovebird diberi untulan, tentu suara ngekek panjang dan stabil. Sehingga suara ngekek Lovebird bisa ngunci.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • cara ngunci lovebird jantan yang sudah gacor
  • https://burungnya com/cara-membuat-lovebird-ngekek-ngunci-stabil/

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.