8 Cara Membuat Makanan Kucing dari Kuning Telur Murah Bergizi

Burungnya.com – Bagi Anda yang merasa makanan kucing terlalu mahal harganya, tenang mari kita buat makanan yang simpel, murah, tapi bergizi. Makanan kucing ini terbuat dari telur, atau lebih tepatnya kuning telur.

Apakah saja manfaat kuning telur bagi kucing? Banyak sekali, bahkan Anda mungkin tidak percaya kalau telur yang biasanya tersedia di dapur atau kulkas bisa sangat bermanfaat untuk kucing.

Manfaat Kuning Telur untuk Kucing

  • Menjaga nafsu makan kucing.
  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Membantu menumbuhkan bulu.
  • Menjaga bulu agar tidak mudah rontok.
  • Membantu jaga kesehatan tulang dan gigi.
  • Kandungan omega-3 bagus untuk nutrisi kucing.
  • Menambah stamina kucing.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Mempercepat penyembuhan kucing yang sakit.

Namun, Anda jangan langsung buru-buru memberikan telur pada kucing. Telur yang paling untuk kucing adalah telur kampung. Walaupun sebenarnya tidak masalah memberikan telur ayam horn ataupun telur bebek pada kucing.

Oh iya, perlu Anda perhatikan pula bahwa pemberian telur ini harus dalam keadaan mentah atau paling tidak setengah matang tanpa bumbu. Anda tidak diperkenankan menambahkan bumbu pada telur, kalau memang tujuannya untuk makanan kucing.

Nanti kalau kucing tidak mau makan kuning telur tersebut, Anda bisa menyiasatinya dengan pipet, spuit, atau alat suntik tanpa jarum. Setelah Anda memilih salah satunya, masukkan kuning telur pada alat tersebut.

Kemudian masukkan alat tersebut melalui mulut kucing kucing bagian samping agar tidak tersedak. Kalau dari depan mulut langsung, nanti bisa mengenai tenggorokan atau lidah.

Cara Membuat Makanan Kucing dari Kuning Telur (pumpkin.care)
Cara Membuat Makanan Kucing dari Kuning Telur (pumpkin.care)

Makanan Kucing dari Kuning Telur

1. Telur Diberikan Mentah

Tidak perlu dimasak, Anda bisa memberikan bagian kuning telur saja pada kucing. Pemberiannya bisa menggunakan mangkuk atau piring. Ingat, bagian putih telur jangan sampai ikut tercampur.

2. Campur dengan Makanan Basah

Kalau kucing tidak terlalu suka dengan kuning telur, Anda bisa mencampurnya dengan makanan basah atau wet food. Tekstur wet food sudah basah, jadi bisa dipadukan dengan kuning telur mentah.

3. Kuning Telur dan Madu

Agar kucing Anda lebih sehat, berikan kuning telur yang sudah dicampur madu. Kucing aktif staminanya bagus. Agar kucing tidak mudah lelah, campurkan saja kuning telur dan madu pada makanannya.

4. Telur Setengah Matang

Kucing mungkin tidak terlalu suka makanan amis. Coba berikan kuning telur setengah matang. Jangan beri tambahan garam atau bumbu lainnya agar tidak membahayakan kesehatan kucing. Sajikan telur dalam keadaan hangat agar kucing menyukainya.

Loading...

5. Campuran Madu VCO

Tadi kuning telur tambah madu sudah bagus, coba sekarang ditambah lagi dengan VCO Virgin Coconut Oil. Itupun kalau kucing suka. Kalau kucing tidak suka, coba berikan madu saja.

6. Telur Campur Tempe

Nah, ini sudah seperti makanan manusia. Bagaimana tidak, kuning telur dicampur dengan tempe. Namun, ini tempenya dikukus dulu. Konon katanya telur campur tempe dapat membuat kucing tambah gemuk.

Cara membuatnya, tempe dipotong kecil-kecil dulu. Lalu tempe dikukus. Setelah cukup lembut, baru kukusan tempe dilumuri kuning telur.

7. Campuran Kuning Telur, Madu, VCO, dan Susu

Ada campuran yang paling sempurna dari kuning telur, yaitu madu ditambah VCO dan susu Bear Brand. Coba saja, campur semua bahan lalu berikan pada kucing kesayangan Anda. Kalau kucing Anda suka, maka bersyukurlah karena makanan ini bagus untuk kesehatan kucing.

8. Kuning Telur dan Minyak Ikan

Untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing, coba berikan madu dan minyak ikan yang sudah dicampur kuning telur. Makanan ini pasti bagus untuk kucing tapi kucing belum tentu suka.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian makanan kucing yang terbuat dari telur. Makanan ini mungkin sederhana tapi efek dan manfaatnya sangat bagus untuk kucing.

Sayangnya tidak semua kucing suka dengan kuning telur. Mungkin kalau dimasak setengah matang cukup enak karena aromanya menggoda. Jadi coba dulu satu persatu dan sesuaikan dengan kesukaan kucing Anda.

Oh iya, salah satu website luar, seperti Rover.com menyarankan untuk memasak telur dulu sampai matang agar bakteri dalam telur tidak terbawa ke tubuh kucing.

Beberapa cara memasak telur bisa berupa telur orak arik, telur rebus, dan cara lainnya. Protein dalam telur bisa menguatkan otot kucing.

Ditambah lagi protein hewani sangat penting bagi kesehatan kucing, seperti yang dikatakan oleh Dr. Gary Richter, DVM selaku Pemilik dan Direktur Medis Rumah Sakit Hewan Montclair di Oakland, California dan Holistic Veterinary Care.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara buat makanan kucing nasi dan telur
  • cara membuat makanan kucing dari tempe dan telur
  • cara mencampurkan kuning telur dengan dry food
  • Cara mengolah kuning telur untuk kucing
  • Makanan kucing tempe dan

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!