Cara Membuat Makanan Burung Puyuh Sendiri Murah Meriah

Burungnya.com – Salah satu burung yang bisa diambil banyak keuntungannya adalah burung Puyuh. Sebab, daging burung Puyuh hingga telurnya dapat menghasilkan uang. Tak heran burung ini sering diternak. Namun, Anda harus memberikan makanan burung yang bergizi agar burung Puyuh sehat dan cepat bertelur.

Makanan burung Puyuh yang penuh gizi bisa dibilang lumayan mahal. Menurut pakar budidaya burung Puyuh, 70 persen biaya produksi dihabiskan di sektor pakan. Jadi, sebaiknya Anda membuat makanan Puyuh sendiri yang lebih murah meriah tapi tetap bergizi.

Walau buat sendiri sebenarnya Anda masih harus membeli bahan-bahan dari makanan tersebut. Namun karena beli bahan sendiri, Anda jadi mengetahui kandungan bergizi dari makanan tersebut.

Makanan Campuran untuk Burung Puyuh

Agar bisnis usaha ternak burung Puyuh sukses, sebaiknya Anda memperhatikan uang yang keluar masuk untuk biaya makanan. Jadi, lebih baik campur saja, makanan pabrikan dengan makanan yang lain. Kalau pakan pabrikan semua, tentu pengeluaran dana untuk pakan akan membengkak.

  • Pakan pabrikan bisa menggunakan pakan ayam broiler periode starter (pollard). Makanan tersebut dicampur dedak atau jagung.
  • Takaran pakan, 1 kg pollard dicampur 3 kg dedak atau jagung. Perbandingan pakan 1 : 3.
  • Agar lebih bergizi, tambahkan dikalsium phospat, kalsium karbonat, tepung ikan, dan kapur sebanyak 2-3 persen. Tujuannya untuk membentuk kerabang telur khusus burung Puyuh yang mulai berproduksi.
  • Tambahkan pula premiks sebanyak 0,5 persen agar produksi telur Puyuh menjadi maksimal.
  • Campur pula konsentrat protein dengan perbandingan 1 : 4, yakni 1 kg konsentrat protein dicampur 4 kg jagung, pollard, atau dedak.
Makanan Burung Puyuh (duniapuyuh.com)
Makanan Burung Puyuh (duniapuyuh.com)

Berbagai Campuran Pakan Burung Puyuh

  • Pakan Puyuh sumber protein bisa dari tepung ikan, bungkil kelapa, dan bungkil sawit.
  • Makanan burung Puyuh sumber energi bisa dari jagung, pollard, dan dedak.
  • Pakan burung Puyuh sumber mineral dari kapur, kalsium karbonat, dikalsium phospat, tepung kulit kerang, garam dapur, tepung tulang, dan premiks.

Makanan Burung Puyuh Ternak

Dari pengalaman para peternak, makanan Puyuh ternak membutuhkan energi metabolisme 2700 kkal/kg, protein kasar 17 persen, kalsium 2,5 – 3,5 persen, dan phospor 0,6 – 1 persen.

Kemudian Anda bisa mencampurkan bahan lain yang juga menyehatkan burung Puyuh. Bahan ini racikan khusus para peternak untuk mendongkrak peningkatan produksi burung Puyuh.

  1. Dedak 10 – 15 persen.
  2. Jagung 30 – 50 persen.
  3. Bungkil kedelai 15 – 25 persen.
  4. Tepung ikan 7 – 10 persen.
  5. Repeseed meal 5 persen.
  6. Bungkil kelapa / sawit 5 – 7 persen.
  7. Minyak sawit 3 – 5 persen.
  8. DCP 0,5 – 1 persen.
  9. Kapur 2 – 4 persen.
  10. Premix 0,5 persen.
  11. Lysine dan DL Methionine 0,5 persen.
  12. Tepung daun singkong 3 – 5 persen.
  13. Ragi tempe 1 – 3 persen.

Itu tadi racikan pakan yang cocok untuk makanan burung Puyuh petelur. Kandungan gizinya lengkap, baik dari sumber mineral, sumber energi, dan sumber protein.

Loading...

Kalau makanan burung Puyuh anakan tentunya tidak bisa terlalu berat. Anda harus memberikan makanan yang kandungannya ringan agar tidak mengganggu alat pencernaannya. Makanan yang bisa diberikan ke anakan Puyuh yaitu pelet kecil yang sudah digiling halus.

Sementara makanan burung Puyuh liar seperti apa? Anda mungkin penasaran dengan pakan Puyuh di alam. Sebenarnya sama saja, karena mereka mencari makan sendiri, maka pilihan makananya berupa padi, kacang, atau biji-bijian lainnya. Sementara minumannya yakni air di sungai atau air danau.

Burung Puyuh memiliki makanan alami seperti jagung yang dihaluskan, dedak halus, serta cairan konsentrat.

Harga Makanan Burung Puyuh

Di pasaran harga makanan burung Puyuh bervariasi. Rata-rata harga makanan Puyuh petelur Comfeed berat 50 kg sekitar Rp 300.000. Untuk pakan Puyuh merek Sinta dengan berat 50 kg sekitar Rp 300.000 – Rp 450.000. Agar lebih jelas simak daftar harga makanan burung Puyuh berikut:

  • Comfeed 50 kg: Rp 300.000
  • Sinta SP-22 50 kg: Rp 300.000 – Rp 450.000
  • New Hope Feed P 100 50 kg: Rp 315.000.
  • Hope Feed P 500 50 kg: Rp 300.000

Kira-kira segitu harga pakan burung Puyuh untuk ternak atau petelur. Jika Anda mencari di kios burung atau toko pakan ternak, kemungkinan harganya lebih murah lagi.

Kesimpulan

Demikian cara membuat makanan burung Puyuh sendiri murah meriah. Makanan sendiri lebih murah karena campurannya disesuaikan sendiri dengan kadar gizi dan uang di kantong. Kalau pakan pabrikan semuanya dari pabrik dan harganya relatif.

Baca juga:

Anda bebas menentukan mau kasih makan dari pabrikan atau racikan sendiri. Yang jelas dari dua pilihan tersebut ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Cara buat pakan burung puyuh putelur
  • Cara buat pakan gemak
  • cara membuat dedak untuk burunf sendiri
  • Cara membuat pakan puyuh murah
  • cara nuat ubi untuk pakan puyuh
  • jagung pakan puyuh
  • kandungan pakan puyuh new hope p500
  • meracik pakan puyuh
  • Pakan puyuh new hope p500 bagus ngak buat puyuh

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!