5 Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang dan Rajin Bunyi dengan Mainan

Burungnya.com – Sampai sekarang semua kicau mania beranggapan cara membuat Lovebird ngekek panjang hanya dengan makanan atau vitamin. Padahal, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar Lovebird ngekek panjang dan rajin bunyi.

Salah satunya, memancing suara ngekek Lovebird dengan mainan. Mungkin ini terdengar asing di telinga karena sebagian dari Anda tidak percaya dengan kekuatan mainan.

Ya, walaupun hanya mainan yang tujuannya untuk menghibur, tapi nyatanya mampu membuat Lovebird ngekek panjang. Begitu mainan ini dikeluarkan, beberapa jenis Lovebird akan terlihat antusias dan senang karena mengira diajak main oleh pemiliknya.

Dengan mainan Lovebird, Anda akan membuat Lovebird tidak stres dan memudahkan Anda berkomunikasi dengannya. Perlu Anda ketahui, komunikasi dengan Lovebird, termasuk hal yang penting. Soalnya, interaksi dengan Lovebird mampu membuat Lovebird percaya diri selama lomba.

Lovebird yang sering diajak main atau berkomunikasi pasti lebih bagus perfomanya ketimbang Lovebird yang cuma diberi pakan dan minum, kemudian ditinggal kerja. Hal ini karena Lovebird merasa diperhatikan oleh pemiliknya dan dianggap sebagai keluarga sendiri.

Baca juga: Awalnya Lovebird Ngekek 10 Detik, dengan Settingan Ini Jadi 2 Menit

Oleh karena itu, jika Lovebird Anda belum mau bunyi atau ngekek panjang, cobalah memancing suaranya menggunakan mainan Lovebird.

1. Mainan cit-citan Lovebird

Mainan cit-citan Lovebird (bukalapak.com)
Mainan cit-citan Lovebird (bukalapak.com)

Bentuk mainan Lovebird ini sama seperti mainan anak yang ditekan lalu berbunyi cit. Suara cit cit ini yang mampu memancing suara Lovebird ngekek panjang dan rajin bunyi setiap hari.

Sebab, suaranya sekilas mirip Lovebird ngetik atau nyecret. Sehingga, seolah-olah Lovebird mempunyai teman bermain dan juga teman latihan.

Harga mainan cit-citan Lovebird murah, yaitu hanya Rp 1.000 di toko online. Kalau mau membeli banyak, mungkin harga mainan tersebut lebih murah lagi.

2. Kaleng bekas minuman

Kaleng bekas (ide-plus.blogspot.com)
Kaleng bekas (ide-plus.blogspot.com)

Nah, mainan Lovebird lainnya tidak perlu beli karena Anda dapat membuatnya sendiri. Ya, Anda dapat membuat mainan Lovebird dari kaleng bekas minuman ringan.

Cara membuatnya, bersihkan kaleng bekas minuman dengan air bersih. Setelah itu, isi kaleng bekas dengan batu kecil atau kerikil. Jangan diisi terlalu banyak karena nanti tidak bisa bunyi nyaring.

Sebaiknya diisi batu kerikil sedikit, setelah itu dikocok-kocok atau digerak-gerakkan naik turun agar keluar suara bunyi keras yang bisa membuat Lovebird ngekek panjang.

3. Kecrekan dari tutup botol bekas

Kecrekan (kaskushootthreads.blogspot.co.id)
Kecrekan (kaskushootthreads.blogspot.co.id)

Hampir sama dengan kaleng bekas berisi kerikil, kecrekan mempunyai suara yang nyaring. Bedanya, kecrekan dibuat dari tutup botol bekas yang dipaku ke tongkat atau batang kayu.

Loading...

Alat kecrekan ini sering dimanfaatkan pengamen untuk mencari rezeki dan mendendangkan lagu. Nah, dengan alat ini ternyata Lovebird juga bisa ngekek panjang dan rajin bunyi.

Cara membuatnya, Anda cukup mengumpulkan tutup botol tidak terpakai. Kemudian, pipihkan tutup botol tadi dan lubangi tengahnya dengan paku.

Terakhir, paku beberapa tutup botol ke tongkat atau batang kayu, tapi sisakan ruang agar tutup botol bisa bergerak dan menghasilkan bunyi.

4. Plastik atau kantong kresek

Cara menirukan suara burung dengan plastik bekas atau kantong kresek (youtube.com)
Cara menirukan suara burung dengan plastik bekas atau kantong kresek (youtube.com)

Bekas kantong kresek belanjaan dari Indomart dan Alfamart jangan langsung dibuang, tapi manfaatkan lagi untuk memancing suara ngekek Lovebird.

Cara membuatnya mudah, Anda cukup memotong sebagian plastik atau kantong kresek. Kemudian tempelkan di bibir. Agar kresek tadi mengeluarkan bunyi seperti kicauan burung, hisaplah kantong kresek ke arah dalam mulut.

Namun, kresek tersebut harus dipegangi atau dihimpit bibir agar tidak tertelan. Cara ini butuh sedikit latihan agar suara yang dihasilkan kresek bisa menyerupai suara burung aslinya.

Cara serupa sudah pernah diujicobakan ke burung Kacer dan terbukti berhasil. Berikut artikelnya, Cara Memancing Suara Kacer Agar Gacor dengan Plastik atau Kresek.

5. Busa Styrofoam atau gabus

Busa styrofoam (anything-you-search.blogspot.co.id)
Busa styrofoam (anything-you-search.blogspot.co.id)

Pernah mendengar busa styrofoam atau orang-orang mungkin menyebutnya gabus? Benda ini sering dipakai untuk pengaman pengiriman barang di dalam box agar tidak gerak-gerak.

Nah, ternyata styrofoam bisa digunakan untuk membuat Lovebird ngekek panjang dan rajin bunyi. Caranya, potong sebagian styrofoam kemudian gesek-gesekkan ke permukaan kaca dengan cepat.

Suara yang keluar akan terdengar cit cit cit yang mampu memancing Lovebird mengeluarkan suara ngekek panjang.

Demikian beberapa cara membuat Lovebird ngekek panjang dan rajin bunyi dengan mainan. Anda bisa memilih salah satu cara tadi atau mencoba semuanya.

Baca juga: 33 Makanan Burung Lovebird Biar Cepat Gacor dan Ngekek Panjang

Selain menggunakan mainan, jangan lupa perawatan Lovebird juga penting agar burung mau ngekek panjang. Jadi, berikan pula asupan makanan Lovebird yang bergizi dan sejumlah suplemen vitamin terbaik. Sandingkan pula, Lovebird Anda dengan Lovebird lain atau untulan agar mentalnya terlatih.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan disimpan sendiri, tapi bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • apa fungsi bambu untuk mainan lovebird ngekek
  • cara lb pemula rajin bunyi
  • minuman herbal agar burung rajin ngekek
  • penampakan burung love bird kusumo seperti apa

Berikan komentar