Murai Batu Bakalan Cepat Bunyi (arenahewan.com)

3 Cara Membuat Murai Batu Bakalan Cepat Bunyi

Burungnya.com – Rata-rata anakan Murai Batu masih belum pintar berkicau. Ya, setiap burung memang belum bisa langsung gacor. Namun, ada cara yang bisa dilakukan agar Murai Batu bakalan cepat bunyi. Dengan begitu, saat dewasa nanti Anda tinggal menyesuaikan setingannya saja.

Berbicara tentang Murai Batu muda, sebenarnya cukup sulit untuk membuatnya langsung gacor. Diperlukan serangkaian perawatan sejak dini agar burung tersebut bisa cepat berkicau. Kalau cuma diberi makan atau diloloh setiap hari, maka Murai Batu cukup lama berkembang.

Berbeda bila Anda memberikan perawatan khusus sejak masih muda, pasti burung akan cepat bunyi. Nah, pertanyaannya perawatan seperti apa yang dapat menjadikan Murai Batu anakan langsung gacor?

Suara Masteran Burung Murai Batu (mulierchile.com)
Suara Masteran Burung Murai Batu (mulierchile.com)

Setingan Murai Batu Bakalan

1. Diberi Burung Masteran

Murai Batu bakalan dapat dirangsang agar cepat berkicau. Salah satu caranya dengan memberikan burung masteran. Ada beberapa jenis burung masteran yang cocok untuk Murai Batu, seperti Lovebird, Kenari, dan Ciblek.

Burung-burung tersebut sering kali bisa membuat Murai Batu emosi atau cepat marah. Saat burung mulai naik emosinya, dia akan berkicau lebih keras. Burung Murai Batu jadi terpancing untuk membalas kicauan burung masteran.

Selain itu, Murai Batu lebih fighter karena berhadapan dengan burung-burung masteran berukuran kecil. Kalau burung tersebut ukuran tubuhnya besar, tentu Murai Batu akan ciut nyalinya.

Metode latihan dengan burung masteran dapat menjadikan burung down. Mengapa bisa demikian? Ini karena Murai Batu mungkin akan mendengar suara burung masteran yang lebih gacor dan keras. Sehingga saat Murai Batu bakalan masih bersuara pelan, dia akan minder atau kurang percaya diri.

2. Perawatan seperti di Alam

Sesuaikan lingkungan burung Murai Batu seperti kehidupan di alam. Bagaimana cara melakukannya? Mudah saja, Anda cukup menghadirkan suasana seperti di alam. Sebagai contoh, adanya makanan bergizi, pasangan betina, sinar matahari, air untuk mandi, sangkar luas dan besar.

Selain itu, gantang burung di lokasi yang sejuk dengan pemandangan pohon atau tanaman hijau. Dengan demikian, burung akan merasa seperti hidup di alam. Suasana hatinya menjadi bagus, dan burung mau berkicau setiap hari.

Sayangnya metode ini memakan waktu pemiliknya. Apabila pemilik burung seorang pekerja kantoran, tentu akan sulit merawat burung tersebut. Sebab, setiap saat harus mengecek ketersediaan pakan, kondisi lingkungan, dan lain-lain.

Loading...

3. Beri Pakan Extra Fooding (EF)

Racikan Pakan Bergizi agar Murai Batu Gacor (youtube.com)
Racikan Pakan Bergizi agar Murai Batu Gacor (youtube.com)

Burung Murai Batu Bakalan agar cepat bunyi harus diberi pakan extra fooding berupa jangkrik, kroto, cacing, dan belalang hijau. Namun, setiap jenis Murai Batu mempunyai karakter yang tidak sama. Diperlukan uji coba untuk mengetahui burung lebih suka makan EF yang mana.

Setelah mengetahui pakan EF kesukaan Murai Batu, maka Anda dapat memberikan pakan tersebut setiap hari. Setelah diberi pakan kesukaan, burung akan rajin bunyi. Meski begitu, ada kelemahan dari perawatan tersebut.

Burung jadi ketergantungan dengan pakan EF tertentu. Bila Anda tidak memberi pakan tersebut, maka burung tidak mau bunyi. Burung Murai Batu juga bisa menjadi manja karena terbiasa makan yang enak-enak.

Kesimpulan

Demikian beberapa cara membuat Murai Bakalan cepat bunyi. Sebenarnya cara ini sederhana dan pastinya sudah pernah Anda coba. Namun, cara-cara tersebut harus dilakukan secara teratur dan dipadukan satu sama lain. Kalau cuma dijalankan salah satu cara saja, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Baca juga:

Murai Batu bakalan atau trotol butuh latihan dan perawatan tersebut. Sehingga pondasi awalnya sudah bagus. Kalau pondasi dasar sudah bagus, tentu saat remaja atau dewasa akan memiliki performa yang maksimal.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • burung murai agar marah
  • cara ngerawat burung murai bakalsn agar gacor
  • cara merawat mure muda hutan
  • cara membuat murai mau binyi
  • cara buat murai batu bakalan mau bunyi
  • cara biyar mure bumyi krna dah 1 thun ga bunyi
  • cara biar keluar suara murai bakalan
  • cara agar murai bunyi
  • cara agar murai batu bakalan cepat bunyi dan gacor
  • suara suara yang bisa membuat murai marah

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!